Bagaimana Cara Membuat Performance Budget? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Pemilik bisnis dan pemimpin senior harus membuat anggaran agar perusahaan mereka berhasil. Meskipun Anda mungkin memiliki anggaran untuk biaya operasional, penggajian, dan biaya lain seperti pajak bisnis tahunan, anggaran kinerja atau performance budget juga merupakan bagian penting untuk menemukan kesuksesan sebagai sebuah organisasi.

Faktor motivasi bagi banyak orang, anggaran kinerja membantu bisnis meningkatkan produktivitas, menjadi lebih efisien, dan memberi penghargaan kepada individu dan kelompok yang melebihi harapan.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan performance budget, menjelaskan mengapa anggaran itu penting, dan membagikan langkah-langkah yang harus diambil untuk membuat anggaran kinerja di tempat kerja.

Apa itu performance budget?

Performance budget atau anggaran kinerja adalah anggaran yang didasarkan pada pekerjaan yang dilakukan individu atau departemen di suatu organisasi dan bagaimana output mereka memengaruhi keberhasilan bisnis.

Misalnya, departemen pemasaran untuk perusahaan yang menjual buku secara global mungkin menerima porsi tertentu dari keseluruhan anggaran tahunan untuk bisnis tersebut karena departemen tersebut memenuhi tujuannya untuk mengamankan sejumlah penjualan melalui iklan.

Sudah menjadi hal yang umum bagi sebuah perusahaan untuk mengalokasikan lebih banyak uang ke departemen yang berkontribusi lebih besar pada kesuksesan finansial organisasi.

Bisnis menggunakan performance budget untuk memotivasi individu juga. Misalnya, sebuah perusahaan dapat memberikan bonus akhir tahun kepada setiap karyawan yang menerima skor kepuasan pelanggan di atas rata-rata.

Organisasi nirlaba dan entitas pemerintah juga umum menggunakan anggaran kinerja sebagai cara untuk membenarkan uang yang mereka terima dan bertanggung jawab untuk mengalokasikannya.

Baca juga: Cara Mempersiapkan Anggaran Tahunan untuk Perusahaan

Perbedaan line item budgeting dan performance budget

Dua jenis penganggaran utama yang digunakan organisasi adalah penganggaran item baris atau  line item budgeting dan penganggaran kinerja atau performance budget.

Penganggaran item baris melibatkan daftar pengeluaran sebagai item baris pada spreadsheet penganggaran. Anda dapat mencatat hal-hal seperti gaji, biaya perjalanan, sewa gedung komersial Anda, tunjangan karyawan, perlengkapan kantor dan peralatan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda.

Tujuan mencatat angka-angka ini adalah untuk menunjukkan untuk apa Anda akan membelanjakan setiap dolar dari anggaran tersebut.

Sebaliknya, penganggaran kinerja lebih difokuskan pada hasil yang dicapai. Jenis anggaran ini menunjukkan apa yang akan dilakukan setiap dolar dalam anggaran untuk organisasi. Hasil ini dapat berupa apa saja, mulai dari peningkatan kepuasan pelanggan hingga pengurangan jumlah kecelakaan kerja.

Anda juga dapat menyelaraskan anggaran kinerja dengan penyelesaian aktivitas tertentu, seperti membuat siswa mencapai nilai rata-rata pada ujian komprehensif atau mendaftar dan mendapatkan persetujuan untuk mendapatkan hibah.

Baca juga: Metode Penganggaran Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Menghemat Pengeluaran Anda

Mengapa performance budget itu penting?

Performance budget dapat membuat perbedaan besar di tempat kerja mana pun, baik untuk organisasi maupun semua karyawan. Anggaran kinerja penting karena:

