Present Value: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

oleh | Okt 24, 2023

source envato.

Present Value: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Dalam era dinamika ekonomi yang terus berkembang, pengambilan keputusan finansial yang bijak menjadi suatu keharusan bagi individu maupun perusahaan. Salah satu konsep yang krusial dalam analisis finansial adalah present value.

Konsep ini memiliki peran penting dalam menilai investasi, proyek, atau keputusan finansial lainnya. Present value mencerminkan ide bahwa uang yang diterima atau dikeluarkan pada masa depan memiliki nilai yang berbeda jika dibandingkan dengan nilai saat ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas lebih lanjut mengenai konsep present value, mengapa penting untuk memahaminya, dan bagaimana penggunaannya dapat membantu dalam pengambilan keputusan finansial yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

Pengertian Present Value

Pengertian Present Value

ilustrasi present value. source envato

Berdasarkan laman Investopedia, nilai saat ini atau present value adalah konsep dalam bidang keuangan yang mengacu pada nilai saat ini dari sejumlah uang yang akan diterima atau dibayarkan di masa depan.

Konsep ini didasarkan pada gagasan bahwa nilai uang akan berubah seiring waktu, sehingga sejumlah uang yang sama akan memiliki nilai yang berbeda jika diterima atau dibayarkan pada waktu yang berbeda.

Dalam perhitungan nilai saat ini, biasanya digunakan suku bunga atau tingkat diskonto untuk menghitung nilai uang di masa depan dalam nilai saat ini. Semakin tinggi tingkat diskonto, semakin rendah nilai uang di masa depan dalam nilai saat ini, dan sebaliknya

Tujuan utama dari menghitung nilai saat ini adalah untuk memungkinkan perbandingan atau evaluasi investasi, proyek, atau aliran kas di masa depan dengan mempertimbangkan faktor waktu dan tingkat pengembalian yang diharapkan.

Present value sangat penting dalam pengambilan keputusan finansial, karena membantu individu atau perusahaan untuk mengevaluasi apakah investasi atau proyek yang diharapkan akan menghasilkan keuntungan yang sebanding dengan risiko dan biaya yang terlibat.

Dengan memahami present value, seseorang dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan efisien dalam mengalokasikan sumber daya keuangannya.

Baca juga: Ayat Jurnal Penyesuaian: Pengertian, Contoh, dan Cara Pencatatannya

Fungsi Present Value

Fungsi Present Value

ilustrasi present value. source envato

Present value memiliki beberapa fungsi penting dalam bidang keuangan dan pengambilan keputusan finansial, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Evaluasi Investasi

Present value digunakan untuk menilai apakah suatu investasi atau proyek memiliki nilai yang layak saat ini. Dengan menghitung nilai saat inidari aliran kas yang diharapkan diterima dari investasi tersebut, individu atau perusahaan dapat menentukan apakah investasi tersebut akan menghasilkan tingkat pengembalian yang memadai.

2. Perencanaan Keuangan

Present value digunakan dalam perencanaan keuangan pribadi dan perencanaan bisnis untuk menentukan nilai saat ini dari arus kas masa depan, seperti tabungan pensiun, pembayaran pinjaman, atau manfaat pensiun. Sehingga akan membantu dalam membuat rencana keuangan yang berkelanjutan.

3. Pengambilan Keputusan Pinjaman

Pihak yang mengajukan pinjaman atau pemberi pinjaman menggunakan konsep Present value untuk mengevaluasi apakah pinjaman yang diajukan atau diberikan akan menguntungkan. Hal ini akan membantu mereka dalam menentukan suku bunga yang wajar atau tingkat pengembalian yang diperlukan.

4. Penilaian Obligasi dan Saham

Present value digunakan untuk menilai nilai saat ini dari arus kas yang diharapkan dari investasi dalam obligasi atau saham. Hal ini akan membantu investor dalam memutuskan apakah investasi tersebut sepadan dengan tingkat risiko yang terkait.

5. Keputusan Pembelian

Dalam keputusan pembelian barang besar, seperti kendaraan atau properti, nilai saat ini digunakan untuk mengevaluasi apakah pembelian tersebut masuk akal dalam jangka panjang. Hal ini akan membantu konsumen atau perusahaan dalam merencanakan anggaran dan menentukan apakah pembelian tersebut akan membawa manfaat finansial.

6. Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajer keuangan perusahaan menggunakan present value untuk menghitung nilai saat ini dari proyek-proyek bisnis, keputusan penganggaran modal, dan penilaian risiko. Hal ini akan membantu mereka dalam alokasi sumber daya yang efisien dan pengambilan keputusan yang baik untuk pertumbuhan perusahaan.

7, Penilaian Nilai Waktu

Present value membantu dalam memahami konsep nilai waktu dari uang, yaitu gagasan bahwa uang sekarang lebih berharga daripada uang di masa depan. Sehingga akan membantu individu dan perusahaan untuk mengambil keputusan finansial yang lebih bijak dan berkelanjutan.

Dengan menggunakan nilai saat ini, individu dan perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan rasional, mengurangi risiko keuangan, dan mengoptimalkan alokasi sumber daya finansial mereka.

Baca juga: Pengertian Rekonsiliasi Bank, Komponen, Prosedur, Dan Fungsinya

Manfaat Present Value

Manfaat Present Value

ilustrasi present value. source envato

Manfaat present value  sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan finansial, baik itu untuk individu, perusahaan, maupun dalam pengambilan keputusan investasi. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari present value:

1. Evaluasi Investasi

Present value akan membantu dalam menilai apakah suatu investasi memiliki potensi keuntungan yang memadai. Dengan menghitung nilai saat ini dari aliran kas yang diharapkan dari investasi tersebut, individu atau perusahaan dapat menentukan apakah investasi tersebut sepadan dengan tingkat pengembalian yang diharapkan.

2. Perencanaan Keuangan

Dalam perencanaan keuangan pribadi atau bisnis, nilai saat ini digunakan untuk mengukur nilai saat ini dari arus kas masa depan, seperti tabungan pensiun, manfaat pensiun, dan pembayaran pinjaman. Hal ini akanmembantu Anda dalam merencanakan keuangan jangka panjang dan memastikan kecukupan dana untuk tujuan-tujuan tertentu.

3, Pengambilan Keputusan Pinjaman

Pihak yang meminjam atau memberikan pinjaman menggunakan present value untuk mengevaluasi pinjaman dan tingkat suku bunga yang wajar. Sehingga membantu dalam menentukan apakah pinjaman tersebut akan menguntungkan dan meminimalkan risiko.

4. Penilaian Investasi Obligasi dan Saham

Investor menggunakan present value untuk menilai nilai saat ini dari arus kas yang diharapkan dari investasi dalam obligasi atau saham. Hal ini membantu mereka dalam membuat keputusan investasi yang bijak dan berdasarkan analisis yang lebih baik.

5. Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajer keuangan perusahaan menggunakan present value untuk menghitung nilai saat ini dari proyek-proyek bisnis, mengevaluasi rencana anggaran modal, dan mengelola risiko keuangan. Hal ini akan membantu perusahaan dalam alokasi sumber daya yang efisien dan pengambilan keputusan yang baik.

6. Penilaian Keputusan Pembelian

Present value membantu dalam menilai apakah pembelian barang besar, seperti properti atau kendaraan, akan memberikan manfaat finansial dalam jangka panjang. Hal ini akan membantu konsumen dan perusahaan dalam merencanakan anggaran dan pengeluaran yang bijak.

7. Manajemen Risiko

Present value membantu dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko finansial dengan memperhitungkan nilai waktu dari uang. Sehingga akan membantu dalam membuat strategi yang lebih baik untuk mengelola risiko bisnis dan investasi.

8. Penilaian Nilai Waktu

Konsep nilai saat ini mengingatkan pentingnya nilai waktu dari uang, yaitu bahwa uang sekarang lebih berharga daripada uang di masa depan. Ini membantu individu dan perusahaan untuk mengambil keputusan finansial yang lebih bijak dan berkelanjutan.

Secara keseluruhan, nilai saat ini adalah alat yang kuat dalam analisis finansial dan pengambilan keputusan, membantu individu dan perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya finansial mereka, mengurangi risiko, dan mencapai tujuan finansial dengan lebih efisien.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Penutup

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa present value adalah konsep yang sangat penting dalam dunia keuangan dan pengambilan keputusan finansial.

Konsep ini memungkinkan individu, perusahaan, dan investor untuk mengukur nilai saat ini dari aliran kas masa depan, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih bijak, efisien, dan berdasarkan analisis yang kuat.

Dengan memahami nilai saat ini, kita dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik, mengevaluasi investasi, mengelola risiko finansial, dan membuat keputusan keuangan yang berkelanjutan.

Present values adalah alat yang esensial dalam dunia keuangan yang membantu kita memahami nilai waktu dari uang, sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencapai tujuan finansial kita.

Namun, bila Anda tidak memiliki waktu untuk menghitung ataupun memikirkan present value, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap dari Accurate Online.

Aplikasi bisnis yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pengguna ini akan membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis secara menyeluruh, termasuk mengelola keuangan bisnis Anda.

Dengan Accurate Online, Anda bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk memikirkan pengembangan bisnis dan menjalankan strategi-strategi yang ampuh dalam berbisnis.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba dan menggunakan Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

18 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait