Cara Ampuh Menambah Kas Bisnis di Tengah Krisis Ekonomi

Kita semua tentu sudah tahu bahwa banyak bisnis yang tutup mendadak karena harus bisa menerapkan berbagai cara baru dalam menjalankan bisnis akibat pandemi Covid-19. Pandemi menghadirkan berbagai tantangan yang sangat banyak untuk bisnis kecil, khususnya yang berhubungan dengan arus kas.

Saat kegiatan bisnis ini terhambat atau penjualan bisnis sedang mengalami penurunan, tentunya bisnis akan kehilangan sejumlah arus kas yang diperlukan untuk keberlangsungan operasional bisnis. Dalam hal ini, pebisnis harus memikirkan berbagai strategi jitu untuk menambah kasnya agar bisa tetap bertahan di tengah krisis ekonomi.

Upaya untuk menambah kas bisnis ini memang tidak secara langsung menjadi prioritas utama untuk para pebisnis. Terlebih lagi di awal pandemi lalu hal tersebut menjadi sulit untuk dilakukan.

Saat itu, berbagai langkah yang mungkin untuk dilakukan adalah dengan meminimalisir biaya operasional, mencari keringanan dari para pemasok, ataupun memanfaatkan berbagai stimulus dari pihak pemerintah.

Tapi, seiring diterapkannya pelonggaran pembatasan sosial dan bisnis pun sudah bisa bergerak kembali, maka tiba waktunya untuk pebisnis dalam menambah arus kas. Lalu, bagaimana caranya? Berikut kami berikan jawabannya untuk Anda.

Tambah Kas dengan Penawaran Deposit

Deposit diharapkan mampu menambah kas bisnis sekaligus menjaga loyalitas dari para pelanggan. Pada prinsipnya, penawaran deposit ini dilakukan untuk mengajak pelanggan dalam menyimpan saldo dalam jumlah tertentu yang di kemudian hari bisa Anda gunakan untuk berbelanja di gerai Anda. Jadi, seperti membayar lebih awal.

Saldo ini bisa berlaku dalam kurun waktu tertentu. Sebagai pemilik, Anda bisa menentukan masa berlakunya. Setiap pelanggan bisa melakukan transaksi, dan pembayaran bisa dilakukan dengan cara memotong saldo deposit.

Ada baiknya, penawaran deposit ini dilakukan dalam bentuk paket dengan nilai ekonomis. Sehingga, pelanggan pun bisa merasakan manfaat yang lebih banyak dengan membeli paket deposit.

Contohnya, bila Anda adalah pebisnis kafe, Anda bisa membuat paket deposit seharga 75 ribu, tapi pelanggan bisa menukarnya dengan minuman yang seharga 90 ribu.

Strategi ini tidak hanya bisa dilakukan untuk bisnis makanan dan minuman saja, tapi bisnis lain juga bisa melakukan hal yang sama. Misalnya untuk bisnis laundry, Anda bisa menyediakan paket deposit seharga 50 ribu yang setara nilainya dengan mencuci 12 kg. padahal dengan transaksi normal, nominal harga tersebut hanya cukup untuk mencuci baju seberat 10 kg.

Saldo deposit ini nantinya akan membuat para pelanggan memiliki sense of belonging bila terdapat kartu secara fisik, seperti halnya kartu e-money. Namun, hal ini akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan, dan hal tersebut tentu harus dihindari di tengah kondisi saat ini.

Jika bisnis Anda sudah terdaftar dalam aplikasi ojek online, Anda juga bisa membuat penawaran deposit di dalam aplikasi tersebut. Umumnya, layanan aplikasi ojek online menyediakan layanan penjualan paket deposit agar bisa mendukung para pebisnis UMKM di masa pandemi seperti saat ini.

Baca juga: Ingin jadi Pebisnis UMKM yang Sukses? ini 4 Keterampilan yang Harus Anda Kuasai

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang cara ampuh menambah kas bisnis di tengah krisis ekonomi. Bila Anda sudah mendapatkan banyak deposit, jangan lupa juga untuk mengelolanya dengan baik dan benar. Caranya dengan mencatat dana tersebut dalam laporan keuangan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan Accurate POS Beta. Dengan menggunakan software POS ini, Anda bisa melakukan integrasi langsung dengan aplikasi Accurate Online, sehingga Anda bisa mendapatkan laporan keuangan yang cepat, otomatis, dan akurat.

Jadi, sudahkan Anda menikmati fitur integrasi pada Accurate POS Beta? Bagaimana pengalaman Anda saat menggunakannya? Ayo kirim pengalaman Anda saat saat menggunakan Accurate POS Beta pada email yang sebelumnya sudah kami kirim agar kami bisa terus memberikan layanan aplikasi kasir terbaik untuk Anda.