Pengertian Karakteristik Akuntansi dan 8 Pengaruh Besarnya pada Bisnis

oleh | Nov 29, 2023

source envato.

Pengertian Karakteristik Akuntansi dan 8 Pengaruh Besarnya pada Bisnis

Dalam era globalisasi ini, peran akuntansi semakin vital dalam mengelola informasi keuangan perusahaan. Karakteristik akuntansi menjadi fondasi utama yang memberikan identitas dan keandalan pada setiap sistem akuntansi.

Melalui penekanan pada prinsip-prinsip akuntansi, integritas, objektivitas, ketransparanan, serta akurasi informasi keuangan dapat dijaga dengan cermat.

Akuntansi, sebagai suatu disiplin ilmu yang menangani pencatatan, pelaporan, dan analisis keuangan, memerlukan pemahaman mendalam terhadap karakteristiknya.

Penerapan standar akuntansi yang benar dan akurat akan menciptakan landasan yang kuat bagi keberlanjutan operasional perusahaan. Dalam konteks ini, karakteristik akuntansi yang mencakup relevansi, reliabilitas, keterbandingan, dan konsistensi menjadi pijakan utama untuk menghasilkan informasi keuangan yang dapat dipercaya dan berguna.

Relevansi dalam akuntansi mengarah pada kemampuan informasi keuangan untuk mempengaruhi keputusan ekonomi pengguna, sedangkan reliabilitas mencerminkan tingkat keandalan informasi tersebut.

Keterbandingan dan konsistensi, di sisi lain, menjamin bahwa informasi keuangan dapat diukur dan dianalisis secara efektif, baik dalam periode waktu tertentu maupun dibandingkan dengan entitas lain.

Dalam tulisan ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana karakteristik-karakteristik tersebut dapat diimplementasikan dalam praktik akuntansi sehari-hari.

Dengan memahami dan mengintegrasikan prinsip-prinsip tersebut, perusahaan dapat memastikan bahwa sistem akuntansi mereka tidak hanya memenuhi standar yang berlaku, tetapi juga menjadi alat yang efektif dalam mendukung pengelolaan keuangan yang berkelanjutan.

Pengertian Karakteristik Akuntansi

Pengertian Karakteristik Akuntansi

ilustrasi karakteristik akuntansi. source envato

Dilansir dari laman Indeed, karakteristik akuntansi mengacu pada sifat-sifat atau atribut-atribut tertentu yang harus dimiliki oleh informasi keuangan yang dihasilkan melalui proses akuntansi.

Karakteristik ini dirancang untuk memastikan bahwa informasi keuangan tersebut relevan, dapat diandalkan, dan bermanfaat bagi pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Berikut adalah beberapa karakteristik utama akuntansi:

1. Relevansi (Relevance)

Informasi keuangan dianggap relevan jika dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pengguna. Informasi yang relevan memberikan gambaran yang akurat dan penting mengenai kondisi keuangan perusahaan serta prospek masa depannya.

2. Reliabilitas (Reliability)

Informasi keuangan harus dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Reliabilitas mencakup unsur kebenaran, keakuratan, dan ketepatan waktu informasi. Pengguna harus dapat mengandalkan informasi tersebut sebagai dasar yang tepat untuk pengambilan keputusan.

3. Keterbandingan (Comparability)

Keterbandingan menunjukkan bahwa informasi keuangan harus dapat dibandingkan antara satu periode dengan periode lainnya, serta dengan informasi keuangan entitas lain. Hal ini memungkinkan analisis yang lebih baik terhadap kinerja dan posisi keuangan perusahaan.

4. Konsistensi (Consistency)

Konsistensi mengacu pada penggunaan metode akuntansi yang sama dari satu periode ke periode berikutnya. Konsistensi memudahkan pembandingan data keuangan dari waktu ke waktu dan meningkatkan keandalan serta keberlanjutan informasi.

5. Pentingnya Material (Materiality)

Informasi dianggap material jika pengabaian atau kesalahan dalam pelaporannya dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pengguna. Prinsip materialitas membantu menentukan elemen-elemen yang perlu dilaporkan secara rinci.

6. Konservatisme (Conservatism)

Konservatisme mencerminkan pendekatan konservatif dalam mengukur aset, kewajiban, dan pendapatan. Jika terdapat alternatif dalam pengukuran, lebih baik menggunakan nilai yang lebih rendah atau pendekatan yang kurang menguntungkan.

7. Objectivity atau Neutrality

Informasi keuangan harus dihasilkan dengan sikap objektif dan netral, tanpa adanya bias yang dapat mempengaruhi interpretasi atau pengambilan keputusan.

8. Jelas dan Verifikasi (Clarity and Verifiability)

Informasi harus disajikan dengan cara yang jelas dan dapat diverifikasi. Pengguna harus dapat memahami informasi dengan mudah, dan informasi tersebut harus dapat dikonfirmasi atau diverifikasi oleh pihak lain.

Perlu digaris bawahi bahwa karakteristik-karakteristik ini memberikan kerangka kerja yang kokoh untuk memastikan bahwa informasi keuangan yang dihasilkan oleh sistem akuntansi dapat memberikan manfaat optimal bagi pengguna yang beragam.

Baca juga: Pengertian Kas dalam Akuntansi dan Cara Efektif Mengelolanya

Pengaruh Karakteristik Akuntansi Pada Bisnis

Pengaruh Karakteristik Akuntansi Pada Bisnis

ilustrasi karakteristik akuntansi. source envato

Karakteristik akuntansi memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek bisnis. Berikut adalah beberapa pengaruh utama karakteristik akuntansi pada bisnis:

1. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Dengan memastikan relevansi, reliabilitas, dan keterbandingan informasi keuangan, karakteristik akuntansi membantu manajemen dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

Informasi yang akurat dan relevan memungkinkan manajer untuk merencanakan strategi, mengidentifikasi peluang, dan mengatasi tantangan dengan lebih efektif.

2. Kepercayaan Stakeholder

Karakteristik akuntansi, khususnya reliabilitas, menciptakan kepercayaan di antara para stakeholder, seperti investor, kreditur, dan pemegang saham. Kepercayaan ini penting untuk menjaga hubungan baik dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam bisnis.

3. Penilaian Kinerja dan Efisiensi

Keterbandingan dan konsistensi informasi keuangan memungkinkan para pemangku kepentingan untuk menilai kinerja bisnis dari waktu ke waktu. Hal ini dapat membantu manajemen mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, mengukur efisiensi operasional, dan merencanakan perubahan strategis.

4. Pengelolaan Risiko

Dengan memahami karakteristik akuntansi, perusahaan dapat mengidentifikasi risiko finansial dan operasional lebih awal. Informasi akuntansi yang jelas dan dapat diverifikasi membantu manajemen dalam merancang strategi pengelolaan risiko yang lebih efektif.

5. Kepatuhan Hukum dan Peraturan

Karakteristik akuntansi, seperti objektivitas dan konservatisme, membantu perusahaan mematuhi aturan dan regulasi akuntansi yang berlaku. Ini sangat penting untuk mencegah sanksi hukum dan menjaga reputasi perusahaan.

6. Akses ke Sumber Dana

Investor dan kreditur cenderung lebih percaya pada perusahaan yang memberikan informasi keuangan yang jelas, relevan, dan dapat diandalkan. Dengan menjalankan praktik akuntansi yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan sumber dana melalui penawaran saham atau pinjaman.

7. Peningkatan Efisiensi Operasional

Dengan memanfaatkan informasi keuangan yang konsisten dan relevan, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi operasional. Analisis biaya dan performa keuangan membantu dalam menentukan area di mana perbaikan dapat dilakukan untuk mengoptimalkan hasil.

8. Penilaian Nilai Perusahaan

Informasi keuangan yang dapat diandalkan dan relevan memengaruhi penilaian nilai perusahaan. Ini berdampak pada harga saham perusahaan di pasar saham dan dapat memengaruhi daya tarik perusahaan bagi investor potensial.

Secara keseluruhan, karakteristik akuntansi bukan hanya merupakan kewajiban peraturan, tetapi juga alat penting yang dapat membantu perusahaan mengelola, mengukur, dan meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan.

Penerapan karakteristik ini dengan baik dapat menghasilkan informasi keuangan yang bermanfaat dan mendukung pertumbuhan jangka panjang bisnis.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Penutup

penutup karakteristik akuntansi

ilustrasi karakteristik akuntansi. source envato

Dalam menutup pembahasan mengenai karakteristik akuntansi, dapat disimpulkan bahwa peran fundamental karakteristik tersebut tidak hanya terbatas pada pemenuhan persyaratan peraturan, tetapi juga menciptakan landasan yang kokoh untuk keberhasilan dan keberlanjutan bisnis.

Relevansi, reliabilitas, keterbandingan, konsistensi, dan atribut lainnya membentuk dasar untuk menyusun informasi keuangan yang berkualitas dan memberikan pandangan yang jelas mengenai kesehatan keuangan suatu entitas.

Penerapan karakteristik akuntansi dengan baik tidak hanya berdampak pada pengambilan keputusan yang lebih baik oleh manajemen, tetapi juga membangun kepercayaan para pemangku kepentingan seperti investor, kreditur, dan otoritas pengawas.

Dengan informasi keuangan yang dapat diandalkan dan relevan, perusahaan dapat memitigasi risiko, meningkatkan efisiensi operasional, dan menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang terlibat.

Sebagai suatu sistem norma yang terus berkembang, karakteristik akuntansi juga berperan dalam menyesuaikan perusahaan dengan perkembangan lingkungan bisnis dan perubahan regulasi.

Dengan menjaga integritas, transparansi, dan objektivitas, perusahaan dapat terus menghadapi tantangan eksternal dan internal dengan solusi yang terukur.

Oleh karena itu, penting bagi setiap entitas bisnis untuk memahami, menerapkan, dan terus memperbarui praktik akuntansi mereka agar sesuai dengan karakteristik akuntansi yang mendasari.

Dengan demikian, informasi keuangan yang dihasilkan dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung pertumbuhan, keberlanjutan, dan kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Namun, untuk bisa menghasilkan informasi keuangan yang lebih mudah dan akurat, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pengguna ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara akurat. Anda juga bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan secara real-time.

Dengan begitu, Anda bisa membuat keputusan bisnis yang tepat dan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Masih ragu dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba dan menggunakan Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait