Pengertian Target Pricing dan Strategi Menerapkannya

oleh | Jan 10, 2024

source envato.

Pengertian Target Pricing dan Strategi Menerapkannya

Dalam era globalisasi ini, di mana persaingan bisnis semakin ketat, strategi pricing menjadi salah satu kunci utama kesuksesan suatu perusahaan. Keputusan pricing tidak hanya sekadar menentukan harga produk atau jasa, tetapi juga mencerminkan nilai tambah yang diberikan kepada konsumen. Salah satu pendekatan yang semakin mendapatkan perhatian adalah target pricing.

Target pricing merupakan suatu metode yang digunakan perusahaan untuk menetapkan harga produk atau jasa berdasarkan harga yang diinginkan oleh konsumen atau pasar. Dengan kata lain, perusahaan menentukan harga berdasarkan segmentasi pasar dan keinginan konsumen, sehingga dapat mencapai target laba yang diinginkan.

Pentingnya strategi pricing terletak pada kemampuan perusahaan untuk menawarkan nilai yang sepadan dengan harga yang ditetapkan. Dengan menggunakan pendekatan target pricing, perusahaan dapat lebih fleksibel dalam menyesuaikan harga dengan kebutuhan pasar, menciptakan keunggulan kompetitif, dan meningkatkan daya saing.

eUntuk itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai konsep target pricing, keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan melalui penerapan strategi ini, serta beberapa langkah praktis untuk mengimplementasikannya secara efektif.

Melalui pemahaman mendalam terhadap target pricing, diharapkan perusahaan dapat mencapai keseimbangan optimal antara keuntungan dan kepuasan konsumen, menjadikan langkah-langkah pricing sebagai fondasi utama dalam meraih kesuksesan bisnis.

Pengertian Target Pricing

Pengertian Target Pricing

ilustrasi target pricing. source envato

Target pricing merupakan suatu metode penetapan harga yang didasarkan pada penetapan harga yang diinginkan oleh konsumen atau pasar, sebagai lawan dari menentukan harga berdasarkan biaya produksi atau persaingan di pasar, seperti yang dijelaskan dalam laman LinkedIn.

Dalam strategi target pricing, perusahaan menetapkan harga produk atau jasa dengan mempertimbangkan seberapa banyak konsumen bersedia membayar untuk nilai yang diberikan.

Keuntungan utama dari target pricing adalah kemampuannya untuk meningkatkan daya saing perusahaan dengan menyesuaikan harga sesuai dengan keinginan pasar. Pendekatan ini mendorong perusahaan untuk lebih fokus pada nilai yang diberikan kepada konsumen dan memahami dinamika pasar secara mendalam.

Meskipun demikian, perusahaan perlu menjaga keseimbangan antara harga yang diinginkan oleh pasar dan laba yang diinginkan untuk menjaga keberlanjutan bisnis.

Baca juga: Process Costing, Metode Penting Untuk Membiayai Suatu Produk

Manfaat Menerapkan Target Pricing

Manfaat Menerapkan Target Pricing

ilustrasi target pricing. source envato

Penerapan target pricing memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan dalam mengelola strategi harga dan meningkatkan daya saing. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari menerapkan target pricing:

1. Kesesuaian dengan Preferensi Konsumen

Target pricing memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga yang sesuai dengan preferensi dan kemampuan pembayaran konsumen. Dengan memahami pasar dan keinginan konsumen, perusahaan dapat menciptakan penawaran yang lebih menarik bagi target pasar mereka.

2. Keunggulan Kompetitif

Dengan menyesuaikan harga sesuai dengan keinginan pasar, perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Harga yang kompetitif dan sejalan dengan nilai yang diinginkan konsumen dapat meningkatkan daya tarik produk atau jasa perusahaan di pasaran.

3. Optimasi Laba

Target pricing memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga dengan mempertimbangkan target laba yang diinginkan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan laba mereka sambil tetap mempertahankan daya saing harga.

4. Fleksibilitas dalam Penyesuaian Harga

Perusahaan yang menerapkan target pricing lebih fleksibel dalam menyesuaikan harga mereka sesuai dengan perubahan pasar atau kondisi ekonomi. Hal ini memungkinkan respons yang cepat terhadap dinamika pasar dan persaingan.

5. Orientasi pada Nilai

Strategi target pricing mendorong perusahaan untuk fokus pada nilai yang diberikan kepada konsumen. Dengan memahami nilai tambah produk atau jasa, perusahaan dapat menciptakan penawaran yang lebih relevan dan mengakomodasi kebutuhan konsumen.

6. Penetrasi Pasar

Dengan menetapkan harga yang sesuai dengan tingkat permintaan pasar, perusahaan dapat menciptakan peluang penetrasi pasar yang lebih besar. Harga yang terjangkau dapat merangsang pertumbuhan penjualan dan memperluas pangsa pasar.

7. Peningkatan Kinerja Keuangan

Melalui penentuan harga yang bijak, perusahaan dapat mencapai keseimbangan optimal antara laba dan volume penjualan. Hal ini dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja keuangan perusahaan.

Penerapan target pricing membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan konsumen, tetapi dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk memaksimalkan nilai perusahaan di pasar yang kompetitif.

Baca juga: Activity Based Costing: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Contohnya

Strategi Menerapkan Target Pricing

Strategi Menerapkan Target Pricing

ilustrasi target pricing. source envato

Menerapkan target pricing memerlukan pendekatan yang sistematis dan cermat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk menerapkan target pricing dengan lengkap:

1. Pemahaman Pasar dan Konsumen

Lakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami karakteristik pasar dan kebutuhan konsumen. Identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian dan tentukan sejauh mana konsumen bersedia membayar untuk produk atau jasa.

2. Analisis Biaya

Hitung biaya produksi dan biaya operasional dengan cermat. Identifikasi elemen biaya yang relevan untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Ini mencakup biaya bahan baku, tenaga kerja, biaya distribusi, dan biaya lainnya yang terkait.

3. Tentukan Target Laba

Tetapkan target laba yang diinginkan oleh perusahaan. Tujuan laba ini harus mencerminkan ambisi perusahaan dan mempertimbangkan keberlanjutan operasional serta pertumbuhan masa depan.

4. Hitung Harga Target

Dengan memahami keinginan konsumen, analisis biaya, dan target laba, hitung harga target yang memungkinkan perusahaan mencapai laba yang diinginkan sambil tetap bersaing di pasar. Harga ini harus menawarkan nilai yang sesuai dengan preferensi konsumen.

5. Evaluasi Kondisi Pasar dan Persaingan

Tinjau kondisi pasar saat ini dan identifikasi tingkat persaingan. Perhatikan tren harga di pasar dan pelajari strategi pricing pesaing. Faktor-faktor ini dapat memengaruhi apakah harga target perusahaan dapat diterima oleh pasar.

6. Penyesuaian Produk atau Jasa

Jika harga target terlalu tinggi untuk diterima oleh pasar, pertimbangkan untuk menyesuaikan fitur atau karakteristik produk atau jasa. Ini bisa melibatkan perubahan dalam desain, kualitas, atau peningkatan nilai tambah lainnya.

7. Implementasi dan Pemantauan

Setelah harga target ditetapkan, implementasikan strategi pricing tersebut. Pantau respons pasar terhadap perubahan harga dan siap untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan. Lakukan evaluasi berkala terhadap kinerja strategi pricing.

8. Komunikasi Harga dengan Jelas

Pastikan komunikasi harga dilakukan dengan jelas kepada konsumen. Berikan alasan atau nilai tambah yang mendukung harga produk atau jasa. Transparansi dapat membangun kepercayaan konsumen.

9. Evaluasi dan Koreksi

Lakukan evaluasi berkala terhadap keberhasilan strategi pricing. Tinjau ulang data penjualan, laba, dan umpan balik konsumen. Jika diperlukan, lakukan koreksi terhadap strategi pricing untuk memastikan kesesuaian dengan perubahan pasar.

Menerapkan target pricing bukanlah proses sekali jalan, melainkan suatu rangkaian keputusan strategis yang perlu dipertimbangkan secara terus-menerus sesuai dengan perubahan di pasar dan tujuan perusahaan.

Baca juga: Apa itu Konsep Bisnis? Ini Pengertian dan Fungsinya!

Penutup

Menerapkan target pricing merupakan langkah strategis yang dapat memberikan sejumlah manfaat signifikan bagi perusahaan. Dengan memahami keinginan konsumen, menghitung biaya produksi dengan cermat, dan menetapkan target laba yang realistis, perusahaan dapat menciptakan harga yang bersaing di pasar.

Strategi ini membuka peluang untuk meningkatkan daya saing, merespons perubahan pasar dengan cepat, dan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.

Langkah-langkah dalam menerapkan target pricing melibatkan pemahaman mendalam tentang pasar, analisis biaya yang teliti, dan evaluasi terus-menerus terhadap kinerja strategi pricing.

Fleksibilitas dalam menyesuaikan harga dan produk, komunikasi yang jelas terkait nilai yang ditawarkan, serta kesediaan untuk melakukan koreksi jika diperlukan, semuanya merupakan elemen-elemen kunci dalam kesuksesan penerapan target pricing.

Dengan demikian, target pricing bukan hanya sekadar pendekatan harga, tetapi juga suatu bentuk komitmen terhadap kepuasan konsumen, keberlanjutan bisnis, dan pencapaian tujuan laba perusahaan.

Melalui penerapan strategi ini, perusahaan dapat membangun fondasi yang kokoh untuk meraih kesuksesan di pasar yang dinamis dan kompetitif.

Namun untuk menerapkan strategi ini, Anda harus bisa menentukan anggaran pemasaran yang tepat dan bisa mengelolanya dengan baik. Agar mudah dalam melakukannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi bisnis yang paling terkenal di Indonesia ini akan membantu Anda dalam menentukan harga jual produk Anda dengan mudah melalui berbagai metode yang Anda inginkan.

Setiap anggaran yang diperlukan dalam operasional bisnis Anda juga akan terkelola dengan baik dan akan dicatat secara akurat. Sebanyak lebih dari 200 jenis laporan keuangan juga akan Anda dapatkan secara otomatis. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis dengan baik dan mengembangkan bisnis ke arah yang lebih sukses.

Ayo buktikan sendiri dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait