Peran Penting Digital Tools di Era Bisnis Digital

Umumnya, para pebisnis memiliki setumpuk daftar pekerjaan yang akan mereka lakukan pada hari tersebut. Untuk itu, dibutuhkan bantuan digital tools agar bisa mempermudah mengelola bisnis, terlebih lagi di era yang sudah serba digital seperti saat ini.

Terdapat banyak sekali alat yang mampu mendukung bisnis di dalam beragam aspek, mulai dari aspek penyimpanan data, persediaan, marketing, hingga pembukuan. Nah, berikut ini adalah beberapa digital tools yang harus dimiliki oleh para pebisnis.

4 Jenis Digital Tools untuk Bisnis

1. Platform Untuk Menyimpan dan Berbagi Data

Google drive adalah tools yang kami rekomendasikan untuk menjalankan tugas ini. Sebagian besar dari kita pasti sudah sangat akrab dengan tools yang disediakan oleh Google ini. Platform ini mampu menyimpan data dan seluruh file Anda di cloud, sehingga akan lebih mudah untuk proses dokumentasi dan juga tracing.

Selain itu, platform ini juga mampu memiliki fitur Google Document dan Google Spreadsheet yang akan membantu Anda dalam membuat dan bekerjasama dalam mengisi suatu file secara real time di mana saja.

Hal ini akan membuat kegiatan komunikasi bisnis menjadi lebih efisien. Anda sudah tidak perlu lagi mengirim email terus-menerus yang beresiko mempersulit tracing data, karena semua data bisa diakses dimana saja di platform Google Drive.

Sebenarnya, platform ini bisa Anda gunakan secara gratis dengan kapasitas yang terbatas. Bila bisnis Anda memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka Anda bisa menggunakan fitur berbayarnya.

2. Manajemen Proyek dan Tim

Tools manajemen proyek dan tim secara umum dibuat agar bisa membantu Anda membuat proyek, mengelola proyek, dan juga menetapkan tugas dengan batas waktu atau timeline yang tepat.

Selain itu, umumnya platform ini juga akan membantu Anda dalam memeriksa pembaruan status setiap proyek ataupun tugas yang sedang dikerjakan oleh tim Anda. Sehingga, mengatur jadwal akan jadi lebih sederhana dengan menggunakan digital tools yang satu ini.

Beberapa tools manajemen proyek yang kami rekomendasikan adalah Teamwork, Clickup, Asana, dan Trello. Tentunya, Anda bisa memilih tolls lain yang Anda anggap paling sesuai dengan bisnis dan juga kultur tim Anda.

3. Komunikasi

Harus kita akui bahwa komunikasi adalah aspek yang paling penting dalam suatu bisnis. Tingkat keberhasilan strategi bisnis akan sangat ditentukan dengan efektivitas komunikasi tim yang menjalankannya.

Di era digital dan pandemi seperti saat ini, yang sebagian besar pekerja harus bekerja di rumah, tingkat urgensi bisnis untuk memiliki platform komunikasi sangat meningkat. Untuk itu, Anda harus bisa menggunakan digital tools komunikasi yang mudah untuk digunakan dan bisa membantu Anda untuk berbagi data atau file.

Salah satu pilihan tools komunikasi yang bagus adalah slack. Platform ini bisa Anda integrasikan dengan beragam tools manajemen proyek, manajemen kantor, penjualan, produktivitas, serta desain.

Sedangkan untuk membantu Anda dalam melakukan meeting jarak jauh, maka Anda bisa menggunakan Zoom, Google Meet, atau Skype.

4. Alat Bantu Marketing

Dalam menjalankan bisnis, kegiatan pemasaran menjadi bagian yang sangat penting agar bisa meningkatkan keuntungan. Salah satu alat bantu yang sangat efektif untuk membantu strategi pemasaran adalah email marketing.

Jika kita membahas tentang email marketing, maka email yang dikirim pada konsumen harus tepat. Anda harus bisa lebih engage dengan konsumen pada waktu yang tepat. Penawaran harus Anda hadirkan ketika konsumen memang memerlukan atau minimal sedang mencari produk Anda.

Untuk itu, Anda memerlukan tools email yang mampu membantu melakukan personalisasi konten pemasaran, seperti mailchimp. Digital tools ini sudah sangat terkenal akan kemudahan penggunaannya, dan akan sangat membantu Anda dalam membuat, mendesain, dan mengirim branded email pada para konsumen.

5. POS System

Selain digital tools yang banyak digunakan untuk keperluan manajemen, Anda juga harus menyiapkan alat bantu yang berkaitan langsung dengan operasional bisnis Anda sehari-hari.

Nah, software POS adalah salah satu cara untuk mengembangkan apapun bisnis Anda, baik itu bisnis ritel F&B, ataupun laundry.

Keuntungan pertama yang bisa Anda rasakan dalam menggunakan software POS adalah mampu menghindari human error yang biasanya terjadi di dalam operasional bisnis sehari-hari. Kenapa? karena sebagian besar bisnis nantinya akan dikerjakan oleh sistem yang canggih.

Membuat laporan keuangan, manajemen persediaan, mengelola transaksi penjualan, memantau kehadiran karyawan hingga menyediakan analisis bisnis dilakukan oleh aplikasi POS.

Terlebih lagi, software POS dengan basis cloud saat ini sudah bisa diakses dimana saja dan kapan saja, sehingga akan memungkinkan Anda untuk mengelola bisnis dari rumah. Selain itu, platform ini juga akan membantu Anda dalam mengirim informasi penting ke berbagai cabang secara sekaligus bila memang ada hal penting yang harus diketahui oleh setiap tim di masing-masing gerai.

Nah salah satu software POS yang patut Anda pertimbangkan adalah iSeller. Dengan fitur luar biasa di dalamnya, Anda bisa melakukan pemantauan bisnis dimana saja dan kapan saja Anda inginkan.

Lebih uniknya lagi, saat ini iSeller juga sudah terintegrasi dengan software akuntansi Accurate Online. Sehingga, kegiatan manajemen bisnis, toko, atau gerai fisik Anda bisa dilakukan dengan mudah dan tepat.

Dengan adanya integrasi ini juga Anda akan lebih mudah untuk melakukan kegiatan sinkronisasi data transaksi pembelian dan juga penjualan, melaporkan setiap harga produk secara otomatis, mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan impor dan juga ekspor barang, serta melakukan posting penjualan per shiftnya.

Penasaran? Cari tahu selengkapnya dengan klik tombol tautan di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.