Cara Packing Paket Secara Tepat dan Mudah

Salah satu hal yang harus diketahui dalam menjalankan dalam menjalankan bisnis online adalah cara packing paket barang. Karena, bila sampai salah melakukan pengemasan, bukanlah hal yang tidak mungkin barang yang Anda jual mengalami kerusakan dalam perjalanan ke rumah pelanggan.

Bila hal itu sampai terjadi, bersiaplah mendapatkan ulasan yang buruk dari konsumen. Ulasan yang buruk ini tentu sangat memberikan dampak yang buruk pada bisnis online dan bisa merusak reputasi bisnis.

Agar hal tersebut bisa dihindari, maka Anda harus mengetahui cara packing paket barang secara baik dan benar. Tujuannya tentu agar bisa memastikan produk yang Anda jual bisa sampai ke konsumen dalam kondisi yang utuh dan aman.

Nah, berikut ini adalah cara packing paket barang yang aman dan mudah

8 Cara Packing Paket Barang yang Tepat dan Mudah

1. Bungkus Produk dengan Baik 

Cara packing barang yang pertama adalah memastikan produk Anda terbungkus secara aman dan rapi. Pastikanlah untuk membungkus barang Anda dengan baik. Hindari menempatkannya secara asal dalam packaging.

Bungkuslah paket tersebut secara rapi dan menyeluruh. Tujuannya adalah agar produk di dalamnya tidak mengalami kecacatan saat terbentuk pada proses pengiriman. Sehingga, kondisinya pun akan tetap aman ketika diterima pelanggan.

2. Gunakan Material Packing yang Tepat 

Untuk produk yang lebih rentan mengalami kerusakan, seperti produk kaca atau elektronik, usahakanlah untuk menggunakan bahan kayu agar produk tetap aman, tidak pecah, ataupun penyok ketika terbentur dengan permukaan yang keras saat proses pengiriman.

3. Menggunakan Bubble Wrap

Cara packing paket barang yang selanjutnya adalah menggunakan bubble wrap sebagai bahan pelapis. Cara ini paling banyak digunakan agar produk yang mudah pecah atau rusak bisa terlindung dengan bahan yang lebih aman.

Tapi jika Anda lebih memilih menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan, Anda bisa menggunakan berbagai jenis material yang bisa didaur ulang selain bubble wrap.

Baca juga: Mengetahui Fungsi dan Jenis Kemasan untuk Pengembangan Produk

4. Menempelkan Stiker

Setiap kurir paket tentu tidak bisa melihat langsung produk yang tersimpan di dalam kemasan. Untuk itu, cobalah untuk memberikan informasi tambahan dengan memasang stiker peringatan pada tempat yang mudah terlihat dan mudah dibaca.

Tujuannya adalah agar kurir Anda bisa memastikan barang apa saja yang memang harus mendapatkan perhatian lebih. Contohnya, bila produk Anda terbuat dari kaca, Anda bisa menggunakan stiker pecah belah agar barang Anda tidak dilempar.

5. Tulis Alamat Penerima

Cara packing paket barang yang tepat selanjutnya adalah dengan mencantumkan alamat penerima. Sebelum mengirimkan paket, pastikanlah Anda sudah memeriksa ulang seluruh informasi secara tepat.

Agar bisa memastikan barang yang Anda kirim bisa diterima tepat waktu, Anda tentu harus mencantumkan alamat yang tepat. Meskipun salah ketik adalah kesalahan yang wajar, namun Anda harus benar-benar yakin bahwa informasi yang tercantum sudah benar.

Hindari kesalahan pencatatan nomor rumah atau hal kecil lainnya yang bisa membuat kurir salam mengirim barang.

6. Tulis Nama dan Nomor Telepon

Jika Anda sempat mengalami kesalahan seperti point sebelumnya, mencantumkan nomor telepon dan nama penerima bisa membantu kurir Anda sampai ke alamat yang tepat.

Cara packing paket barang dengan cara menulis nama dan nomor telepon penerima ini sangat penting. Jadi, Anda harus menulisnya secara jelas. Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan bantuan laptop atau komputer yang mudah terbaca. Lalu, tempelkan kertas tulisan tersebut pada area yang lebih mudah dilihat.

Baca juga: 8 Tips Penting untuk Membuat Desain Kemasan yang Menarik

7. Menentukan Jasa Pengiriman

Kegiatan packing paket sebenarnya bukan hanya tentang pengemasan barang saja, tapi juga menentukan jasa ekspedisi yang akan digunakan.

Walaupun memang pilihan ini bukan sepenuhnya ada di tangan Anda, karena terkadang konsumen memiliki hak sendiri untuk menentukan, tapi memang berada di pilihan Anda maka Anda berhak untuk menentukan jasa pengiriman yang tepat.

Anda harus menentukannya secara tepat dan tidak tergiur dengan harga yang murah. Akan lebih penting lagi bila Anda memilih jasa yang memiliki garansi, serta mencari perusahaan ekspedisi yang terpercaya.

8. Tulis Pesan untuk Konsumen 

Agar pelanggan Anda bisa merasa sangat puas dengan pelayanan yang Anda berikan, maka Anda bisa menyelipkan surat kecil dengan pesan manis bersifat personal. Seperti kalimat “Hai orang baik, terima kasih sudah memberikan rezekinya pada kami dengan berbelanja online di toko kami” atau berbagai kalimat positif lainnya.

Baca juga: 10 Tips Desain Kemasan Produk Yang Menentukan Keberhasilan Merek

Penutup

Demikianlah delapan cara packing paket barang yang tepat agar proses pengiriman paket barang Anda bisa berjalan dengan lancar. Jika Anda melakukan kedelapan cara tersebut dengan baik, maka paket Anda akan diterima dengan rasa yang puas oleh pelanggan.

Namun di era yang sudah serba digital seperti saat ini, terdapat hal lainnya yang harus Anda perhatikan selain mengetahui cara packing paket barang. Salah satunya adalah proses mengelola bisnis.

Mengelola bisnis tidak boleh dilakukan secara asal, namun Anda bisa lebih mudah melakukannya bila Anda menggunakan aplikasi kasir atau sistem POS dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, Anda akan lebih mudah dalam mengelola bisnis online ataupun offline. Pada bisnis offline, kegiatan transaksi yang terjadi di kegiatan konter kasir bisa terselesaikan secara cepat dan mudah dengan menggunakan metode pembayaran tunai ataupun nontunai.

Selain itu, Accurate POS juga akan membantu Anda dalam mengelola bisnis melalui fitur manajemen persediaan, penjualan, pembelian dan masih banyak lagi.

Nah, Anda bisa merasakan sendiri seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate POS sekarang juga dan mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.