Pengertian Competition Oriented Pricing, Kelebihan dan Kekurangannya

oleh | Jan 15, 2024

source envato.

Pengertian Competition Oriented Pricing, Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam era globalisasi yang semakin pesat, persaingan di dunia bisnis menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari. Salah satu strategi yang sering digunakan oleh pelaku usaha untuk memenangkan persaingan adalah melalui penetapan harga yang terukur dan efektif. Dalam konteks ini, konsep Competition oriented pricing muncul sebagai suatu pendekatan yang menempatkan persaingan sebagai fokus utama dalam menentukan harga produk atau layanan.

Competition oriented pricing mencerminkan pemahaman mendalam terhadap dinamika pasar dan strategi pesaing. Dalam mengimplementasikan strategi ini, perusahaan tidak hanya memperhatikan faktor internal seperti biaya produksi, tetapi juga secara cermat menganalisis harga yang diterapkan oleh pesaing di pasar.

Hal ini bertujuan untuk memposisikan produk atau layanan secara kompetitif, memberikan nilai tambah kepada konsumen, dan pada akhirnya, meraih keunggulan dalam persaingan bisnis.

Keberhasilan penerapan Competition oriented pricing memerlukan ketelitian analisis pasar, kreativitas dalam menyusun strategi, serta kesiapan untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi bisnis yang dinamis.

Dengan menjadikan persaingan sebagai pemandu utama dalam penetapan harga, perusahaan mampu meningkatkan daya saingnya di pasar dan menciptakan nilai tambah bagi para konsumen.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai konsep Competition oriented pricing, strategi penerapannya, serta dampaknya terhadap posisi pasar dan profitabilitas perusahaan.

Melalui pembahasan yang mendalam, diharapkan pembaca dapat memahami pentingnya pengelolaan harga yang berbasis persaingan dalam mencapai keberhasilan di tengah ketatnya persaingan bisnis modern.

Apa itu Competition Oriented Pricing?

Apa itu Competition Oriented Pricing?

ilustrasi competition oriented pricing . source envato

Berdasarkan laman resmi Investopedia, competition oriented pricing (COP) adalah suatu strategi penetapan harga yang didasarkan pada analisis dan respons terhadap harga yang diterapkan oleh pesaing di pasar. Dalam pendekatan ini, perusahaan menentukan harga produk atau layanannya dengan memperhatikan secara cermat tingkat harga yang saingan terapkan untuk produk atau layanan serupa.

Tujuan utama dari Competition oriented pricing adalah untuk memposisikan harga secara kompetitif di pasar dan meningkatkan daya saing perusahaan.

Penerapan Competition oriented pricing melibatkan pemantauan dan analisis terhadap kebijakan harga pesaing. Perusahaan akan mencoba menetapkan harga yang dapat bersaing secara efektif, baik itu dengan menawarkan harga yang lebih rendah untuk produk serupa atau memberikan nilai tambah lainnya agar harga yang ditetapkan tetap kompetitif.

Pendekatan ini seringkali dipilih ketika pasar sangat kompetitif dan harga menjadi faktor kunci dalam keputusan pembelian konsumen.

Strategi Competition oriented pricing dapat melibatkan berbagai taktik, seperti penetapan harga yang sejajar dengan pesaing utama, penetapan harga yang lebih rendah untuk meraih pangsa pasar lebih besar, atau penetapan harga yang lebih tinggi untuk menonjolkan kualitas atau keunggulan produk.

Analisis yang mendalam terhadap struktur pasar, perilaku pesaing, dan preferensi konsumen menjadi kunci untuk mengimplementasikan Competition oriented pricing dengan sukses.

Meskipun Competition oriented pricing dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam beberapa situasi, perusahaan juga perlu berhati-hati agar tidak terjebak dalam perlombaan harga yang merugikan profitabilitas jangka panjang.

Oleh karena itu, kebijakan harga yang seimbang dan berkelanjutan perlu dipertimbangkan untuk mencapai keseimbangan antara daya saing dan profitabilitas.

Baca juga: Pengertian Target Pricing dan Strategi Menerapkannya

Kelebihan Metode Competition Oriented Pricing

Kekurangan Competition oriented pricing

ilustrasi competition oriented pricing . source envato

Metode Competition oriented pricing memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang relevan bagi banyak perusahaan di lingkungan bisnis yang sangat kompetitif. Beberapa kelebihan utama dari metode ini antara lain:

1. Responsif terhadap Pasar

Competition oriented pricing memungkinkan perusahaan untuk secara cepat merespons perubahan dalam lingkungan bisnis dan pasar. Dengan memantau harga pesaing, perusahaan dapat mengadaptasi harga mereka sesuai dengan dinamika pasar yang terus berubah.

2. Memaksimalkan Daya Saing

Dengan menyesuaikan harga produk atau layanan dengan harga pesaing, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka tetap bersaing secara efektif. Hal ini dapat membantu mereka mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar mereka.

3. Meningkatkan Ketertarikan Konsumen

Harga yang bersaing atau lebih rendah dari pesaing dapat menjadi faktor penarik bagi konsumen. Ini dapat menciptakan persepsi nilai yang baik di mata konsumen dan mendorong keputusan pembelian.

4. Peningkatan Fleksibilitas

Competition oriented pricing memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menyesuaikan harga. Perusahaan dapat menyesuaikan harga untuk merespons perubahan biaya produksi atau faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi strategi harga.

5. Mengurangi Risiko Harga

Dengan menentukan harga berdasarkan pada apa yang dilakukan pesaing, perusahaan dapat mengurangi risiko kesalahan dalam penetapan harga. Mereka dapat belajar dari praktik terbaik dan kegagalan pesaing tanpa harus mengambil risiko besar secara mandiri.

6. Memotivasi Inovasi

Persaingan dapat mendorong perusahaan untuk mencari cara-cara baru untuk meningkatkan nilai produk atau layanan mereka. Ini dapat memicu inovasi dan peningkatan kualitas, karena perusahaan bersaing untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Meskipun Competition oriented pricing memiliki kelebihan, penting untuk diingat bahwa kebijakan harga perlu disesuaikan dengan strategi bisnis keseluruhan dan tujuan jangka panjang perusahaan.

Penggunaan metode ini sebaiknya didukung oleh analisis pasar yang mendalam dan pemahaman yang baik tentang posisi pesaing serta kebutuhan dan preferensi konsumen.

Baca juga: Process Costing, Metode Penting Untuk Membiayai Suatu Produk

Kekurangan Competition oriented pricing

Kelebihan Metode Competition Oriented Pricing

ilustrasi competition oriented pricing . source envato

Meskipun Competition oriented pricing memiliki sejumlah kelebihan, pendekatan ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan:

1. Ketidakpastian Profitabilitas

Fokus utama pada harga pesaing dapat mengakibatkan tekanan pada profitabilitas perusahaan. Jika perusahaan terlalu agresif menurunkan harga untuk bersaing, dapat terjadi penurunan margin keuntungan, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan keuangan jangka panjang.

2. Kurangnya Diferensiasi Produk

Jika perusahaan terlalu fokus pada harga pesaing, risiko utamanya adalah kurangnya diferensiasi produk atau layanan. Ini dapat membuat produk perusahaan sulit dibedakan di mata konsumen, yang pada akhirnya dapat mengarah pada persaingan berbasis harga semata.

3. Risiko Perlombaan Harga

Competition oriented pricing dapat memicu perlombaan harga di pasar, di mana pesaing saling menurunkan harga untuk menarik pelanggan. Hal ini bisa mengarah pada situasi di mana keuntungan bersih berkurang secara keseluruhan di industri tertentu.

4. Tidak Menangkap Nilai Produk Secara Penuh

Metode ini mungkin tidak memungkinkan perusahaan menangkap nilai sebenarnya dari produk atau layanan mereka. Harga yang rendah mungkin membuat konsumen kurang menghargai nilai tambah atau keunggulan tertentu yang ditawarkan.

5. Tidak Berfokus pada Keberlanjutan

Pendekatan yang terlalu bergantung pada harga pesaing dapat menjadi tidak berkelanjutan dalam jangka panjang. Perusahaan mungkin menemui kesulitan jika pesaing mengubah strategi mereka atau jika terjadi perubahan signifikan dalam biaya produksi.

6. Ketidakmampuan Mengatasi Biaya Tinggi

Jika biaya produksi perusahaan lebih tinggi daripada pesaing, menetapkan harga berdasarkan kompetisi mungkin tidak cukup untuk menjaga keuntungan. Hal ini dapat mengakibatkan tekanan pada profitabilitas dan keberlanjutan bisnis.

7. Pentingnya Penetapan Harga Berbasis Nilai

Dalam beberapa kasus, penentuan harga berdasarkan biaya dan nilai yang ditambahkan kepada pelanggan mungkin lebih strategis daripada hanya menyesuaikan harga dengan pesaing.

Oleh karena itu, sementara Competition oriented pricing dapat menjadi strategi yang efektif, perusahaan perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan ini secara cermat serta memadukannya dengan strategi harga yang lebih holistik sesuai dengan tujuan bisnis mereka.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Penutup

Dalam kesimpulan, Competition oriented pricing adalah suatu metode penetapan harga yang berfokus pada respons terhadap harga pesaing di pasar.

Meskipun metode ini memiliki kelebihan dalam responsivitas terhadap dinamika pasar dan peningkatan daya saing, ada pula beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh perusahaan.

Penerapan Competition oriented pricing memerlukan keseimbangan yang baik antara menjaga daya saing dan memastikan profitabilitas jangka panjang. Risiko perlombaan harga, penurunan margin keuntungan, dan kurangnya diferensiasi produk dapat menjadi tantangan yang perlu diatasi.

Oleh karena itu, perusahaan perlu menggabungkan strategi harga ini dengan pemahaman mendalam tentang pasar, pesaing, dan kebutuhan konsumen.

Penting untuk diingat bahwa penentuan harga tidak boleh hanya berfokus pada kompetisi semata. Strategi penetapan harga yang holistik harus mencakup pertimbangan terhadap biaya produksi, nilai tambah produk, dan citra merek.

Sementara Competition oriented pricing dapat menjadi alat yang efektif dalam konteks persaingan yang sengit, penggunaannya haruslah cerdas dan terintegrasi dengan strategi bisnis keseluruhan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat mencapai keseimbangan yang optimal antara daya saing dan profitabilitas.

Untuk lebih memaksimalkan hal tersebut, Anda bisa mengandalkan aplikasi kasir digital dari Accurate POS. Aplikasi yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online ini tidak hanya mampu mempercepat proses transaksi di konter kasir saja, tapi juga akan membantu Anda dalam mengelola bisnis secara keseluruhan.

Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan daya saing dan meningkatkan keuntungan profit bisnis Anda. Bahkan, Anda bisa mencapai kesuksesan bisnis.

Buktikan sendiri dengan mencoba Accurate POS selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

15 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Ayunda

Artikel Terkait