Bisnis Gerobak Kopi yang Menarik dan Unik

Saat ini, tren bisnis kedai kopi sudah semakin inovatif, mulai dari dengan menggunakan penyajian single origin yang sangat beragam, menggunakan gula aren, sampai menggunakan gerobak kopi unik dan menarik.

Tren dengan menggunakan gerobak kopi bisa dibilang cukup baru, beda dari yang lain, dan memiliki banyak peminat. Bila umumnya konsumen menikmati kopi di kedai, kafe atau warung tradisional, maka dalam penggunaan gerobak tentu akan menjadi nilai lebih dalam menarik perhatian para calon pembeli.

Selain itu, terdapat beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh pebisnis kopi yang memilih untuk berdagang dengan menggunakan gerobak. Apa saja? Ini ulasannya.

Keunggulan Bisnis Gerobak Kopi

1. Kedai Kopi Tradisional Yang Modern

Ketika membahas tentang gerobak kopi atau menjual kopi dengan menggunakan gerobak, sebagian dari Anda pasti membayangkan pedagang kaki lima yang menjual kopi dengan cara berkeliling. Namun, tren bisnis ini tidak seperti itu.

Walaupun memang masih menampilkan unsur tradisional dan konvensional yang dimiliki oleh gerobak, namun pebisnis yang ingin mencoba tren ini masih bisa menghias gerobaknya dengan berbagai ornamen dan juga karakter tertentu, seperti dari warna gerobaknya.

Bila gerobak pada umumnya hanya diberi warna gelap, maka gerobak kopi tradisional yang lebih modern ini bisa mengusung berbagai warna yang lebih cerah, seperti coklat muda atau kuning.

Kopi yang ditawarkan pun bisa dipilih dengan menggunakan buku menu ataupun tulisan papan tulis yang klasik, bahkan transaksi pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi kasir atau sistem POS yang canggih.

Selain itu, tempat bisnis pun tetap dan tidak berpindah-pindah, sama seperti cafe pada umumnya. Namun, meja bar dan dapur diganti dengan gerobak besar.

Baca juga: Coffee Shop, Ini 3 Tips Memilih Lokasi Bisnisnya yang Harus Anda Ketahui

2. Mendorong interaksi antar pelanggan

Ketika menikmati secangkir kopi di kedai kopi, kita bisa menikmati kopi dengan santai di meja sendiri, sedangkan para pelanggan lainnya melakukan hal yang sama di meja mereka masing-masing.

Namun, kegiatan tersebut bisa mulai diubah dengan adanya gerobak kopi. Walaupun tempat untuk pelanggan sudah disediakan, namun kursi pada meja yang menjadi satu dengan gerobak menjadi ciri khas.

Karena menempati meja yang panjang bersama dengan pelanggan lain, maka setiap pelanggan bisa langsung berinteraksi dengan barista sambil melayani pelanggan lainnya yang ingin membeli kopi.

Interaksi seperti ini tentunya sudah sesuai dengan budaya kita yang sangat senang meminum kopi sambil mengobrol membicarakan berbagai hal, mulai dari bisnis, kopi yang sudah dipesan, sampai kondisi politik negara.

3. Proses Pembuatan Kopi Dapat Dilihat Dengan Mudah

Karena ruang antar pelanggan yang sangat berdekatan, maka setiap pelanggan bisa langsung melihat bagaimana kopi dibuat, mulai dari menggiling biji kopi, menimbang takaran kopi, sampai dengan menyeduh kopi dan disajikan ke pelanggan.

Walaupun proses ini bisa juga kita temukan saat mengunjungi kedai kopi pada umumnya, namun kita sering kali langsung mencari tempat duduk dan menunggu pesanan kopi tiba. Jarang sekali dari kita yang mau mengintip ke balik meja bar dan melihat kopi yang dipesan dibuat oleh barista.

Ketika menjalankan bisnis gerobak kopi, maka jarak antara para pelanggan dan barista akan sangat dekat, sehingga pelanggan juga tidak perlu repot lagi dalam menghampiri meja bar. Mereka cukup duduk di meja gerobak dan melihat barista bekerja dengan baik.

4. Ragam Pilihan Kopi yang Dibuat Secara Custom

Poin yang paling utama dalam menjalankan bisnis gerobak kopi adalah kedekatan barista dengan para pelanggannya, baik itu secara personal ataupun secara fisik. Pelanggan yang duduk di meja gerobak bisa melihat sendiri pilihan biji kopi yang mereka tempatkan di atas gerobak, lalu memesannya secara acak, contohnya meminta rekomendasi kopi dari barista.

Beberapa pebisnis yang menjalankan tren bisnis ini bahkan memberikan izin pada pelanggan untuk menggiling sendiri biji kopi yang mereka inginkan, sehingga mereka bisa menentukan tingkat kehalusan kopinya.

Bila sedang tidak terlalu ramai pelanggan, pelanggan juga bisa menanyakan berbagai jenis kopi yang disajikan di atas gerobak pada barista dan mencari tahu cara seduh yang paling baik untuk jenis kopi tersebut.

Baca juga: Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik untuk Coffee Shop Anda

Penutup

Saat ini, bisnis kopi memang sudah menjadi tren yang membuat kita lebih mudah dalam menemukan kedai kopi di semua tempat.

Nah, untuk Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini, maka Anda harus memberikan nilai tambah agar bisnis Anda bisa terlihat beda dan menarik lebih banyak minat pelanggan, salah satunya adalah dengan menggunakan gerobak kopi.

Selain gerobak kopi, Anda juga bisa mengadaptasikan teknologi sistem POS atau aplikasi kasir dari Accurate POS di dalam bisnis Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka setiap proses transaksi akan terjadi secara cepat dan pelanggan bisa memilih berbagai metode pembayaran yang mereka inginkan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan berbagai promo yang menarik untuk pelanggan setia Anda.

Karena sudah terintegrasi langsung dengan ekosistem Accurate Online, aplikasi kasir ini juga akan membantu Anda mengelola pelanggan, persediaan, penjualan, pembelian, dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan.

Jadi tunggu apa lagi, segera coba Accurate POS sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.