Kenapa Memiliki Laporan Stok Barang itu Penting?

Untuk sebagian besar pebisnis, menghitung dan membuat laporan stok barang adalah suatu hal yang kerap dianggap sulit untuk dilakukan. Kenapa? Karena banyaknya stok barang yang terkadang membuat setiap pebisnis menyepelekan hal tersebut.

Padahal bila stok barang tidak bisa diatur dengan baik, operasional bisnis Anda bisa sangat terhambat dan bahkan Anda bisa mengalami kerugian yang besar. Hal tersebut akan berujung pada tidak adanya laporan stok barang yang baik di dalam bisnis Anda.

Pentingnya Laporan Stok Barang

Membuat laporan stok barang sangat penting untuk bisa dilakukan. Kenapa? karena hal tersebut mampu membantu Anda dalam mengetahui jumlah barang secara menyeluruh dan jenis barang apa saja yang ada di dalam inventaris milik Anda.

Harus Anda ingat selalu bahwa saat membuat laporan stok barang, maka Anda juga harus bisa memasukkan sejumlah barang yang tidak layak ataupun rusak agar bisa menghitung nilai keuntungan dan kerugian yang Anda alami.

Nah, berikut ini adalah cara melakukan pengelolaan stok barang agar lebih mudah dan cepat.

1. Membuat Gudang Inventaris Lebih Teratur

Walaupun persediaan barang yang ingin Anda jual saat ini sudah cukup, namun nantinya Anda pasti akan memperoleh masalah. Salah satu masalah yang kemungkinan besar akan Anda hadapi adalah lamanya proses pencarian stok di dalam gudang.

Hal tersebut dikarenakan penyimpanan stok barang yang tidak rapi dan tidak ada bentuk pemetaan yang lebih jelas.

Untuk itu, pengelolaan stok yang baik akan membantu Anda dalam mengatur stok barang yang terdapat di dalam gudang. Sehingga Anda bisa mencari ataupun mengetahui stok barang yang Anda perlukan saat ini.

Agar bisa membantu Anda dalam mempercepat proses order, Anda bisa menempatkan barang yang paling laris di dalam area yang lebih mudah untuk dijangkau. Sehingga, Anda bisa langsung memproses pesanan pelanggan Anda dengan cepat.

Adanya proses yang cepat ini tentunya akan sangat disukai oleh para pelanggan dan mampu memberikan kepuasan tersendiri saat berbelanja di toko Anda.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Mengelola Persediaan Bahan Baku pada Bisnis F&B

2. Meningkatkan Efisiensi Stok Barang

Saat membuat persediaan barang, maka Anda harus memastikan bahwa persediaan stok barang yang Anda miliki saat ini tidak lebih dan tidak kurang.

Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda akan merasakan efisiensi dalam hal persediaan stok barang. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jumlah stok barang yang Anda perlukan untuk kebutuhan bisnis. Dengan begitu, maka Anda tidak akan lagi mengalami penumpukan barang ataupun kehabisan barang.

3. Bisnis yang Lebih Efisien dan Produktif

Dengan stok persediaan yang lebih efisien dan penempatan yang lebih teratur, maka Anda bisa membuat laporan stok gudang secara lebih rapi dan akurat.

Anda juga bisa menggunakan beberapa alat yang mampu membantu Anda dalam melihat stok barang, seperti barcode scanner atau software persediaan lain yang bisa membantu Anda mempercepat proses pencatatan produk di gudang.

Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kebingungan dalam mencari barang, apalagi bila jenis barang yang ada di ruangan persediaan sangat banyak.

Bila Anda menggunakan barcode, maka Anda bisa memberikan kode barang dengan berdasarkan lokasi mereka. Contohnya, bila penempatan barang tersebut berada di rak bertingkat, maka Anda bisa membuat lokasi sesuai dengan tingkatan rak tersebut, dari mulai yang paling tinggi hingga yang paling rendah.

4. Menghemat Waktu dan Biaya Pengeluaran

Nilai keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah menghemat waktu dan biaya pengeluaran. Dengan menggunakan sistem dan juga laporan yang sudah tercatat secara rapi, maka Anda bisa melihat produk apa saja yang keluar dan masuk.

Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan perhitungan ulang dan menghabiskan waktu yang banyak dalam memastikan keakuratan laporan stok barang.

Selain itu, Anda juga harus menghemat finansial Anda, karena Anda pasti tidak akan tahu produk mana saja yang memiliki daya jual yang tinggi dan rendah.

Nantinya, hal ini bisa Anda jadikan patokan saat melakukan stok produk. Anda bisa menyingkirkan produk dengan daya jual yang rendah dan membuat strategi baru agar bisa meningkatkan penjualan produk yang memiliki daya jual rendah tersebut.

5. Tingkat Kepuasan Pelanggan

Bila Anda mempunyai manajemen persediaan yang baik, rapi, dan teratur, maka proses pelayanan yang dapat Anda berikan pada pelanggan juga pastinya akan meningkat.

Kecepatan dan juga ketepatan Anda dalam mengatur produk dan pesanan pelanggan akan menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan kepuasan pelanggan.

Pelanggan akan rela melakukan pembelian kembali dan menjadi pelanggan yang loyal bila pelayanan yang Anda berikan pada mereka lebih baik dan cepat. Bahkan, mereka akan bersedia menyarankan produk Anda pada temannya yang lain. Sehingga, produk dari bisnis Anda akan lebih dikenal banyak orang.

Cara Membuat Laporan Stok Barang

1. Mencatat Data

Anda harus mencatat setiap data secara akurat agar tidak terjadi kesalahan. Dengan begitu, Anda bisa mempercepat dan mempermudah keakuratan data yang Anda catat.

2. Menentukan Jadwal Persediaan Stok

Bila data sudah tercatat secara rapi dan akurat, maka selanjutnya Anda tinggal menentukan jadwal persediaan stok saja. Dengan membuat jadwal persediaan stok, maka Anda bisa melakukan manajemen waktu yang baik agar bisnis Anda berjalan lebih lancar.

3. Mengatur Tempat Penyimpanan

Tempat penyimpanan harus ditentukan sesuai dengan ukuran dan juga kondisi barang Anda. Tujuan utamanya adalah agar stok barang tersebut bisa disimpan secara rapi. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengambil barang.

4. Menempelkan Barcode

Barcode yang terdapat dalam setiap produk akan membantu Anda dalam menghindari berbagi kebingungan saat barang sulit dicari. Terlebih lagi bila banyak jenis barang yang ada di dalam gudang Anda.

5. Memanfaatkan Sistem yang Bisa Memantau Stok Barang

Dengan menggunakan sistem yang berguna dalam memantau stok barang, maka Anda akan lebih terbantu dalam mencatat dan memantau persediaan barang. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mencatat barang secara manual.

Baca juga: Tips Manajemen Stok Barang di Toko Digital secara Mudah

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang pentingnya mempunyai laporan stok barang dan cara membuat stok barang yang bisa Anda terapkan dalam bisnis.

Untuk meminimalisir adanya kesalahan ketika membuat laporan stok barang, coba gunakanlah aplikasi kasir atau software POS dari Accurate POS.

Aplikasi kasir digital ini sudah terhubung secara langsung dengan ekosistem Accurate Online, sehingga Anda akan lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikan transaksi, melakukan manajemen stok, mengelola pelanggan, dan mengelola karyawan Anda.

Anda memiliki kesempatan untuk mencoba terlebih dahulu Accurate POS selama 30 hari secara gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.