Apa itu Emotional Quotient? Apa Manfaatnya Bagi Pebisnis?

Jika saat ini Anda hanya mengandalkan pengetahuan dan kemampuan Anda dalam bekerja, maka mulai sekarang Anda harus mengubahnya. Kenapa? Karena kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh Emotional Quotient (EQ) sebesar 80% dan Intelligence Quotient (IQ) sebesar 20%. Hal tersebut membuktikan bahwa Emotional Quotient memiliki peran penting dalam menentukan masa depan Anda.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari bersama kita bahas tentang Emotional Quotient dan peran pentingnya untuk pebisnis seperti Anda.

Apa itu Emotional Quotient?

Dilansir dari Wikipedia, EQ adalah kemampuan dasar seseorang dalam mengelola emosinya, terutama saat berhadapan dengan orang lain. Emotional Quotient seseorang akan sangat dipengaruhi oleh pengendalian diri, ketekunan, dan juga kemampuan dalam menjalin komunikasi dengan orang lain.

Pada saat ini, Emotional Quotient memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis, baik itu dalam menjalin hubungan antara atasan dan bawahan, atau sesama rekan bisnis.

Mereka tidak lagi mengutamakan kecerdasan intelektual yang ada pada diri orang lain. Bagi mereka, kemampuan IQ seseorang akan lebih mudah ditingkatkan daripada EQ, yang merupakan perkembangan pada diri seseorang.

Seseorang yang memiliki Emotional Quotient tinggi diklaim mampu bekerja lebih baik dan menjaga keseimbangan yang ada dalam dirinya, sehingga orang tersebut bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Apa itu IQ? Ini Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

Kategori Emotional Quotient

Daniel Goleman dalam bukunya yang berjudul Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ dan Working with Emotional Intelligence membagi lima pilar yang bisa menjadi tolak ukur dalam menentukan kondisi EQ yang terdapat dalam diri seseorang, yaitu:

1. Self-Awareness

Mereka yang memiliki kesadaran tinggi akan lebih baik mengenal dirinya sendiri. Mereka bisa mengetahui kekuatan dan juga kelemahan yang ada dalam dirinya serta mengetahui tingkah lakunya yang akan memberikan dampak pada orang lain.

Umumnya, mereka yang sadar diri akan bisa menangani dan belajar dari kritikan yang mampu membangun daripada mereka yang tidak.

2. Self-Regulation

Self regulation adalah suatu kemampuan yang ada dalam diri seseorang untuk bisa mengatur perasaannya. Emotional Quotient yang tinggi akan membuat seseorang mampu secara bijak mengungkapkan dan mengontrol emosinya.

Anda tidak akan bisa menemukan orang dengan self regulation yang tinggi bertengkar di depan umum. Mereka akan berpikir lebih jauh sebelum melakukan tindakan. Ciri-ciri dari seseorang yang memiliki self regulation yang baik adalah mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan baru, bisa tenang dan produktif di tengah kesulitan yang menghampirinya, serta bisa diandalkan.

3. Motivation

Individu yang memiliki Emotional Quotient tinggi adalah individu yang mampu memotivasi dirinya sendiri. Mereka tidak akan mudah didorong oleh gelar ataupun uang. Mereka bisa tetap optimis berkat ambisi pribadinya.

Self-motivation akan mampu membuat dirinya bisa tetap persisten dan berenergi dengan apa yang sudah dicapainya. Individu seperti ini adalah pemimpin yang baik, karena dirinya mampu mendorong timnya dengan cara yang optimis dan juga positif.

4. Empathy

Empati adalah suatu sifat yang bisa menempatkan dirinya di posisi orang lain. Mereka yang memiliki rasa empati tinggi mempunyai rasa belas kasih dan pengertian pada orang lain. Kemampuan untuk bersikap empati ini akan membuat mereka mampu memberikan pelayanan yang luar biasa dan mampu merespon dengan tulus pada orang lain.

5. People Skill

Istilah ini merujuk pada kemampuan seseorang saat menghadapi orang lain. Mereka yang memiliki Emotional Quotient tinggi mampu menjalin hubungan yang baik dan mempu bertahan lama dengan orang lain.

Mereka juga bisa mengarahkan orang lain untuk tujuan yang diinginkan serta memiliki rasa percaya yang tinggi pada setiap anggota timnya. Mereka yang sudah memiliki people skill atau social skill juga umumnya telah menguasai empat kategori EQ diatas dan seorang pemimpin yang baik.

Baca juga: Kecerdasan Emosional: Ini Pengertian, Karakteristik dan Cara Meningkatkannya

Apa Peran Penting Emotional Quotient untuk Pebisnis?

Emotional Quotient pada dasarnya adalah kemampuan dalam memahami berbagai faktor dan orang yang berada di sekeliling Anda. Sebagai seorang pebisnis, Anda akan menghadapi berbagai masalah dan tantangan. Mempunyai Emotional Quotient yang tinggi membantu Anda untuk bisa terus mencoba dan berjuang saat terjadi kegagalan.

Anda akan mengetahui bahwa kesuksesan adalah hal yang akan terus menyertai perjalan bisnis Anda. Kemampuan dalam mengelola emosi ini akan menentukan waktu yang Anda butuhkan dalam meningkatkan kemampuan diri.

Selain itu, Emotional Quotient pun akan memprediksi kinerja Anda. Berdasarkan suatu penelitian 34 kemampuan yang dilakukan oleh TalentSmart, kemampuan prediktor EQ lebih kuat sebanyak 58% daripada 33 kemampuan lainnya.

EQ adalah dasar dari beragam kemampuan kritikal lain yang mampu mempengaruhi tingkah laku dan perkataan Anda setiap hari.

Mereka yang memiliki EQ tinggi akan mampu menghasilkan lebih omset. Berdasarkan penelitian lain di dalam dunia kerja, sebanyak 90% pelaku bisnis hebat mempunyai Emotional Quotient yang tinggi. Mereka mampu menghasilkan $29,000 lebih banyak dari pada individu yang memiliki EQ rendah.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Lisensi Bisnis? Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang Emotional Quotient, lengkap dengan kategori dan peran pentingnya untuk Anda sebagai pebisnis.

Namun, hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan sebagai seorang pebisnis adalah kemampuan dalam mengelola bisnis dan berbagai hal penting lain di dalamnya.

Untuk membantu Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS. Kenapa? karena selain mampu mempercepat proses transaksi di konter kasir melalui berbagai metode pembayaran, aplikasi ini juga mampu membantu Anda dalam mengelola karyawan, pelanggan, persediaan barang digudang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, karena telah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, aplikasi ini juga akan mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara otomatis, cepat dan akurat.

Ayo coba dan gunakan Accurate POS sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.