Service Revenue: Pengertian, Manfaat dan Faktor yang Memengaruhinya

oleh | Okt 26, 2023

source envato.

Service Revenue: Pengertian, Manfaat dan Faktor yang Memengaruhinya

Pendapatan dari jasa, atau yang lebih dikenal dengan istilah “service revenue,” merupakan salah satu komponen penting dalam lanskap ekonomi modern. Dalam era di mana layanan menjadi landasan bagi banyak perusahaan, baik dalam sektor jasa maupun manufaktur, pendapatan dari jasa memiliki peran yang semakin menonjol.

Pada kesempatan kali ini, mari kita mempelajari lebih dalam tentang konsep service revenue, mengidentifikasi faktor-faktor penting yang memengaruhi pertumbuhannya, dan merinci pentingnya manajemen pendapatan jasa dalam konteks bisnis yang berorientasi pada layanan.

Pengertian Service Revenue

Pengertian Service Revenue

ilustrasi service revenue. source envato

Dilansir dari laman Indeedservice revenue adalah jenis pendapatan yang diperoleh oleh suatu perusahaan atau individu sebagai imbalan atas penyediaan layanan kepada pihak lain.

Artinya, entitas atau individu yang menghasilkan pendapatan dari jasa tidak menjual produk fisik, tetapi menyediakan layanan atau keahlian tertentu kepada pelanggan atau klien mereka.

Contoh dari service revenue mencakup berbagai bidang, seperti konsultasi profesional, layanan kesehatan, perawatan gigi, perawatan kecantikan, layanan hukum, perawatan teknis, layanan pendidikan, dan banyak lagi.

Pendapatan jasa dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk biaya langsung yang dibebankan kepada pelanggan, biaya berlangganan, pembayaran satu kali, atau bahkan komisi atas penjualan layanan tertentu.

Service revenue memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, terutama dalam negara-negara yang mengandalkan sektor jasa yang kuat.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan tren konsumen, service revenue telah menjadi semakin beragam dan kompleks dalam bentuknya.

Baca juga: Apa itu Revenue dalam Akuntansi? Berikut Pengertian dan Jenisnya

Manfaat Service Revenue

Manfaat Service Revenue

ilustrasi service revenue. source envato

Service revenue memiliki beberapa manfaat yang besar, baik bagi perusahaan maupun pihak yang menggunakan layanan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari service revenue:

1. Pendapatan yang Stabil

Service revenue dapat memberikan stabilitas finansial kepada perusahaan, terutama dalam situasi di mana fluktuasi dalam penjualan produk fisik bisa lebih volatil. Hal ini terjadi karena layanan seringkali melibatkan perjanjian berlangganan atau kontrak jangka panjang, yang dapat menciptakan aliran pendapatan yang stabil.

2. Keuntungan Marginal yang Tinggi

Beberapa layanan memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi daripada produk fisik, karena mereka seringkali berfokus pada keahlian dan pengetahuan khusus. Hal tersebut dapat menghasilkan profitabilitas yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

3. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Layanan yang berkualitas dapat membantu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pelanggan yang puas dengan layanan yang diberikan cenderung kembali dan bahkan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain.

4. Inovasi dan Diversifikasi

Service revenue dapat memungkinkan perusahaan untuk lebih fleksibel dalam menciptakan dan menawarkan layanan baru. Hal ini memungkinkan terjadinya inovasi yang lebih cepat dan diversifikasi bisnis.

5. Fokus pada Kompetensi

Dengan menyediakan layanan, perusahaan dapat fokus pada keahlian utamanya dan menghindari kompleksitas yang terkait dengan produksi dan manajemen produk fisik. Sehingga hal ini dapat meningkatkan efisiensi operasional.

6. Dampak Sosial dan Pelayanan Masyarakat

Banyak layanan, seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan layanan sosial, memiliki dampak positif pada masyarakat dan kualitas hidup. Membangun pendapatan dari jasa dalam sektor ini dapat mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat.

7. Diversifikasi Risiko

Diversifikasi bisnis melalui pendapatan dari jasa dapat membantu perusahaan mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi pasar atau musim produk tertentu.

8. Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Beberapa layanan dapat lebih berkelanjutan daripada produksi dan distribusi produk fisik, yang seringkali memerlukan sumber daya alam yang besar. Hal ini dapat memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat untuk bisnis yang peduli lingkungan.

Manfaat dari service revenue sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada jenis layanan, industri, dan strategi bisnis yang digunakan oleh perusahaan. Namun, secara keseluruhan, pendapatan dari jasa dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada kesehatan finansial dan perkembangan bisnis.

Baca juga: Apa Itu Average Revenue? Apa Bedanya dengan Total dan Marginal Revenue?

10 Faktor yang Memengaruhi Service Revenue

10 Faktor yang Memengaruhi Service Revenue

ilustrasi service revenue. source envato

Service revenue atau pendapatan dari jasa dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan pemahaman terhadap faktor-faktor ini dapat membantu perusahaan atau individu dalam mengelola dan meningkatkan pendapatan mereka. Berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi service revenue:

1. Kualitas Layanan

Kualitas layanan yang disediakan memiliki dampak langsung pada pendapatan dari jasa. Layanan yang berkualitas tinggi cenderung menarik pelanggan yang lebih banyak, mempertahankan pelanggan yang ada, dan menghasilkan ulasan positif, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan pendapatan.

2. Harga dan Strategi Penentuan Harga

Penentuan harga yang sesuai dengan nilai layanan yang diberikan adalah faktor kunci. Harga yang terlalu tinggi dapat menghalangi pelanggan potensial, sementara harga yang terlalu rendah dapat mengurangi pendapatan per transaksi. Perusahaan perlu memahami pasar dan pesaing mereka untuk menentukan strategi harga yang tepat.

3. Pemasaran dan Promosi

Upaya pemasaran dan promosi yang efektif dapat meningkatkan kesadaran tentang layanan yang ditawarkan dan menarik pelanggan baru. Investasi dalam strategi pemasaran yang baik dapat membantu meningkatkan pendapatan.

4. Reputasi dan Brand

Reputasi perusahaan dan brand yang kuat dapat membuat pelanggan lebih percaya dan cenderung memilih layanan dari perusahaan tersebut daripada pesaing. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan pendapatan dari jasanya.

5. Pasar dan Permintaan

Kondisi pasar, tren konsumen, dan permintaan dalam industri tertentu dapat mempengaruhi pendapatan. Perusahaan perlu memahami perubahan dalam perilaku konsumen dan beradaptasi sesuai dengan perubahan ini.

6. Keahlian dan Keunggulan Kompetitif

Kemampuan dan keahlian unik yang dimiliki oleh penyedia layanan dapat memengaruhi daya tarik mereka di pasar. Keunggulan kompetitif ini dapat menjadi faktor penting dalam menarik pelanggan dan bersaing dengan perusahaan lain.

7. Penawaran Paket Layanan

Penawaran paket layanan yang komprehensif atau beragam dapat meningkatkan pendapatan dengan memungkinkan pelanggan untuk memilih berbagai layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

8. Keberlanjutan dan Inovasi

Kemampuan untuk terus berinovasi dalam penyediaan layanan atau untuk mengembangkan layanan baru dapat membantu meningkatkan daya tarik dan pendapatan dari jasa.

9. Perubahan Regulasi dan Kebijakan

Perubahan dalam regulasi dan kebijakan pemerintah dapat memengaruhi cara layanan diberikan dan berapa banyak yang dapat dihargai.

10. Ekonomi Makro

Kondisi ekonomi secara keseluruhan, seperti pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, dan kestabilan mata uang, juga dapat berdampak pada pendapatan dari jasa.

Pemahaman yang baik tentang faktor-faktor ini dan kemampuan untuk merespons perubahan dalam lingkungan bisnis dapat membantu perusahaan atau individu dalam mengoptimalkan pendapatan dari jasa mereka.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Penutup

Jadi, kita dapat simpulkan bahwa service revenue atau pendapatan dari jasa adalah elemen yang krusial dalam dunia bisnis dan ekonomi. Berbagai faktor, seperti kualitas layanan, harga, pemasaran, dan inovasi, memiliki peran penting dalam memengaruhi pendapatan ini.

Perusahaan atau individu yang dapat mengelola faktor-faktor ini dengan bijak dan secara efektif akan memiliki peluang yang lebih besar untuk meraih kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Pendapatan dari jasa juga memiliki dampak yang luas, tidak hanya pada bisnis tetapi juga pada masyarakat dan lingkungan. Layanan berkualitas tinggi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun reputasi yang baik, dan memberikan kontribusi positif bagi komunitas.

Selain itu, bisnis yang peduli lingkungan dapat menjadikan pendapatan dari jasa sebagai sarana untuk mencapai tujuan keberlanjutan.

Dengan memahami dan mengelola faktor-faktor yang memengaruhi service revenue, perusahaan dan individu dapat mengoptimalkan potensi pendapatan mereka dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan dan masyarakat secara keseluruhan.

Nah, pendapatan yang Anda dapatkan ini harus Anda catat dengan baik agar nantinya bisa menghasilkan laporan keuangan yang tepat. Bila Anda kesulitan dalam melakukannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi bisnis yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pelanggan ini mampu membantu berbagai hal administratif Anda yang memakan banyak waktu. Aplikasi ini akan menyelesaikan pencatatan secara otomatis, membuat laporan keuangan, melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan, dan banyak lagi.

Dengan begitu, Anda bisa memiliki waktu yang cukup untuk mengembangkan bisnis dengan mudah melalui berbagai strategi yang tepat.

Buktikan sendiri dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait