Jenis-Jenis Pelanggan yang Akan Ditemui dalam Bisnis

Saat Anda menjalankan suatu usaha atau bisnis, Anda pasti nantinya akan menghadapi banyak sekali jenis-jenis pelanggan di dalam bisnis. Nah dalam hal ini, Anda bisa mengelompokan mereka menjadi beberapa kelompok yang berbeda-beda.

Lalu, apa saja jenis-jenis pelanggan yang nantinya bisa ditemui di dalam bisnis? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang jenis-jenis pelanggan di bawah ini hingga selesai.

Jenis-Jenis Pelanggan

Mungkin bagi Anda mengelompokkan pelanggan tidak terlalu penting, namun sebenarnya hal tersebut sangat penting untuk Anda lakukan agar bisa meningkatkan pelayanan bisnis pada pelanggan. Pelayanan yang Anda berikan pada para pelanggan harus menjadi hal yang Anda perhatikan.

Saat memberikan pelayanan pada pelanggan, ada baiknya Anda memahami setiap karakter pelanggan agar Anda bisa memberikan pelayanan yang maksimal.

Oleh karena itu, mengelompokkan pelanggan memiliki peranan yang penting. Nah, berikut ini adalah berbagai jenis-jenis pelanggan yang akan sering Anda temui dan berbagai cara dalam menghadapi mereka.

1. Pemburu Diskon

Pemburu diskon adalah jenis pelanggan yang akan sering Anda temui. Biasanya jenis pelanggan ini tidak terlalu memikirkan kualitas produk ataupun layanan yang Anda tawarkan. Mereka lebih mengutamakan keuntungan dari produk Anda.

Mereka akan lebih sering memikirkan cara mendapatkan produk atau jasa Anda dengan harga yang murah dan mendapatkan potongan harga, seperti ketika sedang ada promo.

Agar bisa menghadapi jenis-jenis pelanggan yang seperti ini, maka Anda harus bisa mempersiapkan diri untuk menjelaskan keuntungan produk dan hitungan produk secara detail. Dengan begitu, nantinya mereka akan berubah menjadi pelanggan yang loyal.

Baca juga: Jenis Strategi Pemasaran yang Harus Anda Coba

2. Pengoleksi Barang Premium

Jenis pelanggan yang satu ini umumnya lebih menyukai produk barang atau jasa yang lebih premium atau mewah. Mereka umumnya akan lebih memburu produk edisi terbatas dan memiliki nilai tinggi. Produk tersebut pun umumnya sangat sulit ditemukan di pasar, sehingga saat mereka mempunyai produk tersebut, mereka akan sangat bangga.

3. Mementingkan Kualitas

Berbeda dengan pelanggan lain yang mengincar harga lebih murah tanpa melihat kualitas didalamnya, jenis-jenis pelanggan ini akan lebih mengedepankan kualitas produk ataupun layanan yang Anda berikan tanpa mementingkan harganya.

Jenis pelanggan yang seperti ini umumnya akan mau melakukan transaksi kembali pada bisnis Anda bila produk Anda ternyata memuaskan tanpa mementingkan harga.

4. Pecinta Brand Tertentu

Jenis pelanggan yang satu ini akan lebih mengedepankan nama brand daripada yang lainnya. Mereka umumnya sudah mempunyai loyalitas tersendiri dalam suatu brand. Pelanggan ini juga akan lebih sulit untuk direbut hatinya karena mereka sudah merasa aman dengan menggunakan brand tersebut.

Bila Anda ingin menarik perhatian mereka untuk mencoba produk ataupun layanan baru, maka Anda harus mengeluarkan usaha yang lebih keras dalam menawarkan produk atau layanan jasa agar mereka mau menggunakan produk Anda.

5. Sangat Detail

Jenis pelanggan ini umumnya akan lebih banyak bertanya berbagai hal terkait produk Anda. Mereka akan menanyakan berbagai hal hingga ke akar-akarnya. Hal tersebut dikarenakan mereka mempunyai banyak pertimbangan yang matang, baik itu saat membeli produk ataupun membeli layanan jasa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, saat Anda bertemu dengan mereka, Anda harus bisa menguasai setiap detail produk agar Anda bisa menjelaskan produk dengan sangat baik dan mampu menjawab setiap pertanyaan yang mereka ajukan dengan lancar.

6. Pelanggan yang Tidak Berkomitmen

Jenis pelanggan ini umumnya hanya membeli produk sesuka hatinya saja. Membuat mereka untuk loyal pada produk yang Anda tawarkan adalah suatu hal yang sulit. Pasalnya, mereka angat sulit untuk berkomitmen pada satu produk saja.

Baca juga: Perbedaan Pemasaran dan Penjualan yang Ada Dalam Dunia Bisnis

Penutup

Demikianlah jenis-jenis pelanggan yang bisa Anda temui saat menjalankan bisnis. Anda bisa mulai mengelompokkan mereka sesuai dengan kriteria mereka masing-masing, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menargetkan strategi yang tepat untuk berbagai jenis pelanggan dan besar kemungkinan untuk mereka dalam membeli produk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan program loyalitas pelanggan dengan menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS. Anda juga bisa memberikan potongan harga pada setiap pelanggan yang sudah terdaftar menjadi member agar Anda dan setiap pelanggan bisa tetap memiliki hubungan yang saling menguntungkan.

Accurate POS juga akan membantu Anda dalam menyelesaikan setiap transaksi di konter kasir secara cepat dan setiap transaksinya akan tercatat secara otomatis hingga disajikan laporan penjualannya.

Lebih dari itu, Accurate POS juga akan membantu Anda dalam mengelola karyawan, melakukan penjualan, dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa langsung mencoba dan menggunakan Accurate POS sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.