Penjualan Bersih: Pengertian dan Cara Menghitungnya dalam Akuntansi

Penjualan bersih adalah poin yang penting dari laporan keuangan. Angka ini memberikan wawasan penting tentang berapa banyak yang dihasilkan perusahaan atas produk dan layanannya setelah diskon tertentu diperhitungkan.

Memahami penjualan bersih dan hubungannya dengan penjualan kotor akan membekali Anda untuk mempersiapkan dan mengevaluasi laporan keuangan dengan lebih baik.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi apa itu penjualan bersih, apa yang mereka katakan kepada Anda dan bagaimana Anda dapat menghitung angka ini.

Apa itu Penjulan Beersih?

Penjualan bersih atau net sales merupakan pendapatan perusahaan setelah pemotongan terkait telah diambil. Ini adalah angka utama yang akan dievaluasi oleh analis keuangan saat menilai laporan laba rugi bisnis.

Jika laporan keuangan atau formulir memiliki garis yang hanya diberi label “penjualan”, itu biasanya mengacu pada net sales, karena ini adalah representasi keuangan perusahaan yang lebih akurat.

Mengapa penjualan bersih penting?

Penjualan bersih lebih mewakili kesehatan keuangan daripada penjualan kotor. Penjualan kotor tidak merinci biaya yang dikeluarkan bisnis saat menyelesaikan penjualan ini, sehingga jumlah kotor selalu lebih tinggi daripada penjualan bersih saat pemotongan digunakan.

Net sales penting karena laporan laba rugi yang hanya menampilkan penjualan kotor menyesatkan jika diambil sebagai data. Ini dapat secara signifikan melebih-lebihkan pendapatan bisnis, membuat investor, stakeholder, dan individu penting lainnya terlalu percaya diri.

Keputusan keuangan yang dibuat dengan mempertimbangkan penjualan kotor dapat menghadirkan beberapa tantangan, karena jumlah ini tidak menunjukkan apa yang sebenarnya telah dibuat perusahaan dari produk dan layanan mereka secara faktual.

Baca juga: Persediaan Adalah: Berikut Adalah Pengertian, Jenis, dan Metodenya

Apa yang Termasuk dalam Penjualan Bersih?

Net sales mencakup semua pendapatan yang terkait dengan penjualan kotor. Penjualan kotor terdiri dari setiap penjualan yang dilakukan perusahaan.

Ini termasuk yang dibuat dengan kas, kartu debit, kartu kredit dan kredit perdagangan. Penjualan bersih biasanya dihitung baik triwulanan atau tahunan.

Biaya Apa yang Mempengaruhi Penjualan Bersih?

Penjualan bersih dipengaruhi oleh tiga jenis potongan. Pengurangan ini mengurangi penjualan kotor dan memberikan laporan keuangan perusahaan yang lebih rinci. Pengurangan yang diambil dari penjualan bersih meliputi:

  • Tunjangan penjualan: Tunjangan penjualan adalah pengurangan harga yang diberikan kepada pelanggan jika suatu produk memiliki cacat. Ini diberikan setelah pembeli melakukan pembelian. Pembeli menyimpan produk tetapi menerima pengembalian dana sebagian sebagai kompensasi atas kesalahan tersebut.
  • Diskon penjualan: Diskon penjualan adalah promosi yang ditawarkan kepada pembeli jika mereka melakukan pembayaran penuh dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, pembeli mungkin menerima diskon 2% jika mereka membayar pesanan mereka secara penuh dalam waktu 10 hari sejak diterimanya. Jika total penjualan adalah 100.000, maka diskon penjualan menjadi 2000.
  • Pengembalian penjualan: Jika pelanggan mengembalikan barang ke perusahaan, pengembalian dana yang diberikan dihitung berdasarkan pengurangan ini. Ini biasanya pengembalian dana penuh dari harga pembelian.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Goodwill dalam Akuntansi? Berikut Penjelasannya 

Apa yang dapat Anda Pelajari dari Penjualan Bersih?

Net sales penting bagi analis yang menilai tren bisnis. Meninjau baik penjualan kotor dan penjualan bersih dalam kaitannya satu sama lain menghasilkan wawasan yang sangat berharga. Jika perbedaan antara angka-angka ini menunjukkan peningkatan bertahap, penting untuk menyelidiki masalah ini lebih lanjut.

Jika peningkatan tersebut disebabkan oleh semakin banyaknya diskon penjualan dan pengembalian barang, ini mungkin menunjukkan adanya masalah dengan kualitas produk.

Analis keuangan dapat mengingatkan orang-orang di manufaktur, penelitian dan pengembangan, kontrol kualitas, dan departemen penting lainnya tentang tren ini sehingga mereka dapat mengidentifikasi masalah yang mengarah pada peningkatan jumlah pengembalian dan tunjangan.

Jika peningkatan selisih antara net sales dan gross sales disebabkan oleh tunjangan penjualan yang lebih tinggi, hal ini dapat mengindikasikan jumlah diskon promosi yang berlebihan.

Dalam hal ini, penting untuk membahas bagaimana diskon dikelola dengan tim keuangan untuk memastikan bahwa promosi ini tidak melebihi kemampuan perusahaan.

Anda harus mengevaluasi manfaat dari tunjangan penjualan ini terhadap biaya yang Anda keluarkan untuk menyediakannya guna memastikan Anda masih mendapatkan jumlah yang menguntungkan untuk penjualan Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Anggaran yang Fleksibel? Berikut Cara dan Contohnya

penjualan bersih 2

Bagaimana Cara Terbaik dalam Menyajikan Data Penjualan Bersih

Bisnis biasanya menyajikan data net sales dengan salah satu dari dua cara. Cara paling sederhana adalah dengan menyoroti net sales  sebagai nomor penjualan utama pada laporan laba rugi. Penjualan kotor dan potongan kemudian disederhanakan menjadi satu item baris. Namun, ini dapat menghilangkan beberapa informasi penting.

Anda juga dapat menyajikan data net sales secara lebih rinci. Untuk melakukan ini, Anda harus:

  • Memperhatikan penjualan kotor di bagian atas pernyataan
  • Buat daftar pengurangan secara rinci di bawah penjualan kotor
  • Sorot net sales di bagian bawah pernyataan

Pendekatan ini menawarkan gambaran keuangan perusahaan yang lebih komprehensif. Dengan memasukkan pengurangan secara lebih rinci, analis lebih mampu menilai keadaan bisnis.

Baca juga: Pendapatan Operasional: Pengertian, Fungsi dan Cara Hitungnya

Cara Menghitung Penjualan Bersih

Menghitung net sales penting ketika Anda menyusun laporan keuangan. Ikuti langkah-langkah ini untuk secara akurat menentukan penjualan bersih Anda:

1. Hitung penjualan kotor untuk perusahaan

Mulailah dengan penjualan kotor bisnis. Ini semua adalah penjualan yang dilakukan selama periode Anda bekerja. Anda tidak perlu menentukan apakah itu dibuat dengan uang tunai, kartu kredit, atau cara lain. Hanya sertakan jumlah total.

2. Kurangi diskon penjualan

Diskon penjualan adalah imbalan apa pun yang Anda berikan kepada pelanggan karena membayar tagihan mereka dengan segera. Insentif ini membantu memastikan bahwa Anda memiliki arus kas yang stabil dan dapat diprediksi, tetapi juga berdampak negatif pada penjualan bersih Anda.

3. Kurangi tunjangan penjualan dan retur

Ketika pelanggan mengembalikan produk, mereka menerima jumlah penuh dari penjualan kembali. Tunjangan penjualan adalah diskon besar-besaran yang ditawarkan untuk produk cacat.

4. Hitung penjualan bersih

Penjualan bersih Anda adalah jumlah dari penjualan kotor dikurangi total pengurangan. Misalnya, jika Anda memiliki penjualan kotor sebesar $100.000 dikurangi $2.000 dalam diskon penjualan, $1.000 dalam potongan penjualan, dan $1.000 dalam retur penjualan, penjualan bersih Anda adalah $96.000.

Baca juga: Financial Leverage Adalah: Pengertian, Jenis, Cara Hitung dan Contohnya

Kesimpulan

Menghitung penjualan bersih dalam bisnis adalah cara terbaik untuk mengetahui keuntungan bisnis Anda secara keseluruhan. Dengan data tersebut, Anda bisa membuat keputusan bisnis terbaik Anda.

Dalam bisnis apapun, data penjualan merupakan data yang sangat vital pada laporan keuangan. Data penjualan yang baik selalu berdasarkan transaksi yang terjadi pada bisnis dan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Namun bagaimana jika data penjualan tidak tercatat secara benar?

Tentu ini akan menciptakan bias pada laporan keuangan, dan pada akhirnya mempengaruhi Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi dalam bisnis Anda untuk menghasilkan laporan keuangan yang praktis, faktual dan sesuai dengan keadaan bisnis Anda sebenarnya.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

https://accurate.id/lp/marketing-form/