  • Berfungsi sebagai faktor pendorong. Sebagian besar individu dan kelompok ingin diberikan penghargaan untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, dan mengetahui bahwa anggaran kinerja dipertaruhkan dapat membantu memotivasi mereka untuk bekerja pada tujuan mereka dan berkolaborasi dengan tim mereka.
  • Memberikan tujuan yang jelas. Karyawan dan tim harus memahami dengan tepat apa yang perlu mereka capai untuk mendapatkan anggaran kinerja mereka untuk periode pelaporan berikutnya.
  • Membantu produktivitas. Ketika seseorang memiliki arahan dan merasa termotivasi, produktivitas mereka secara alami meningkat. Ini membantu output perusahaan dan, pada akhirnya, kesuksesannya.
  • Memegang tanggung jawab karyawan. Dalam contoh departemen pemasaran yang menghasilkan lebih banyak anggaran karena penjualan langsung mereka, setiap karyawan dalam kelompok harus merasakan sejumlah pertanggungjawaban tertentu, mengetahui tindakan mereka secara langsung berdampak pada keberhasilan kelompok. Kelompok kemudian bekerja lebih dekat bersama untuk mencapai tujuan dan manfaat sebagai sebuah tim.
  • Membawa transparansi ke organisasi. Saat pemilik bisnis dan pemangku kepentingan lainnya menyiapkan anggaran, mereka harus transparan tentang alokasi sumber daya mereka.
  • Meningkatkan komunikasi. Sebuah tim harus bekerja sama untuk mencapai tujuan dan memastikan bahwa anggaran mereka digunakan, yang secara konsisten meningkatkan komunikasi. Dengan komunikasi yang efektif, tim dapat mencapai tujuannya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Profit dan Income: Pengertian dan Perbedaannya dalam Akuntansi

Cara menetapkan performance budget

Jika Anda ingin menyiapkan performance budget  di organisasi Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat tujuan menyeluruh

Langkah pertama dalam menetapkan anggaran kinerja adalah memahami apa sebenarnya tujuan akhir perusahaan Anda. Ketika Anda tahu apa yang sedang Anda kerjakan, Anda dapat merumuskan tujuan yang lebih kecil yang selaras dengan baik. Jika Anda belum memilih keberatan yang menyeluruh, mulailah memikirkan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk mencapai tingkat kesuksesan berikutnya.

2. Tetapkan tujuan SMART

Apakah performance budget per karyawan atau bervariasi menurut departemen, tim kepemimpinan harus menetapkan tujuan. Ikuti kerangka kerja penetapan tujuan SMART untuk memastikan tujuan Anda spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu. Ketika tujuan memenuhi kriteria ini, mereka juga langsung, yang bermanfaat bagi karyawan, dan sesuatu yang dapat Anda laporkan dengan mudah.

3. Lakukan evaluasi

Langkah selanjutnya dalam menetapkan anggaran kinerja adalah menyelesaikan evaluasi kinerja secara konsisten dan berkala pada karyawan atau kelompok. Meskipun karyawan mungkin memiliki tujuan yang jelas untuk dikerjakan, di lingkungan kantor yang sibuk, mudah kehilangan fokus pada apa yang harus difokuskan.

Penting untuk melakukan evaluasi ini sehingga semua orang tahu bagaimana kinerjanya, apakah mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan dan jika ada sesuatu yang dapat mereka tingkatkan segera sehingga kinerja tidak goyah.

Saat Anda melakukan evaluasi, mungkin ada baiknya juga untuk menyaring bagaimana kriteria anggaran kinerja bertahan. Anda mungkin menemukan bahwa kriteria untuk anggaran kinerja terlalu ketat dan sasarannya sulit untuk dipenuhi, yang mungkin berarti Anda perlu mengevaluasi kembali.

4. Komunikasikan hasil

Salah satu langkah terakhir dalam membuat anggaran kinerja adalah mengkomunikasikan hasil evaluasi dan bagaimana anggaran kinerja membantu orang lain, dan bisnis secara keseluruhan, berhasil.

Baca juga: Cara Membuat Anggaran Bisnis yang Efektif

5. Buat rencana peningkatan kinerja

Jika seorang karyawan atau kelompok tidak memenuhi tujuan dan harapan yang disepakati semua orang, pertimbangkan untuk membuat rencana peningkatan sehingga setiap orang dapat bertanggung jawab atas pekerjaan mereka dan terus berusaha untuk mencapai tingkat berikutnya.

Kesimpulan

Itulah pemabahasan lengkap mengenai performance budget yang membantu untuk menganggarkan biaya pekerjaan yang dilakukan individu atau departemen di suatu organisasi dan bagaimana output mereka memengaruhi keberhasilan bisnis.. Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, proses penganggaran dalam bisnis bisa jauh lebih penting daripada untuk proses individu.

Untuk mempermudah proses penganggaran, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur anggaran seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan memiliki fitur terlengkap seperti pencatatan pembukuan, penganggaran, payroll, perpajakan, otomasi lebih dari 20o jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Permudah proses pembukuan bisnis Anda dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan