Pengertian Bisnis Digital, Kelebihan, dan 10+ Contohnya

oleh | Nov 22, 2023

source envato.

Pengertian Bisnis Digital, Kelebihan, dan 10+ Contohnya

Pada dasarnya, pengertian bisnis digital adalah sebuah istilah yang semakin mendominasi dunia bisnis di era modern ini, menandai pergeseran paradigma fundamental dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Bisnis digital mengacu pada kegiatan ekonomi yang berpusat di sekitar teknologi dan internet, dimana bisnis dapat dibangun, dijalankan, dan diperluas secara global tanpa batasan fisik yang signifikan.

Pengertian bisnis digital yang mencakup sejumlah elemen penting ini telah menjadi fokus utama para pengusaha, akademisi, dan pengamat bisnis di seluruh dunia.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari lebih dalam mengenai pengertian bisnis digital, menggali esensi dari konsep ini, serta bagaimana peranannya dalam merubah lanskap bisnis global. Untuk itu, baca terus artikel tentang bisnis digital di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Bisnis Digital

Pengertian Bisnis Digital

ilustrasi pengertian bisnis digital. source envato

Dilansir dari laman Wikipedia, pengertian bisnis digital merujuk pada bentuk-bentuk kegiatan ekonomi yang berpusat pada pemanfaatan teknologi digital dan platform online untuk melakukan transaksi, komunikasi, pemasaran, dan pengelolaan bisnis.

Di dalamnya mencakup berbagai model bisnis, seperti e-commerce, periklanan digital, layanan berlangganan, dan banyak lainnya, yang semuanya bergantung pada infrastruktur teknologi informasi dan internet.

Bisnis digital berbeda dari bisnis konvensional dalam hal bahwa bisnis digital sangat tergantung pada kemampuan untuk beroperasi secara daring (online) dan menggunakan berbagai alat digital, seperti situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan platform e-commerce.

Hal ini memungkinkan bisnis digital untuk mencapai pasar yang lebih luas, meningkatkan efisiensi operasional, dan memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan.

Selain itu, bisnis digital sering kali berfokus pada pengumpulan dan analisis data untuk mengambil keputusan strategis yang lebih baik, serta untuk memahami preferensi dan perilaku pelanggan.

Kecepatan perubahan dan adaptasi teknologi juga merupakan ciri khas bisnis digital, di mana perusahaan harus selalu siap untuk berinovasi dan beradaptasi dengan tren dan perkembangan baru dalam dunia digital.

Dalam bisnis digital, inovasi, fleksibilitas, kecepatan, dan pemanfaatan teknologi menjadi kunci kesuksesan. Itulah mengapa pengertian bisnis digital sangat penting dalam konteks ekonomi modern yang semakin terhubung secara digital.

Baca juga: 10+ Strategi  Efektif Menjalankan Bisnis Emas Demi Memaksimalkan Keuntungan

Apa Saja yang Termasuk Bisnis Digital?

Apa Saja yang Termasuk Bisnis Digital?

ilustrasi pengertian bisnis digital. source envato

Setelah mengetahui pengertian bisnis digital secara lengkap, kita harus mengetahui beberapa contoh bidang bisnis digital. Berikut adalah beberapa contoh bidang yang termasuk dalam bisnis digital:

1. E-Commerce

Penjualan produk dan layanan secara online melalui toko online, pasar elektronik, dan platform e-commerce seperti Amazon, eBay, dan Tokopedia.

2. Periklanan Digital

Perusahaan yang mengiklankan produk dan layanan mereka melalui berbagai saluran digital seperti iklan online, iklan video, iklan media sosial, dan iklan mesin pencari.

3. Layanan Berlangganan

Bisnis yang menawarkan layanan berulang secara digital, seperti streaming video (Netflix, Disney+), streaming musik (Spotify, Apple Music), dan aplikasi berbayar.

4. Aplikasi Seluler

Pengembangan dan penjualan aplikasi seluler untuk platform seperti iOS dan Android. Ini termasuk aplikasi permainan, aplikasi produktivitas, dan banyak lagi.

5. Media Sosial

Bisnis yang berfokus pada pembuatan konten, pemasaran, dan promosi melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.

6. Layanan Cloud

Penyedia layanan infrastruktur komputasi awan seperti AWS (Amazon Web Services), Microsoft Azure, dan Google Cloud yang menyediakan komputasi, penyimpanan, dan layanan lainnya untuk bisnis.

7. Fintech (Teknologi Keuangan)

Perusahaan yang menyediakan layanan keuangan secara digital, seperti pembayaran digital, perbankan daring, investasi online, dan cryptocurrency.

8. Edtech (Teknologi Pendidikan)

Bisnis yang fokus pada pengembangan dan penjualan solusi pendidikan digital, seperti platform pembelajaran daring, kursus online, dan aplikasi pendidikan.

9. Healthtech (Teknologi Kesehatan)

Perusahaan yang menggabungkan teknologi digital dalam industri kesehatan, seperti aplikasi kesehatan, telemedicine, dan perangkat medis pintar.

10. Internet of Things (IoT)

Bisnis yang mengembangkan perangkat yang terhubung dengan internet, seperti pintu pintar, perangkat rumah pintar, dan sensor industri.

11. Big Data dan Analitik

Perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pengumpulan, analisis, dan pemrosesan data besar untuk menghasilkan wawasan bisnis.

