Pendapatan Berulang: Pengertian Lengkap dan Contohnya

Jika Anda menentukan jenis model pendapatan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan model pendapatan yang berulang. Pendapatan berulang biasanya lebih dapat diprediksi, memungkinkan bisnis beroperasi dengan margin yang lebih kecil karena mereka tahu pelanggan mereka memiliki nilai seumur hidup yang lebih tinggi.

Memahami manfaat pendapatan yang berulang versus pendapatan yang tidak berulang dan meninjau contoh pendapatan yang berulang dapat membantu Anda memahami apakah hal itu dapat bekerja dengan baik untuk bisnis Anda sendiri.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu pendapatan berulang dan tidak berulang, manfaat masing-masing dan menawarkan contoh pendapatan berulang.

Apa itu pendapatan berulang?

Pendapaan berulang atau reoccurring revenue adalah bagian pendapatan yang diharapkan perusahaan untuk terus berlanjut dengan dasar yang dapat diprediksi. Pendapatan berulang adalah pendapatan yang diharapkan terjadi secara berkala dengan tingkat kepastian yang tinggi. Reoccurring revenue penting bagi perusahaan yang ingin mempertahankan aliran pendapatan yang konsisten.

Manfaat dari pendapatan yang berulang

Ada sejumlah manfaat bagi bisnis yang tertarik untuk membuat model bisnis dengan reoccurring revenue

Nilai seumur hidup yang lebih besar

Nilai seumur hidup  atau lifetime value (LTV) adalah total pendapatan yang dapat diharapkan secara wajar oleh bisnis dari satu pelanggan selama seluruh hubungannya dengan pelanggan tersebut.

Ketika pelanggan membeli menggunakan model pendapatan yang berulang, mereka cenderung memiliki nilai umur yang lebih tinggi daripada mereka yang melakukan pembelian tunggal.

Prediktabilitas

Model pendapatan yang berulang cenderung memiliki aliran pendapatan yang lebih dapat diprediksi karena pelanggan yang membayar layanan cenderung terus membayarnya di masa mendatang.

Lebih banyak kelipatan

Pendapatan dan metrik yang stabil memudahkan penghitungan nilai bisnis dengan berbagai cara.

Baca juga: Budget Management: Pengertian, Manfaat, Strategi, dan Tips Mengelolanya

Apa itu pendapatan tidak berulang?

Pendapatan tidak berulang terdiri dari pembayaran tunggal yang mungkin atau mungkin tidak terjadi lagi di masa depan. Beberapa contoh pendapatan tidak berulang adalah toko pakaian, penjual tiket, dan penyedia perumahan jangka pendek.

Dalam kasus ini, sulit untuk berasumsi bahwa pelanggan akan kembali dan melakukan pembelian lagi di masa mendatang.

Manfaat dari pendapatan yang tidak berulang

Ada beberapa manfaat dari model pendapatan yang tidak berulang:

Pertumbuhan lebih cepat

Bisnis yang mengenakan biaya satu kali dapat mengenakan biaya lebih untuk produk dan layanan mereka, yang memungkinkan mereka menginvestasikan uang kembali ke bisnis untuk mendorong pertumbuhan.

Margin besar

Karena bisnis dengan model pendapatan yang tidak berulang membebankan harga yang lebih tinggi, mereka dapat menikmati margin yang lebih besar daripada perusahaan lain.

Ini umumnya berarti bahwa perusahaan-perusahaan ini dapat menjual lebih sedikit produk atau layanan untuk mencapai keuntungan yang sama yang dicapai perusahaan dengan model pendapatan yang berulang.

Penawaran lainnya

Bisnis pendapatan yang tidak berulang dapat dengan mudah menawarkan berbagai jenis produk dan layanan.

Baca juga: Apa itu Burden Rate? Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Hitungnya

Contoh pendapatan berulang

Berikut adalah beberapa contoh reoccurring revenue yang mungkin ingin Anda pertimbangkan:

Sewa

Pendapatan sewa adalah contoh umum dari pendapatan yang berulang. Uang dikumpulkan setiap bulan secara berulang berdasarkan kontrak yang dapat berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Kontrak jangka panjang

Adalah umum di banyak industri bagi perusahaan untuk meminta pelanggan mereka berkomitmen pada kontrak jangka panjang dengan imbalan layanan. Perusahaan telepon seluler adalah contoh umum dari hal ini, karena banyak yang mengharuskan pelanggan untuk berkomitmen pada kontrak untuk jangka waktu dua hingga lima tahun dengan pembayaran bulanan.

Perusahaan yang mengikuti model berlangganan jenis ini dapat mencatat pendapatan di masa mendatang karena mereka dapat yakin bahwa pelanggan akan melakukan pembayaran bulanan tersebut selama masa kontrak.

Bisnis ini sering menyertakan klausul pembatalan dalam kontrak mereka. Jika pelanggan memilih untuk membatalkan layanan sebelum akhir kontrak, pelanggan biasanya diharuskan membayar biaya pembatalan.

Langganan layanan perpanjangan otomatis

Langganan yang diperpanjang secara otomatis adalah layanan yang diperpanjang secara otomatis hingga pelanggan membatalkan. Beberapa contoh kebijakan perpanjangan otomatis adalah perangkat lunak pengolah kata, pendaftaran anti-virus, streaming musik, streaming video, layanan cloud, publikasi cetak atau digital, atau pendaftaran domain internet.

Perusahaan menghitung pendapatan bulanan mereka yang berulang dengan mengalikan jumlah orang yang membayar layanan dengan jumlah pendapatan rata-rata per pengguna.

Langganan produk

Langganan produk adalah jenis umum lain dari reoccurring revenue. Banyak perusahaan e-commerce menawarkan layanan berlangganan sebagai kemudahan bagi pelanggan yang secara teratur membutuhkan barang yang dikirim ke rumah mereka.

Beberapa contoh produk langganan adalah perlengkapan kecantikan, pisau cukur, produk rumah tangga bahkan perlengkapan kantor. Membuat produk ini tersedia sebagai langganan menyederhanakan pemesanan ulang untuk konsumen dan meningkatkan nilai umur pelanggan untuk bisnis.

Langganan konten

Langganan konten mengacu pada layanan seperti koran online, majalah, atau blog yang mengharuskan pengguna membayar biaya keanggotaan berulang untuk mengakses. Jenis model pendapatan berulang ini semakin populer.

Kerjasama  vendor secara kontrak

Contoh lain dari aliran pendapatan yang berulang dapat terjadi ketika pelanggan menjadi tergantung pada produk dan layanan Anda dan, karena alasan ini, merasa sulit untuk beralih ke perusahaan lain mana pun.

Sebagai contoh, perusahaan komputasi awan dapat memudahkan pelanggan untuk membatalkan layanan mereka. Namun, melakukannya akan membutuhkan bisnis untuk menyiapkan sistem atau proses baru untuk mengakses data tersebut, yang akan membutuhkan waktu dan sumber daya yang berharga.

Dalam banyak kasus, perusahaan dapat memilih untuk tetap dengan vendor hanya karena mereka telah tumbuh tergantung pada teknologi yang ditawarkan vendor.

Baca juga: Metode Persediaan Ritel: Pengertian, Manfaat, Cara Hitung dan Contohnya

Kontrak dukungan

Terkadang produk, khususnya perangkat lunak, dijual dengan biaya satu kali dan menyertakan opsi untuk membeli layanan dukungan yang berulang. Skenario yang paling umum adalah perangkat lunak yang dibeli konsumen dengan biaya dimuka dan kemudian biaya dukungan tahunan tambahan jika mereka menginginkan dukungan tambahan atau peningkatan lisensi.

Merek besar dengan pelanggan setia

Contoh reoccurring revenue ini sedikit berbeda dari yang lain karena tidak ada langganan dan pelanggan tidak diwajibkan untuk membeli karena kontrak. Namun, ketika sebuah perusahaan memiliki basis pelanggan setia yang besar yang cenderung menggunakan layanan ini secara teratur, mereka dapat merasa yakin bahwa mereka akan menerima persentase besar dari reoccurring revenue.

Produsen minuman ringan adalah contoh yang baik untuk hal ini, karena banyak pelanggan mereka mengonsumsi beberapa minuman per hari.

Baca juga: Cara Membuat Anggaran Bisnis yang Efektif

Kesimpulan

Itu adalah pembahasan lengkap pendapatan berulang yang wajib Anda ketahui jika Anda adalah seorang pemilik bisnis. Mengetahui pendapatan dalam sebuah bisnis adalah hal penting, karena ini akan berpengaruh pada cara pengambilan keputusan dan perencanaan bisnis Anda kedepannya.

Jika Anda kesulitan dalam membuat laporan keuangan dan menghitung pendapatan bisnis Anda secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pembukuan dan akuntansi yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki harga terjangkau dan fitur terlengkap seperti pencatatan pembukuan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, manajemen aset dan persediaan yang mudah, multi mata uang, proses rekonsiliasi transaksi otomatis, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah