Solusi Pembukuan Usaha Laundry dengan Accurate Online

Memulai usaha laundry atau binatu bisa menjadi pilihan bisnis yang Anda jalani, terutama pada era sekarang disaat banyak orang sudah memiliki kegiatan yang bertumpuk dan waktu yang terbatas sehingga tidak ada waktu untuk melakukan kegiatan mencuci pakaian dan merapikannya. Peluang keberhasilan pada bisnis ini sangat besar dikarenakan permintaan dari waktu ke waktu terus meningkat.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis ini juga memiliki berbagai tantangan untuk dapat berkembang, diantaranya, pemasaran bisnis laundry Anda, pembukuan yang benar, dan pencatatan transaksi yang berkelanjutan.

Di Indonesia sendiri kebanyakan usaha laundry rumahan tidak melakukan pembukuan atau pencatatan transaksi pada operasional bisnis mereka. Tentu hal ini akan mempengaruhi  keberlangsungan bisnis laundry mereka, apalagi yang kita tahu bahwa bisnis ini memiliki bebearapa pos pengeluaran yang besar setiap bulannya seperti detergen, pewangi pakaian, listrik, air, dan lainnya.

Kebanyakan bisnis laundry rumahan tidak mencatat pengeluaran dan pemasukan mereka, dan saat terjadi hal yang tidak diiginkan pada usahanya, mereka akan bingung “kemana untung dari laundry kita selama ini?”

Baca juga : Accurate Online Sebagai Solusi Akuntansi Manufaktur Sederhana

Pembukuan Menentukan Keberhasilan Usaha Laundry

Bisnis apapun, tanpa pembukuan yang benar, maka bersiaplah akan mengalami kesulitan dalam pemantauan kesehatan keuangan bisnis itu sendiri.

Dengan pembukuan yang benar Anda akan dapat melakukan penghematan pada pos pengeluaran yang Anda nilai terlalu berlebihan atau Anda bisa menghitung deprasiasi aset secara terperinci pada usaha laundry Anda untuk memutuskan pilihan terbaik. Misalnya memilih untuk memperbaiki atau memilih mesin cuci yang telah lama Anda gunakan.

Untuk permulaan, Anda bisa menggunakan excel atau catatan sederhana pada buku untuk mencatat semua transaksi yang terjadi. Namun jika usaha Anda sudah memiliki banyak transaksi, pemasukan, pengeluaran, karyawan, atau bahkan penghitungan perpajakan, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi.

Selain memudahkan Anda, menggunakan software akuntansi akan meminimalisir kesalahan pada setiap pencatatan, penghitungan, dan membuat laporan keuangan yang lebih lengkap dan detail daripada jika Anda lakukan secara manual.

Baca juga : Accurate Online Memudahkan Akuntansi pada Peternakan Anda

Accurate Online Sebagai Software Akuntansi Usaha Laundry Anda

Dengan tantangan tersendiri pada bisnis laundry, memilih software akuntansi yag tepat sesuai kebutuhan bisnis adalah keharusan. Anda bisa menggunakan Accurate Online yang memiliki fitur yang cocok untuk semua bisnis, termasuk bisnis laundry Anda.

Berikut adalah sebagian fitur pada Accurate Online yang bisa Anda gunakan untuk pembukan bisnis yang lebih optimal :

Pembuatan Faktur Penjualan dan Pembelian

Faktur dalam akuntansi atau pembukuan instrumen penting. Faktur digunakan setiap untuk berkomunikasi dengan pelanggan tentang jumlah, harga, dan waktu jatuh tempo pembayaran atas barang yang dijual atau dibeli. Ini bisa menjadi bukti jika terjadi selisih antara bisnis Anda dengan pihak lain, misalnya pelanggan atau suplier Anda.

faktur usaha laundry

Pada Accurate Online sendiri memiliki fitur faktur yang memudahkan Anda untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi.  Fitur faktur pembelian dan penjualan pada Accurate Online berfungsi untuk mencatat transaksi pembelian  dan penjualan pada bisnis laundry Anda. Untuk mengetahui lebih jauh tentang faktur pembelian atau penjualan, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Fitur Satuan Barang untuk Pencatatan yang lebih Baik

Pada usaha laundry Anda, satuan ukuan apa yang Anda gunakan dalam pencatatan transaksi? Kilogram, Perpotong, atau berdasarkan jenis bahan pakaian tersebut? Baju anak dan karpet tebal, apakah mungkin Anda menetapkan harga yang sama untuk kedua hal ini?

satuan barang accurate

Accurate Online memiliki fitur satuan barang yang akan memudahkan Anda dalam pencatatan harga lebih mudah berdasarkan satuan barang yang Anda inginkan. Dengan begitu saat ada pelanggan membawa cucian kotor mereka kepada Anda dengan bahan atau satuan yang berbeda, maka Anda dengan mudah membuat pencatatan transaksinya dan fakturnya sesuai satuan barang yang Anda catat.

Pengelolaan Aset dan Pencatatan Beban

Yang perlu Anda ingat, bisnis laundry adalah bisnis yang bergantung pada aset yang Anda miliki dan beban yang harus bayar rutin tiap bulan, sekalipun bisnis Anda hanya usaha laundry rumahan. Aset terpenting di sini  adalah mesin cuci Anda, bebannya yang harus bayar tiap bulan adalah listrik dan air (dan mungkin gaji karyawan jika Anda memilikinya) 

aset dan beban

Dengan fitur pencatatan beban dan aset pada Accurate Online. Fitur aset akan memudahkan Anda dalam pengelolaan aset dan juga pengambilan keputusan terhadap aset yang Anda gunakan, misalnya pembelian baru atau perbaikan.

Untuk fitur beban sendiri, adalah fitur di Accurate Online yang digunakan sebagai tempat mencatat transaksi-transaksi beban seperti contohnya Beban Listrik dan Beban Telepon. Setelah diakui pada fitur Pencatatan Beban maka Anda dapat melakukan pelunasan pada fitur Pembayaran.

Baca juga : Jadikan Pembukuan Bisnis Kosmetik lebih Mudah dengan Accurate Online

Kesimpulan

Membangun usaha laundry yang besar tidak terlepas dari pembukuan yang terperinci dan persisten. Anda harus secara teratur mencatat semua pemasukan dan pengeluaran dari usaha Anda, dengan begitu Anda bisa memantau kesehatan keuangan usaha dan memproyeksikan pengembangan bisnis Anda.

Accurate Online membantu Anda untuk menghadirkan pembukuan yang mudah, cepat, dan minim kesalahan untuk setiap bisnis di Indonesia. Tidak hanya  fitur diatas, dengan Accurate Online Anda bisa menggunakan ratusan fitur lainnya seperti otomatisasi laporan keuangan, penggajian karyawan, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.