Cara Mudah Meningkatkan Penjualan di Konter Kasir Anda

Menghasilkan keuntungan yang besar dalam berbinis selalu menjadi tujuan utama setiap pebisnis. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan pelayanan, dan juga strategi penjualan yang lebih efektif agar bisa menghasilkan profit yang lebih maksimal

Selain harus memperhatikan sisi marketing, setiap pebisnis juga harus memperhatikan sisi pelayanan agar mengetahui celah-celah kecil yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan konter kasir untuk meningkatkan penjualan. Konter kasir tidak hanya bisa dijadikan garis akhir untuk pengunjung, tapi juga menjadi bagian terpenting pada gerai Anda, karena di sanalah terakhir kali interaksi akan terjadi yang kemudian akan menentukan loyalitas pelanggan Anda.

Oleh karena itu, Anda harus bisa menyiapkan konter kasir dengan sangat tepat. Menyusun dan juga menyiapkan konter kasir merupakan salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan Anda.

6 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan di Konter Kasir

1. Tentukan Merchandise yang Sesuai

Berbagai produk yang Anda tempatkan di konter kasir harus memiliki ukuran yang kecil, ringkas dan disusun secara rapi. Nantinya, hal tersebut akan lebih memudahkan pelanggan untuk melihat-lihat sambil Anda atau karyawan kasir Anda menghitung seluruh jumlah pembelian konsumen.

Hargapun akan menentukan barang tersebut bisa cepat dijual atau tidak. Bila harga yang terdapat di konter kasir ternyata mahal, maka akan kecil kemungkinan pelanggan Anda akan membelinya walaupun mereka memang memerlukannya. Pun sama halnya dengan barang yang terlalu besar, karena akan boros tempat.

Baca juga: Usaha Jasa Menggunakan Software Kasir, Emang Bisa?

2. Perhatikan Desain Konter Kasir

Desain dan tata letak barang yang Anda susun pun akan turut menentukan peningkatan penjualan. Sama seperti display barang utama yang ada di gerai, barang yang ditempatkan di konter kasir juga harus disusun secara rapi dan nyaman untuk dilihat pelanggan.

Menempatkan barang yang terlalu banyak dan tidak tersusun rapi hanya akan membuat pelanggan ragu untuk melihat, terlebih lagi menyentuhnya. Sebaliknya, bila barang tersebut rapi, bersih dan juga memiliki harga yang terjangkau, kemungkinan pelanggan untuk menambah belanjanya akan meningkat.

3. Meletakkan Barang Promosi dan Special Offers

Konter kasir juga sangat cocok untuk menempatkan barang yang memang sedang dipromosikan selain di depan pintu masuk. Menempatkan barang promosi di konter kasir akan memudahkan setiap pelanggan agar mereka tidak kesulian untuk mengambilnya lagi di display.

4. Menyesuaikan Barang dengan Hari Raya

Menyesuaikan barang promosi dengan hari raya akan membuat kondisi dan suasana gerai Anda menjadi terliha meriah, khususnya di konter kasir. Para pelanggan akan lebih termotivasi untuk melihat dan juga membelinya.

5. Pastikan Sistem Point of Sale Selalu Diperbarui

Bila konter kasir Anda sudah menggunakan sistem point of sale (POS), maka rajinlah dalam memperbarui sistem tersebut. Sebagai contoh, bila Anda pengunjung yang sebelumnya sudah membeli produk Anda lalu dia berkunjung kembali, nantinya Anda bisa melihar riwayar produk yang sebelumnya sudah ia belu lalu bisa Anda rekomendasikan promo pada pembelian berikutnya.

Tentunya produk tersebut juga harus berhubungan dengan minat konsumen. Anda juga bisa meminta umpan balik dari pelanggan agar Anda bisa tetap terhubung dengan mereka dan membuat mereka menjadi pelanggan tetap Anda.

6. Edukasi Sistem Kasir Kepada Karyawan

Bila staf konter Anda masih melum bisa menggunakan aplikasi kasir, maka pastikanlah agar mereka memperoleh pelatihan yang tepat. Selain itu, Anda juga harus memberikan wawasan terkait penyusunan produk prioritas, menjaga kebersihan produk dan konter kasir, serta mengubah berbagai produk yang dipajang sesuai dengan musim serta waktu promosi penjualan.

Selain itu, karyawan penjaga konter juga harus selalu menawarkan berbagai bentuk prmosi dan selalu melakukan follow up pembelian sebelumnya bila memang pernah, lalu daftarkan dan datalah pelanggan Anda sebagai member dan jelaskan pula berbagai keuntungan yang akan mereka peroleh bila menjadi member.

Baca juga: Cara Terbaik dalam Memilih Aplikasi Kasir (POS) untuk Bisnis Anda

Penutup

Itulah ke enam cara efektif untuk meningkatkan penjualn di konter kasir Anda. Jadi, Anda harus bisa memperhatikan lebih detai isi dari gerai Anda, khususnya pada bagian konten kasir. Selain harus memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan, Anda juga harus membuat mereka nyaman dalam melakukan pembelian.

Nah, Anda akan lebih terbantu lagi bila Anda sudah menggunakan aplikasi kasir atau POS dari Accurate POS Beta. Meskipun masih dalam tahap beta, namun aplikasi memiliki keunggulan yang tidak kalah dengan aplikasi kasir lainnya yang sudah ada.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama ini menggunakan Aplikasi POS Beta? Berikan saran atau kritik Anda dengan membalas email sebelumnya, yah!

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.