Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Dengan Modal Minim Dan Untung Maksimal

Menjalankan usaha merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Usaha atau bisnis yang tidak akan pernah ada matinya atau selalu eksis adalah usaha kreatif dan inovatif. Namun, beberapa calon pengusaha masih ada yang kesulitan dalam memulainya, dan memerlukan contoh usaha kreatif dan inovatif.

Lantas, apa saja contoh usaha kreatif dan inovatif di tahun 2022 ini? Tenang, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan jawabannya untuk Anda pada artikel tentang contoh usaha kreatif dan inovatif di bawah ini.

Pentingnya Menjadi Pengusaha Kreatif

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa manusia adalah makhluk sosial yang hanya bisa bertahan hidup dengan mengandalkan makhluk atau manusia lain. Untuk itu, manusia juga memerlukan produk dan usaha yang kreatif dan inovatif agar bisa terus bertahan hidup.

Meskipun manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, tapi sebagian manusia juga masih ada yang memilih hidup secara individual. Mereka hanya bangun, beraktivitas dan tidur untuk dirinya sendiri. Seluruh jam dan waktunya dilakukan untuk kepentingan dirinya sendiri. Padahal, manusia masih bisa melakukan hal yang lebih banyak.

Terdapat banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh manusia, salah satunya adalah dengan cara memberikan manfaat pada orang lain. Tapi, beberapa manusia belum banyak yang menyadari bahwa ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memberikan manfaat pada orang lain, yaitu dengan menjadi pebisnis.

Dengan menjadi pebisnis atau pengusaha, Anda tidak hanya bisa menjadi nahkoda untuk kehidupan Anda sendiri saja, tapi juga bisa memberikan kehidupan pada orang lain dengan cara memberikan lapangan kerja.

Baca juga: Bisnis Preloved: Prospek, dan Tips Sukses Menjalaninya

5 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif

1. Membuat peralatan rumah tangga dengan rotan

Contoh usaha kreatif dan inovatif yang pertama adalah membuat peralatan rumah tangga dengan berbahan dasar rotan. Peralatan rumah tangga yang dibuat dengan bahan dasar utama rotan ini banyak dicari karena tingkat kekuatannya yang tinggi.

Tapi, sebagian besar pebisnis yang membuat peralatan dari rotan memiliki bentuk yang kaku. Nah, dalam hal ini Anda bisa membuat produk yang kreatif dan inovatif dengan membuat karakter menggemaskan dari rotan, seperti Teddy bear, Hello kitty, Mickey Mouse, dan masih banyak lagi.

Berbagai ide kreatif ini bisa Anda terapkan untuk membuat keranjang baju kotor, tempat tisu, tempat mainan, kotak aksesoris, tempat lampu dan alat lainnya yang bisa dibuat dengan menggunakan rotan. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi, mulai dari 50 ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

2. Jasa Pembuat Konten

Dewasa ini, banyak sekali brand yang lebih memilih untuk mempromosikan produknya ke dalam bentuk konten, baik itu dalam bentuk tulisan ataupun video. Karena, jumlah audiens yang menyukai iklan mulai menurun drastis.

Jadi, setiap brand harus berpikir keras untuk menjual produknya tanpa harus memaksa. Nah, salah satunya adalah dengan menggunakan konten yang kreatif dalam bentuk video ataupun artikel.

Baca juga: Kata-Kata Promosi Jualan Makanan Cemilan yang Tepat

3. Jasa Foto Dengan Latar Belakang Unik

Saat ini, tren foto selfie dan juga groupie masih banyak peminatnya. Nah, membuka studio dengan latar belakan yang unik adalah salah satu contoh usaha kreatif dan inovatif.

Anda bisa membuat studio foto dengan tema rumah yang terbalik sebagai salah satu contohnya. Anda bisa menyediakan spot foto untuk setiap pengunjung dan mereka bisa mengambil foto di dalam ruangan terbalik tersebut.

Seluruh peralatan seperti tempat tidur, sofa, meja makan dan berbagai hal lainnya bisa Anda tempelkan di dinding atau di langit dengan bantuan para profesional.

Namun, membuka usaha ini memerlukan modal yang cukup besar. Anda harus mencari rekan kerja bila ingin mencobanya. Untuk setiap pengunjung yang tertarik untuk masuk dan berfoto-foto, Anda bisa mengenakan tarif sebanyak 80 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 40 ribu rupiah untuk anak-anak

4. Penyewaan Kostum

Contoh usaha kreatif dan inovatif yang selanjutnya adalah bisnis penyewaan kostum. Bisnis ini tidak hanya laku saat sedang Hari Kartini saja. Karena setiap akhir pekan akan selalu ada saja orang yang menikah. Nah, mereka tentunya akan sangat memerlukan kostum yang cantik untuk melengkapi momen bahagia mereka.

Terlebih lagi pihak keluarga pun ingin tampil baik di hari kebahagiaan. Untuk itu, persewaan kostum ini menjadi salah satu contoh usaha kreatif dan inovatif.

5. Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan

Contoh usaha kreatif dan inovatif ini sangatlah unik. Bila Anda pernah melihat orang yang tidak pernah bisa mencurahkan isi hatinya pada orang-orang terdekat, maka mungkin Anda bisa menjadi solusi untuk mereka.

Seorang pengusaha asal Jepang bernama Takanobu Nishimoto adalah orang yang pertama kali membangun usaha ini. Dirinya mengenakan tarif sebesar 10 Dollar Amerika per jam untuk mendengarkan curhatan.

Biasanya, pelanggan akan hanya diminta untuk mendengarkan. Itu artinya, Anda tidak selalu harus mengetahui bagaimana cara dalam menyelesaikan masalah dari pelanggan yang curhat pada Anda.

Untuk bisa membangun bisnis ini, Anda bisa mengajak berbagai rekan lainnya atau mereka yang memang tertarik untuk menjadi pendengar yang baik. Anda bisa mencoba membuka jasa ini melalui website atau media sosial untuk sesi curhat langsung ataupun online.

Baca juga: Inventory Card Agar Lebih Mempermudah Mengelola Persedian, Pentingkah?

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang contoh usaha kreatif dan inovatif yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

Bila Anda sudah menemukan usaha yang tepat, Anda bisa menerapkan teknologi digital ke dalam bisnis Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, proses transaksi di konter kasir bisa dilakukan secara cepat dengan berbagai metode pembayaran yang beragam. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah dalam mengelola pelanggan, persediaan, karyawan dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Cari tahu selengkapnya dengan menggunakan Accurate POS secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.