5 Kesalahan Manajemen Stok Bisnis yang Harus Anda Hindari

Stok yang tidak mampu dikelola dengan baik hanya akan membuat bisnis menjadi tidak lancar dan kacau. Contoh sederhananya, setiap pelanggan akan memberikan penilaian buruk pada bisnis Anda bila setiap produk yang diinginkannya selalu habis. Hal ini tentu akan menyebabkan kegiatan transaksi menjadi berkurang.

Selain itu, sirkulasi sumber modal pun akan turut terhambat karena berkurangnya kegiatan transaksi. Ada banyak sekali masalah yang bisa terjadi bila Anda tidak bisa mengelola stok dengan baik. Apa saja kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi saat Anda mengelola stok?

Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

5 Kesalahan Manajemen Stok

1. Kurangnya Akurasi

Menjaga agar jumlah stok bisnis selalu sesuai dengan kebutuhan memang bukanlah hal yang mudah. Umumnya, akurasi yang rendah disebabkan karena kesalahan mereka melakukan pencatatan stok ataupun stokis. Walaupun sudah terlatih, tapi kesalahan dalam melakukan akurasi stok barang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Faktanya, adanya ketidaksesuaian pada jumlah stok yang tersedia di gudang sangat sering terjadi. Hal tersebut menjadi permasalahan yang besar dalam proses bisnis, terutama dalam laporan pencatatan stok.

Baca juga: Ternyata, Aplikasi Kasir pun mampu Memberikan Keuntungan untuk Klinik Kecantikan, lho!

2. Kemampuan SDM Yang Tidak Memadai

Kurangnya tingkat kemampuan pun akan turut mempengaruhi kesalahan di dalam manajemen stok. Hal tersebut sangat sering terjadi dan memiliki risiko yang cukup besar bila dibiarkan lebih lanjut, kenapa? karena hal tersebut tentu akan menyebabkan kerugian besar untuk perusahaan.

Untuk itu, Anda harus memastikan setiap pihak yang Anda pinta untuk mengurus stok bisa melakukan dengan baik, punya kemampuan yang baik dalam melakukan pencatatan dan juga perhitungan stok di gudang.

Bila Anda atau orang yang Anda berikan tugas itu tidak memiliki keahlian ataupun pengetahuan yang mumpuni dalam hal manajemen stok, maka besar kemungkinan manajemen stok Anda akan berantakan.

3. Jarang Menghitung Stok

Banyak para pebisnis yang jarang melakukan perhitungan stok di gudang. Padahal, stok barang digudang harus selalu dihitung setiap kali ada transaksi agar hasil perhitungannya menjadi akurat.

Bila kegiatan ini tidak dilakukan secara rutin, maka Anda akan mengalami masalah penyusutan jumlah stok. Hal tersebutlah yang mengharuskan Anda untuk menghitung stok secara rutin.

4. Ruang Persediaan Yang Tidak Terorganisir

Setiap usaha bisnis tentunya harus mempunyai ruang penyimpanan, baik itu pada bisnis ritel, makanan, ataupun minuman. Ruang penyimpanan ini sangat penting untuk menyimpan setiap barang jualan ataupun berbagai bahan baku dalam membuat barang jualan Anda.

Penyimpanan yang terorganisir akan mampu melancarkan proses bisnis usaha Anda. namun, bila penyimpanannya dilakukan secara tidak rapi, maka akan sangat mengganggu kelancaran bisnis yang Anda jalani.

Hal ini akan berdampak pada kecepatan dan efisiensi bisnis Anda, karena memerlukan waktu untuk mencari barang yang ingin dibeli.

Baca juga: Peran Penting Aplikasi Kasir dalam Kesuksesan UMKM

5. Pengelolaan Masih Manual

Walaupun mengelola stok barang memang bisa jadi lebih akurat, namun tetap saja tidak efisien. Bagaimana bila jumlah stok Anda jumlahnya ratusan atau ribuan? Tentunya akan memakan waktu yang sangat lama.

Untuk itu, di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini, Anda bisa mengandalkan kemajuan teknologi dengan cara menghitung jumlah barang yang keluar dan masuk secara otomatis.

Walaupun manajemen stok memang terkesan sangat sepele, namun masih banyak orang yang menganggap bahwa hal tersebut hanya sekedar menghitung jumlah barang yang masuk dan keluar saja. Padahal, mencatat stok yang akurat dan tepat sangatlah penting untuk bisa mendukung operasional bisnis Anda.

Terlebih lagi bila saat ini Anda saat ini sedang mengalami ramai pembeli. Jangan sampai Anda sudah menerima banyak pembelian tapi yang ada stok barang tidak cukup.

Nah, agar bisa membantu Anda terhindar dari berbagai kesalahan di atas dalam mengelola stok, maka Anda bisa menggunakan aplikasi kasir dari Accurate POS Beta yang ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk memberikan kemudahan dalam proses transaksi saja.

Accurate POS Beta juga memiliki fitur yang lengkap yang mampu memberikan kemudahan pada Anda untuk mengelola bisnis, termasuk dalam hal mengelola stok yang mudah digunakan dan juga akurat dalam mendukung pengembangan bisnis Anda.

Bagaimana pengalaman Anda saat menggunakan Accurate Pos Beta? Ayo berikan pengalaman, kritik, dan saran Anda tentang Accurate Pos Beta pada email yang sebelumnya sudah kami kirimkan.