Peran Penting Aplikasi Kasir demi Kemajuan UMKM Indonesia

Sebagian besar bisnis yang sudah berskala besar sudah lama menggunakan sistem POS, hasilnya mereka sudah sangat paham tentang peran penting sistem ini dalam memaksimalkan keuntungan bisnisnya.

Sebuah sistem POS yang besar dan juga kompleks umumnya memiliki sistem yang sudah kuat, mudah untuk dikustomisasi, teknis, canggih, dan harus bisa dijalankan oleh para staf secara maksimal.

Lantas bagaimana aplikasi kasir mampu membantu kemajuan dan perkembangan para pebisnis UMKM di Indonesia? temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Bagaimana aplikasi kasir atau POS dapat membantu UMKM terus maju?

Aplikasi kasir untuk perusahaan yang kecil memiliki peran yang sama pentingnya dengan aplikasi kasir untuk perusahaan besar.

Peran penting POS untuk bisnis yang masih kecil adalah sistemnya yang harus mampu menawarkan fungsi dan kemudahan dalam hal konfigurasi yang fleksibel, sehingga akan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga karakteristik bisnis, sekaligus mampu meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan.

1. Mampu memberikan Penawaran dengan Harga Terjangkau dan Menguntungkan

Merumuskan harga promo pada suatu barang membutuhkan analisis yang mendalam dan juga sangat detail. Anda harus mengetahui barang mana yang tidak banyak terjual dan hanya memenuhi gudang Anda saja. Informasi akan hal tersebut sangatlah penting agar Anda bisa membuat perkiraan harga barang.

Nah, software POS memiliki peran penting bisnis. Selain mampu menampilkan informasi persediaan secara lengkap, Anda juga bisa menghitung harga diskon, promo, kupon, dll. Terlebih lagi, software POS juga mampu memberikan informasi terkait penawaran yang Anda berikan akan mampu memberikan dampak pada penjualan secara menyeluruh.

2. Tanpa Downtime

Data yang ada pada software akan tersimpan pada perangkat yang digunakan di toko atau kafe Anda. sehingga, bisnis Anda akan tetap beroperasi walaupun koneksi internet sedang lambat atau putus. Software POS akan secara otomatis mengupload kembali data ketika koneksi sudah terhubung kembali.

3. Kontrol 24 jam sehari, 7 hari seminggu

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan jam tutup toko Anda. karena dengan menggunakan software POS, proses ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Karena software POS adalah software yang dikembangkan dengan basis cloud, maka Anda sebagai pemilik bisnis bisa memantau seluruh detail transaksi, analisa pelanggan, mengelola persediaan, presents, sampai absensi karyawan secara real time di mana saja dan kapan saja.

4. Manajemen Inventori Terpadu 

Bila Anda sedang menjalankan bisnis, khususnya bisnis ritel, maka persediaan adalah hal yang sangat penting bagi bisnis Anda. Anda memerlukan data yang real time terkait stok persediaan di gudang, jumlah yang sudah terjual, dan jumlah barang yang harus dipesan kembali dari supplier.

Melakukan pengelolaan stok secara manual dan tradisional membuat Anda harus menghitung stok yang Anda miliki secara reguler. Tentunya hal ini akan memakan waktu yang lama dan melelahkan, dan juga menghabiskan banyak sekali waktu, khususnya bila bisnis Anda sudah semakin besar.

5. Tak Perlu Khawatir Pencurian

Seperti yang kita tahu, toko ritel akan selalu rawan dengan aksi pencurian yang dilakukan oleh karyawan atau pelanggan. Kerugian yang harus diderita pun seringkali menjadi sangat membebani bisnis.

Namun dengan menggunakan software POS, maka Anda akan mempunyai kontrol yang lebih baik pada seluruh barang Anda semakin kuat manajemen persediaan yang Anda miliki, maka akan semakin kecil juga kemungkinan terjadinya tindak pencurian tersebut.

Penutup

Itulah kelima peran penting aplikasi kasir demi kemajuan setiap pebisnis UMKM di Indonesia. Salah satu aplikasi kasir yang memiliki kelebihan tersebut adalah iSeller, terlebih lagi saat inipun iSeller sudah terintegrasi dengan Accurate Online.

Dengan adanya integrasi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan sinkronisasi data transaksi pembelian dan penjualan, melaporkan setiap harga secara otomatis, memudahkan kegiatan impor dan ekspor barang, melakukan posting penjual per shift, dan juga memudahkan Anda dalam mengelola outlet yang sangat banyak.

Anda bisa langsung menikmati integrasi ini dengan mencari tahu lebih lanjut pada tautan gambar di bawah ini.