Pengertian Brand Management dan Strategi Efektif Menerapkannya

oleh | Okt 13, 2023

source envato.

Pengertian Brand Management dan Strategi Efektif Menerapkannya

Brand management merupakan salah satu aspek penting dalam dunia bisnis modern. Dalam era di mana persaingan semakin ketat, menciptakan dan mempertahankan brand image yang kuat menjadi landasan utama kesuksesan perusahaan.

Dalam lingkup bisnis, brand tidak sekadar merupakan nama atau logo. Ia mencakup identitas perusahaan, nilai-nilai yang diusung, dan hubungan emosional dengan pelanggan. Oleh karena itu, brand management bukanlah tugas yang sepele, melainkan suatu seni yang memerlukan perencanaan dan eksekusi yang cermat.

Pada kesempatan kali ini, mari kita pelajari bersama tentang peran penting brand management dalam membentuk persepsi pelanggan, meningkatkan loyalitas, serta menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan.

Selain itu, kita juga akan mengeksplorasi bagaimana strategi-strategi inovatif dalam brand management dapat menghadirkan peluang pertumbuhan yang signifikan.

Pengertian Brand Management

Pengertian Brand Management

ilustrasi brand management. source envato

Berdasarkan laman Wikipedia, brand management, dalam konteks bisnis dan pemasaran, merujuk pada serangkaian strategi, keputusan, dan tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengelola, memelihara, dan mengembangkan citra brandnya.

Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan nilai tambah bagi brand tersebut di mata pelanggan, menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan, dan membedakan brand dari pesaing di pasar.

Pengelolaan brand melibatkan berbagai aspek, yaitu:

  • Penetapan Brand Identity: Brand management melibatkan pengembangan identitas brand yang jelas, termasuk logo, nama brand, warna, dan elemen-elemen lain yang dapat dikenali oleh pelanggan.
  • Penentuan Nilai-Nilai Brand: Brand seringkali diasosiasikan dengan nilai-nilai tertentu, dan brand management berfokus pada pengkomunikasian dan penguatan nilai-nilai ini.
  • Pengembangan Strategi Pemasaran: Di dalamnya mencakup pengembangan kampanye periklanan, pemasaran online, promosi, dan strategi lainnya untuk mempromosikan brand kepada target pasar.
  • Pengawasan Kualitas Produk dan Layanan: Brand management juga memastikan bahwa produk atau layanan yang terkait dengan brand tersebut memenuhi standar kualitas yang diharapkan oleh pelanggan.
  • Manajemen Reputasi: Brand management akan melibatkan manajemen brand reputation, termasuk menangani respons terhadap kritik atau peristiwa yang dapat memengaruhi citra brand.
  • Pengukuran Kinerja Brand: Evaluasi terus-menerus terhadap kinerja brand, termasuk pengukuran loyalitas pelanggan, kesadaran brand, dan pertumbuhan penjualan, merupakan bagian penting dari brand management.

Pengelolaan brand yang efektif dapat membantu perusahaan mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar, menciptakan loyalitas pelanggan, dan menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan.

Kesadaran akan pentingnya brand dalam lingkungan bisnis yang kompetitif telah menjadikannya sebagai elemen penting dalam strategi pemasaran dan pertumbuhan perusahaan.

Baca juga: Pengertian Purchasing Management dan 10 Cara Mudah Menjalankannya

Fungsi Brand Management

Fungsi Brand Management

ilustrasi brand management. source envato

Brand management memiliki beberapa fungsi penting dalam konteks bisnis dan pemasaran. Fungsi-fungsi ini membantu perusahaan mengelola brand mereka dengan baik, menciptakan nilai tambah, dan membangun hubungan positif dengan pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utamanya:

1. Mengidentifikasi dan Membentuk Brand Identity

Salah satu fungsi utamanya adalah mengidentifikasi dan membentuk identitas brand. Di dalammnya melibatkan pengembangan elemen-elemen seperti logo, nama brand, warna, dan nilai-nilai yang akan menjadi ciri khas brand tersebut.

Brand identity yang kuat akan membantu brand menjadi lebih mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan.

2. Membangun Brand Awareness

Brand management bertanggung jawab untuk membangun kesadaran brand di antara target pasar. Hal ini dilakukan melalui berbagai strategi pemasaran, termasuk iklan, promosi, konten marketing, dan brand presence di media sosial. Membangun awareness adalah langkah awal untuk menarik perhatian pelanggan potensial.

3. Mengembangkan Brand Image

Brand management berperan penting dalam mengembangkan brand image yang positif. Di dalamnya harus memastikan bahwa brand dilihat sebagai brand yang terbaik dalam kategori atau industri tertentu, serta memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan.

4. Membentuk Loyalitas Pelanggan

Brand management membantu membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang merasa terhubung secara emosional dengan brand dan merasakan nilai tambah dari produk atau layanan brand tersebut lebih cenderung untuk tetap setia.

5. Mengelola Portofolio Brand

Banyak perusahaan memiliki beberapa brand dalam portofolio mereka. Brand management membantu mengelola portofolio brand dengan strategi yang sesuai, memastikan bahwa setiap brand memiliki posisi yang jelas dan tumpang tindih dihindari.

6. Pengembangan Strategi Pemasaran

Brand management terlibat dalam pengembangan strategi pemasaran yang efektif. Di dalamnya mencakup perencanaan kampanye periklanan, promosi, dan aktivitas pemasaran lainnya untuk memaksimalkan dampak brand.

7. Manajemen Krisis dan Reputasi

Jika terjadi krisis atau masalah yang dapat merusak citra brand, brand management akan berperan dalam merespons dengan cepat dan efektif untuk meminimalkan dampak negatifnya. Manajemen reputasi juga menjadi bagian penting dari tanggung jawab brand management.

8. Pengukuran Kinerja Brand

Brand management melibatkan pengukuran kinerja brand dengan metrik seperti kesadaran brand, tingkat kepuasan pelanggan, dan pertumbuhan penjualan. Sehingga akan membantu dalam menilai efektivitas strategi brand management yang diimplementasikan.

Dengan menjalankan fungsi-fungsi ini secara efektif, brand management membantu perusahaan memaksimalkan nilai brand mereka, menciptakan keunggulan kompetitif, dan mencapai kesuksesan jangka panjang di pasar.

Baca juga: Pengertian Integrasi Horizontal dan 8 Manfaat Utamanya

Strategi Efektif dalam Menjalankan Brand Management

Strategi Efektif dalam Menjalankan Brand Management

ilustrasi brand management. source envato

Brand management adalah aspek penting dalam menciptakan, mengelola, dan mempertahankan brand image yang kuat di mata pelanggan. Untuk menjalankan brand management secara efektif, perusahaan perlu mengadopsi strategi-strategi yang sesuai dengan tujuan brand mereka.

Berikut ini adalah beberapa strategi efektif dalam menjalankannya:

1. Pahami Tujuan Brand Anda

Langkah pertama dalam brand management adalah memahami tujuan utama brand Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan brand tersebut? Apakah Anda ingin menjadi pemimpin pasar dalam kategori tertentu, atau Anda ingin dikenal sebagai brand yang ramah lingkungan? Memahami tujuan brand akan membantu Anda merancang strategi yang sesuai.

2. Kembangkan Brand Identity yang Kuat

Identitas brand yang kuat adalah landasan brand management yang berhasil. Pastikan identitas brand Anda mencerminkan nilai-nilai, kepribadian, dan visi brand dengan jelas, seperti logo, nama brand, warna, dan bahasa brand.

3. Segmentasi Pasar yang Tepat

Identifikasi dan segmenkan target pasar Anda dengan baik. Setiap segmen mungkin memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda, jadi pastikan strategi brand management Anda mengakomodasi setiap segmen dengan cara yang relevan.

