Dengan Menggunakan Software POS, Manajemen SDM Akan Lebih Efisien dan Efektif Lagi

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya saat ini sudah eranya menggunakan software POS. Jika Anda belum menggunakannya, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan software POS untuk kebutuhan bisnis Anda.

Kenapa? karena saat ini software POS tidak hanya berperan dalam setiap urusan transaksi penjualan saja, tapi juga dalam mengelola bisnis secara menyeluruh, mulai dari mengelola persediaan, sampai dengan manajemen karyawan.

Dengan menggunakan software POS, setiap pebisnis atau manajer bisa melacak kegiatan karyawannya sejak terjadinya kegiatan transaksi, komisi yang mereka hasilkan, hingga total jam kerja.

Oleh karena itu, software POS bisa membantu manajemen SDM menjadi lebih efisien dan lebih efektif lagi. Bagaimana cara lengkapnya? Baca penjelasan berikut ini hingga selesai.

4 Cara Software POS dalam Memudahkan Manajemen POS

1. Daftar Hadir Digital yang Memudahkan Kalkulasi Gaji

Setiap pebisnis tentu memiliki pilihan untuk menggunakan sistem kehadiran atau absensi manual. Cara seperti ini memang terlihat lebih mudah, karena hanya memerlukan lembaran daftar hadir yang diisi secara manual oleh pihak karyawan.

Namun, untuk bisnis yang memberikan gaji karyawan dengan berdasarkan jumlah jam kerja atau yang menerapkan sistem pemotongan gaji pada keterlambatan di batas waktu tertentu, cara manual tentunya memerlukan waktu yang ekstra.

Itu artinya, pebisnis memerlukan orang yang ditugaskan untuk mengawasi proses pengisian daftar hadir tersebut. Nah, jika kita membahas tentang sumber daya manusia, maka tentu akan sangat berhubungan dengan beban payroll.

Disisi lain, hal tersebut tidak akan bisa Anda alami bila sudah menggunakan sistem POS secara lebih maksimal. Dalam sistem tersebut, Anda akan mendapatkan fitur absensi karyawan.

Sehingga, Anda tidak perlu daftar hadir manual ataupun mesin absensi, karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan absensi foto disetiap jam datang dan juga jam pulang karyawan.

Baca juga: UMKM Naik Kelas Dengan Perangkat Digital yang Canggih

2. Menyederhanakan Perhitungan Komisi

Pada bisnis tertentu yang menerapkan sistem komisi karyawan, maka setiap jadwal perhitungan gaji kemungkinan besar akan terasa rumit, terlebih lagi jika komisi untuk suatu jenis transaksi harus dibagi pada beberapa orang. Hal tersebut tentu akan menyita banyak waktu.

Belum lagi resiko terjadinya human error atau kesalahan lainnya pun relatif sangat besar. Nah, saat ini, Anda bisa menyederhanakan proses tersebut dengan mengandalkan sistem POS. Sistem ini memiliki fitur perhitungan komisi secara otomatis. Sehingga, sistemnya akan langsung menghitung komisi untuk karyawan di setiap transaksi atau produk yang terjual.

Selain itu, sistem POS juga mampu mengakomodasi perhitungan multikomisi. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual, lebih hemat waktu, dan minim sekali kesalahan.

3. Memudahkan Pengelolaan Hak Akses

Tanpa menggunakan software POS, memang Anda masih bisa membuat SOP yang berhubungan dengan karyawan. Namun, Anda tetap memerlukan supervisi yang maksimal untuk bisa memastikan hal tersebut bisa benar-benar berjalan.

Nah, dengan menggunakan sistem POS, Anda bisa mengatur hak akses sesuai dengan tugas dan fungsi para karyawan.

Jadi, nantinya setiap staff tidak akan bisa mengakses data yang tidak dalam area otorisasinya tersebut. Tanpa adanya supervisi pun para karyawan tidak akan bisa lagi mengakses data yang tidak seharusnya, karena sudah diatur di dalam sistem.

Baca juga: Peran Penting Aplikasi Kasir demi Kemajuan UMKM Indonesia

4. Menentukan Jadwal Karyawan yang Lebih Optimal

Jadwal karyawan adalah salah satu faktor yang sangat krusial dalam memastikan tingkat produktivitas dalam suatu bisnis. Itu artinya, Anda harus bisa menempatkan sumber daya pada waktu yang tepat agar bisa menghasilkan lebih banyak masukan.

Untuk setiap bisnis yang harus melayani konsumen satu per satu seperti salon ataupun cuci mobil, maka penentuan jadwal akan menjadi semakin krusial. Anda tidak ingin banyak datang konsumen, namun jumlah karyawan yang melayani masih kurang.

Padahal kenyataanya, di shift lain terdapat cukup banyak karyawan yang tidak melakukan pelayanan karena jumlah pelanggannya sedikit. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, software POS mampu menyediakan laporan penjualan bisnis secara lengkap.

Di dalam laporan tersebut, Anda tidak hanya bisa melihat jumlah transaksi ataupun produk yang banyak terjual saja, namun juga jam tersibuk pada bisnis Anda.

Dengan bekal pengetahuan terkait waktu pengunjung yang banyak datang, Anda bisa mengelola sumber daya secara lebih maksimal lagi. Untuk itu, tempatkanlah karyawan dua kali lebih banyak di dalam jam tersebut.

Sebaliknya, berikanlah tugas yang lebih sedikit pada karyawan di jam-jam sepi pengunjung, sehingga akan terasa lebih maksimal.

Jadi, untuk Anda yang manajemen SDM nya lebih efektif dan efisien, Anda bisa berinvestasi pada aplikasi POS yang tepat, seperti Accurate POS.

Saat ini, Accurate POS masih dalam tahap Beta, dan bisa Anda coba secara gratis. Walaupun masih dalam tahap beta, namun software POS ini sudah dilengkapi dengan fitur yang canggih dan juga lebih baik daripada software POS pada umumnya.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda menggunakan Accurate POS Beta selama ini? ayo berikan pengalaman, kritik dan saran Anda dengan membalas email yang sebelumnya sudah kami kirim.