Ingin jadi Pebisnis UMKM yang Sukses? Ini 4 Keterampilan yang Harus Anda Kuasai

Terdapat banyak sekali keterampilan berbisnis yang bisa Anda kuasai. Namun, ada beberapa keterampilan khusus yang penting untuk bisa dikuasai sebagai modal utama dalam membangun bisnis UMKM.

Nah, bila Anda ingin mencoba dan berani untuk membuka usaha sendiri, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu apakah Anda sudah menguasai keterampilan penting tersebut atau belum.

Apa saja ketarampilan yang dimaksud? temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

1. Kemampuan Komunikasi dan Mambangun Jaringan Bisnis yang Luas

Modal utama untuk menjadi pebisnis UMKM tidak hanya terletak pada besar atau kecilnya uang yang Anda miliki saat ini, namun pada seberapa cakapnya Anda dalam melakukan komunikasi dan juga menjalin relasi bisnis dengan orang lain.

Ada banyak sekali pebisnis besar yang menjadikan keterampilan ini menjadi keterampilan utamanya. Kenapa? Karena dengan keterampilan komunikasi yang baik dan relasi yang baik, akan ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa Anda dapatkan, terlebih lagi bila Anda berniat untuk membangun bisnis yang baru.

Baca juga: 3 Keuntungan Fantastis Saat Menerapkan Pembayaran QR Code di Kasir

2. Pandai Menganalisis Data

Perusahaan UMKM cenderung mempunyai skala bisnis yang kecil karena modal awal yang dimilikinya pun tidaklah banyak. Untuk itu, setiap hal yang ada di dalamnya harus dilakukan secara cermat agar mampu meminimalisir setiap risiko yang mungkin akan terjadi.

Jangan sampai modal usaha yang tidak terlalu banyak tersebut habis dan harus memperbaiki segala bisnis yang harus diambil. Syarat paling utama agar hal tersebut tidak terjadi adalah terampil dalam menganalisa setiap data, sehingga Anda bisa memperkirakan berapa banyak dana yang harus Anda siapkan ketika harus mengeksekusi strategi bisnis yang disusun.

Baca juga: Ingin Melakukan Evaluasi Bisnis? Perhatikan 4 Tanda ini!

3. Efisien dalam Mengatur Sumber Daya

Prinsip bisnis yang paling umum digunakan adalah mengeluarkan biaya seminim mungkin agar mampu menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya. Dalam bisnis UMKM, prinsip ini sangat penting sekali agar usaha yang dijalankan tidak gulung tikar.

Terampil dalam mengatur sumber daya tidak hanya terbatas pada memikirkan berbagai pos pengeluaran yang tepat saja, namun juga cermat dalam hal mengatur sumber daya yang lainnya. Seperti jam kerja karyawan yang efektif agar tingkat produktivitas bisa terus terjaga tanpa harus memberikan beban yang berlebih pada karyawan yang dipekerjakannya.

4. Kreatif dalam Memanfaatkan Celah

Berbisnis tidak melulu tentang menyediakan barang dan menjualnya pada pelanggan akhir. Terkadang, pebisnis juga harus lebih cermat dalam memperhatikan setiap peluang yang ada. Kapan saatnya meluncurkan produk ataupun jasa baru, dan kapan waktu yang paling baik dalam merilis promo tertentu, serta kapan harus memfokuskan perhatian pada pelanggan yang sudah ada.

Telaten dalam mengikuti arus perkembangan berita dunia juga mampu membantu Anda dalam mengasah keterampilan ini, atau bisa juga dengan melakukan analisa data ataupun tren yang sudah ada agar bisa memperkirakan kesempatan selanjutnya tiba agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Baca juga: Tingkatkan Keuntungan Bisnis Anda Dengan Sistem Order Online!

Penutup

Bila Anda sudah memiliki beberapa keterampilan bisnis di atas yang bisa dijadikan modal dalam menjalani bisnis UMKM, maka Anda bisa lebih mudah untuk terus maju dan berkembang dibandingkan dengan pebisnis lain yang tidak memiliki keterampilan tersebut.

Ditambah lagi bila Anda jeli dalam memanfaatkan berbagai teknologi digital terbaru seperti aplikasi kasir Accurate POS Beta yang mampu membantu Anda dalam memaksimalkan potensi serta keterampilan yang sudah Anda miliki dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya. 

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama ini setelah menggunakan Accurate POS Beta? Yuk, ceritakan pengalaman Anda dengan membalas email yang sebelumnya sudah kami kirim. Saran dan kritik dari Anda sangat berarti untuk membuat Accurate POS yang lebih baik.