12. Pemasaran Digital

Bisnis yang menyediakan layanan pemasaran online, seperti optimisasi mesin pencari (SEO), manajemen iklan, dan pemasaran konten.

13. Robotika dan Otomatisasi

Perusahaan yang mengembangkan dan menjual teknologi otomatisasi, seperti robot industri dan solusi otomatisasi proses bisnis.

14. Bisnis Berbasis Aplikasi

Perusahaan yang mengandalkan aplikasi dan perangkat seluler sebagai model utama untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mengelola operasinya.

15. Pelayanan Konsultasi Digital

Perusahaan yang menawarkan konsultasi dan layanan profesional dalam berbagai aspek bisnis digital, termasuk strategi digital, keamanan siber, dan pengembangan web.

Bisnis digital terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, dan bidang-bidang ini merupakan contoh-contoh umum yang mencerminkan diversifikasi dalam ekosistem bisnis digital.

Baca juga: Cara Mudah Membangun Bisnis Parfurm Merk Sendiri dan Potensi Keuntungannya

Apa Saja Kelebihan Bisnis Digital

Apa Saja Kelebihan Bisnis Digital

ilustrasi pengertian bisnis digital. source envato

Setelah mengetahui pengertian bisnis digital dan contohnya, kita harus mengetahui kelebihan dalam menjalankan bisnis yang satu ini. Bisnis digital memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikannya pilihan yang menarik bagi banyak pengusaha dan perusahaan. Beberapa kelebihan utama bisnis digital adalah sebagai berikut:

1. Akses Global

Bisnis digital dapat mencapai pasar global dengan relatif mudah. Dengan mengandalkan internet, perusahaan dapat menjual produk dan layanan mereka kepada pelanggan di seluruh dunia tanpa batasan geografis yang signifikan.

2. Biaya Operasional yang Rendah

Bisnis digital sering kali memerlukan investasi awal yang lebih rendah dibandingkan bisnis fisik. Biaya operasional seperti penyewaan tempat fisik, inventaris, dan biaya pengangkutan dapat diminimalkan.

3. Kemudahan Skalabilitas

Bisnis digital lebih mudah untuk ditingkatkan dan disesuaikan dengan pertumbuhan. Perusahaan dapat dengan cepat menambah kapasitas dan sumber daya ketika permintaan meningkat.

4. Analitik dan Pelacakan

Bisnis digital memungkinkan penggunaan analitik dan alat pelacakan untuk memahami perilaku pelanggan, preferensi, dan tren. Ini dapat digunakan untuk membuat keputusan strategis yang lebih baik.

5. Interaksi dengan Pelanggan

Melalui media sosial dan platform digital lainnya, bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Ini memungkinkan umpan balik yang lebih cepat dan personalisasi layanan.

6. Kemudahan Pemasaran

Pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk menargetkan iklan kepada audiens yang lebih spesifik dan mengukur hasil kampanye dengan lebih baik.

7. Fleksibilitas Waktu

Bisnis digital sering kali beroperasi secara daring, yang dapat memberikan fleksibilitas dalam jadwal kerja dan lokasi kerja.

8. Inovasi Cepat

Bisnis digital memungkinkan perusahaan untuk mengadopsi inovasi teknologi dengan cepat, sehingga dapat bersaing lebih baik dalam pasar yang berubah dengan cepat.

9. Keamanan dan Perlindungan Data

Perusahaan dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi data pelanggan dan transaksi bisnis melalui berbagai tindakan keamanan siber.

10. Keterjangkauan

Bisnis digital dapat menciptakan peluang bagi pengusaha dengan anggaran terbatas untuk memulai usaha dengan biaya relatif rendah.

11. Kemitraan dan Kolaborasi

Kemudahan komunikasi dan kolaborasi online memungkinkan perusahaan untuk bermitra dengan entitas lain dan menciptakan jejaring yang lebih luas.

Namun, penting untuk diingat bahwa bisnis digital juga memiliki tantangan dan risiko tersendiri, termasuk persaingan sengit, masalah keamanan siber, dan perubahan cepat dalam tren teknologi. Oleh karena itu, perencanaan yang baik dan strategi yang matang sangat penting untuk kesuksesan bisnis digital.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Penutup

Jadi, dibalik pengertian bisnis digital yang sangat kompleks, bisnis digital mampu menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya menarik bagi banyak pengusaha dan perusahaan.

Contohnya seperti akses global, biaya operasional yang rendah, kemudahan skalabilitas, analitik dan pelacakan, interaksi dengan pelanggan, kemudahan pemasaran, fleksibilitas waktu, inovasi cepat, keamanan data, keterjangkauan, kemitraan, dan kolaborasi.

Meskipun bisnis digital menawarkan peluang besar, perlu diingat bahwa juga ada tantangan dan risiko, termasuk persaingan sengit dan masalah keamanan siber. Oleh karena itu, perencanaan dan strategi yang matang sangat penting untuk menjalankan bisnis digital dengan sukses.

Selain itu, terus beradaptasi dengan perkembangan terkini juga sangat penting agar bisnis Anda tetap relevan dan bersaing. Salah satu adapatasi yang harus Anda pertimbangkan adalah menggunakan aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Aplikasi ini akan mempercepat proses transaksi di konter kasir melalui berbagai metode pembayaran, mencatat transaksi secara otomatis, mengelola persediaan, menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis, hingga menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Jadi, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis, bahkan bukan tidak mungkin Anda memiliki banyak cabang bisnis.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung menggunakan Accurate POS selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait