Discovery Commerce: Cara Ampuh Untuk Memaksimalkan Penjualan

Beberapa waktu yang lalu, perdagangan yang dilakukan secara elektronik atau e-commerce mulai mengisi ruang yang tidak disediakan oleh kegiatan transaksi secara fisik. Dengan adanya perdagangan elektronik, maka konsumen bisa menemukan keperluannya kapan saja dan di mana saja.

Saat ini, berbelanja sudah tidak lagi terhalang dengan berbagai batasan geografis. Walaupun begitu, untuk pebisnis, sudah menjadi rahasia umum bahasa e-commerce itu mengadaptasi berbagai trik penjualan yang dilakukan secara offline.

Contohnya saja, sama seperti konsumen yang melakukan transaksi di gerai, umumnya konsumen yang melakukan transaksi di platform digital tidak mengetahui secara pasti akan kebutuhannya. Kebanyakan dari mereka yang membuka situs e-commerce hanya untuk melihat-lihat saja, kemudian melakukan pembelian secara impulsif.

Karakter ini tentunya adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan oleh para pebisnis. Karena, strategi penjualan yang dilakukan di gerai masih ada yang bisa diadaptasi ke platform digital.

Itu artinya, keberadaan situs e-commerce semakin mempertegas kegiatan transaksi yang sebelumnya sudah populer, yaitu berbelanja dengan berdasarkan spontanitas, kebaruan, dan juga penemuan ataupun discovery. Nah, dari sinilah pebisnis mulai bisa mengaplikasikan discovery commerce.

Lalu, apa itu discovery commerce? apa saja kelebihannya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang discovery channel ini hingga selesai.

Apa Itu Discovery Commerce?

Pada dasarnya, discovery commerce adalah suatu metode penjualan online yang dilakukan dengan cara menggiring pelanggan pada suatu produk. Selain itu, ada juga istilah discovery shopping yakni saat konsumen berhasil mengunjungi suatu situs ataupun marketplace tanpa adanya tujuan yang pasti.

Para konsumen ini tidak mencari produk tertentu secara spesifik. Mereka justru bersikap terbuka pada penemuan ataupun kejutan yang kemungkinan muncul saat mengamati katalog online atau menerima suggestion dari e-commerce.

Salah satu tujuan utama dalam e-commerce memang memenuhi keperluan spesifik dari calon pelanggan, namun strategi discovery channel ini lumayan berkebalikan. Metode ini mampu menarik konsumen untuk melihat-lihat produk digital tanpa tujuan yang pasti hingga mereka menemukan produk yang mampu menarik perhatiannya.

Baca juga: Cara Menjaga Kepuasan Pelanggan dengan Software POS

Keuntungan Menerapkan Discovery Commerce Bagi Bisnis

1. Menarik Pembeli Potensial

Kemungkinan besar, calon konsumen Anda bisa menemukan produk atau brand Anda bila mereka melakukan pencarian dengan filter di dalam e-commerce. Ini adalah cara paling umum yang membuat para konsumen bisa menemukan suatu brand, terlebih lagi bila brand tersebut masih baru dirintis dan belum terkenal.

Untuk itu, pastikanlah brand atau produk Anda memiliki informasi lengkap, sehingga saat konsumen melakukan penyaringan kategori, maka brand Anda akan ditampilkan. Luangkanlah waktu untuk mengisi kategori dan subkategori, khususnya di marketplace.

Harus selalu diingat bahwa saat ini konsumen lebih tertarik berbelanja di marketplace ketimbang di situs resmi dari suatu brand.

2. Penemuan Brand

Menemukan produk berpotensi bisa membuat konsumen bisa menaruh perhatian pada brand Anda. Selanjutnya, tidak menutup kemungkinan, konsumen akan mencari tahu lebih banyak tentang bisnis Anda. Kemungkinan besar mereka akan melakukan eksplorasi media sosial ataupun situs resmi milik brand Anda.

Tentunya hal ini adalah peluang yang besar untuk mendapatkan pelanggan. Jika value brand Anda ternyata sesuai dengan kebutuhan konsumen, maka discovery channel bisa berubah menjadi pembentukan pelanggan loyal.

3. Evaluasi Katalog dan Upsell

Menghadirkan produk di marketplace ataupun katalog dengan sistem filter yang baik akan mempermudah Anda dalam menganalisis produk mana saja yang akan banyak tampil di pencarian.

Selain itu, cara ini juga akan membantu produk atau jenis produk yang jarang dicari bisa ikut mendapat perhatian calon konsumen, karena mereka sudah berhasil masuk ke beranda e-commerce Anda. sehingga, akan selalu ada kesempatan untuk upsell berbagai produk yang pergerakannya lambat.

Trik Menerapkan Discovery Commerce

1. Sertakan Lebih Banyak Atribut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, adanya informasi lengkap tentang produk akan membuat konsumen melakukan filter pencarian yang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Memaksimalkan Pencarian

Agar bisa memaksimalkan hasil pencarian, maka Anda harus bisa memaksimalkan penggunaan keyword yang digunakan untuk pencarian. Untuk itu, pastikanlah untuk tetap menampilkan produk, walaupun ada typo dalam kata kunci yang diketik oleh konsumen.

3. Sistem Pencarian yang Efisien

Bila Anda mempunyai website official, pastikanlah setiap pengunjung website Anda bisa menggunakan filter dan melihat hasil pencariannya secara mudah. Sebisa mungkin, usahakanlah agar mereka tidak mereload halaman saat mengganti filter.

4. Laman Kategori

Pastikanlah Anda mempunyai halaman kategori yang baik di marketplace ataupun di website official Anda. Kategori ini akan mempermudah Anda dalam menemukan rekomendasi khusus.

Selain mampu mengkategorikan produk berdasarkan jenisnya, buatlah rekomendasi produk populer, produk terbaru, dan rekomendasi produk untuk special occasion, seperti pada hari raya besar idul fitri atau hari natal.

Baca juga: 5 Manfaat Menerapkan Digital Payment di Dalam Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang discovery commerce. Jadi, discovery commerce adalah suatu metode penjualan online yang dilakukan dengan cara menggiring pelanggan pada suatu produk.

Seperti yang kita ketahui bersama, penjualan online akan selalu menuntun kecepatan dan ketepatan proses, pun sama halnya dengan pencatatan keuangan yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Accurate POS.

Accurate POS adalah aplikasi kasir yang dikembangkan oleh PT Cipta Piranti Sejahtera dan sudah terintegrasi secara menyeluruh dengan ekosistem Accurate Online. Aplikasi ini cocok digunakan untuk segala jenis bisnis, baik itu bisnis retail, F&B, atau layanan jasa.

Dengan menggunakan software Point of Sales (POS) ini, seluruh kegiatan pencatatan transaksi Anda akan jauh lebih cepat dan akurat, proses analisa hasil penjualan akan jadi lebih praktis, seluruh bentuk kesalahan yang terjadi di konter kasir bisa dihindari, dan yang lebih penting lagi pelanggan akan lebih loyal dengan adanya fitur diskon pelanggan.

Accurate POS bisa Anda nikmati secara gratis untuk satu outlet per satu database hanya dengan berlangganan Accurate Online.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.