4. Kembangkan dan Pertahankan Konsistensi Brand

Konsistensi adalah kunci dalam brand management. Pastikan bahwa identitas, pesan, dan pengalaman pelanggan dengan brand Anda konsisten di seluruh saluran dan titik kontak dengan pelanggan, termasuk online dan offline.

5. Berkomunikasi dengan Jelas dan Efektif

Buatlah strategi komunikasi yang efektif untuk mengkomunikasikan nilai dan pesan brand Anda kepada pelanggan, seperti pengembangan kampanye periklanan, konten media sosial, dan komunikasi dalam organisasi.

6. Bangun Hubungan Emosional dengan Pelanggan

Menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan adalah salah satu tujuan utama brand management.  Hal ini dapat dicapai dengan memahami kebutuhan, keinginan, dan nilai-nilai pelanggan Anda, serta berinteraksi dengan mereka secara pribadi dan bermakna.

7. Berinovasi dengan Bijak

Selalu mencari peluang untuk berinovasi dan berkembang sesuai dengan perubahan pasar dan tren konsumen. Terus perbarui dan perbaiki produk atau layanan Anda agar tetap relevan dan menarik.

8. Pantau dan Evaluasi Kinerja Brand

Gunakanlah metrik yang relevan untuk mengukur kinerja brand Anda. Evaluasi secara teratur bagaimana brand Anda diakui, dinilai, dan memengaruhi perilaku pelanggan.

9. Respons terhadap Umpan Balik dan Krisis

Tanggap terhadap umpan balik pelanggan dan tangani masalah atau krisis dengan cepat dan efektif. Hal ini dapat membantu menjaga reputasi brand Anda.

10. Berinvestasi dalam Pengembangan Karyawan

Pastikan karyawan Anda memahami dan mendukung brand Anda. Mereka adalah duta brand yang penting dan harus dilibatkan dalam proses brand management.

11. Selalu Belajar dan Berkembang

Dunia bisnis terus berubah, dan strategi brand management juga harus beradaptasi. Selalu terbuka untuk belajar dan menganalisis tren pasar serta perkembangan dalam industri Anda.

Dengan menggabungkan strategi-strategi ini dengan baik, perusahaan dapat menjalankan brand management yang efektif dan menciptakan brand yang kuat dan berkelanjutan di pasar.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Penutup

Brand management adalah suatu seni yang memerlukan perencanaan dan eksekusi yang cermat untuk menciptakan, memelihara, dan memperkuat citra brand yang kuat. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, brand yang dikelola dengan baik dapat menjadi aset yang paling berharga bagi sebuah perusahaan.

Dengan memahami tujuan brand, mengembangkan identitas yang kuat, dan menerapkan strategi-strategi yang efektif, perusahaan dapat mencapai kesuksesan jangka panjang di pasar.

Selain itu, brand management juga melibatkan pengelolaan reputasi brand, interaksi yang berarti dengan pelanggan, dan adaptasi terhadap perubahan dalam industri dan pasar.

Teruslah berinovasi, evaluasi kinerja brand Anda, dan respons dengan bijak terhadap perubahan dan tantangan yang mungkin timbul.

Dengan komitmen terhadap brand management yang kuat, perusahaan dapat membangun brand yang tidak hanya menjadi pengenalan visual, tetapi juga cerminan dari nilai-nilai, kualitas, dan integritas perusahaan itu sendiri.

Brand yang kuat akan menjadi alat yang efektif dalam mencapai pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Anda di masa depan.

Namun, ada hal lain yang tidak boleh Anda lupakan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis, yaitu mencatat dan membuat laporan keuangan. Bila Anda tidak memiliki waktu atau kesulitan dalam melakukannya, Anda bisa mempercayakannya pada Accurate POS.

Aplikasi kasir digital ini tidak hanya akan mempercepat proses transaksi di konter kasir Anda saja, tapi juga akan membantu Anda dalam membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan, mengelola karyawan, mengelola aset dan persediaan, mengelola pelanggan, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate POS? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate POS selama 30 hari, Gratis.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

13 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait