Perbedaan Pemasaran dan Penjualan yang Ada Dalam Dunia Bisnis

Bila Anda adalah seorang pebisnis, Anda pasti sudah sangat terbiasa dengan pemasaran dan penjualan. Namun, sebagian masyarakat masih ada yang keliru dalam mengartikan keduanya. Bila Anda adalah salah satunya, tenang saja, karena dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan perbedaan pemasaran dan penjualan di dalam dunia bisnis.

Pengertian Pemasaran

Pada dasarnya, pemasaran adalah suatu proses dalam menginformasikan produk ataupun layanan yang Anda tawarkan. Dalam memasarkan suatu produk, umumnya terdapat konsep yang saling memberikan rasa kepuasan dan keuntungan, baik pada untuk penjual ataupun konsumen.

Umumnya, proses pemasaran akan lebih terpusat pada harga, detail produk, dan pada siapa produk tersebut nantinya akan dijual, sehingga pemasaran biasanya akan dilakukan agar bisa mendatangkan keuntungan dalam jangka waktu panjang.

Saat sudah mengetahui target pasar, biasanya bisnis akan menerapkan pemasaran yang akan mempunyai hubungan yang baik dengan para pelanggannya.

Tujuannya adalah agar bisa melihat proyeksi besar dan mempromosikan bisnis, produk atau jasa layanan, dan juga brand tersebut. Tim pemasaran di dalamnya bertugas agar bisa menentukan harga produk dan juga menginformasikan bagaimana suatu produk mampu memenuhi kebutuhan para konsumen.

Proses pemasaran ini dikenal dengan 4P, yaitu Product, Price, Place, dan juga Promotion.

Baca juga: Slogan Adalah Salah Satu Media Brand Awareness, Ini Cara Membuatnya!

Pengertian Penjualan

Penjualan adalah berbagai kegiatan yang di dalamnya terjadi transaksi produk barang atau layanan jasa. Proses penjualannya lebih lebih fokus untuk menjual produk. Artinya, penjual hanya harus fokus dalam menjual produk yang sudah mereka buat, bukan untuk memproduksi ataupun menjual produk yang diinginkan oleh para konsumen.

Biasanya, proses penjualan akan fokus memasukkan detail proses penjualan, struktur tim, target tim, dan juga tujuan bisnis. Selain itu, biasanya proses penjualan mempunyai serangkaian rencana, perangkat penjualan, peralatan dan usaha yang selanjutnya akan digunakan untuk lebih menjangkau target konsumen.

Tentunya hal ini berbeda dengan pemasaran yang lebih memerlukan waktu lama dan mempunyai tujuan jangka panjang, penjualannya yang lebih fokus dalam mencapai target, dan meningkatkan intensitas transaksi yang umumnya diukur dalam bentuk target per bulan.

Untuk itu, proses ini memerlukan usaha ekstra saat Anda ingin memenuhi target penjualan. Untuk lebih memudahkan Anda, maka Anda harus lebih mengorganisasikan bagian yang memang sangat fokus pada penjualan sebagai kunci utama dalam menarik dan mempertahankan konsumen.

Baca juga: Kesalahan yang Banyak Dilakukan dalam Mengembangakan Bisnis UMKM

Hubungan Pemasaran dan penjualan

Walaupun ada perbedaan pemasaran dan penjualan, namun sebagai pebisnis Anda harus memastikan setiap tim penjualan dan pemasaran bisa berjalan secara bersamaan, sehingga nantinya akan saling menguntungkan. Karena walaupun keduanya berbeda, namun masih mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan dan menciptakan penjualan bisnis.

Salah satu cara yang tepat untuk memastikan tim marketing dan penjualan agar bisa bekerja secara optimal adalah dengan cara melakukan kesepakatan terkait dukungan yang akan diberikan pada satu sama lain.

Nah, berikut ini adalah beberapa bentuk kesepakatan yang harus dipastikan:

  • Menetapkan ketentuan dan peraturan secara lebih jelas, tidak saling bertentangan, dan juga saling mempertemukan antara yang satu dengan yang lainnya.
  • Membuat dan melakukan program bersama sebagai satu tim yang akan turun langsung untuk memikirkan ide pemasaran dan penjualan.
  • Membuat target yang sesuai dan membahas penghalang yang bisa saja terjadi di masa depan.
  • Melaksanakan rapat rutin secara berkala dengan agenda tertentu, seperti perencanaan dan pembahasan pemikiran serta terobosan baru dalam mencari cara efektif untuk menjual dan memasarkan produk pada para konsumen.

Baca juga: Iklan Elektronik: Pengertian, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

1. Orientasi

Perbedaan pemasaran dan penjualan yang pertama terdapat pada orientasinya. Penjual lebih berorientasi pada kepuasan konsumen, sehingga konsumen akan selalu melakukan transaksi. Hal ini berbeda dengan penjualan yang lebih fokus untuk menjaga bisnis produk yang dihasilkannya.

2. Proses atau Langkah       

Hal pertama yang dilakukan di dalam pemasaran adalah melakukan riset agar bisa mengetahui kebutuhan para pelanggan. Sebaliknya, penjualan harus terlebih dulu membuat pabrik dan produk, dan dilanjutkan dengan melakukan promosi.

3. Fokus

Fokus yang terdapat di dalam konsep pemasaran adalah kebutuhan konsumen, sedangkan proses penjualan lebih fokus pada produk yang sebelumnya sudah ada.

4. Tujuan

Perbedaan pemasaran dan penjualan selanjutnya adalah bahwa pemasaran lebih mengarahkan produk agar bisa lebih diingat oleh para konsumen secara perlahan-lahan. Sedangkan penjualan lebih fokus untuk memaksa konsumen berpikir tentang produk.

5. Jangka Waktu

Dalam hal waktu, pemasaran lebih fokus pada perencanaan yang lebih berkonsentrasi pada loyalitas, sehingga akan menghasilkan stabilitas merek dalam jangka panjang. Sedangkan penjualan umumnya mempunyai perencanaan bisnis dalam jangka waktu yang pendek saja.

Baca juga: Cara Daftar GoFood Online dan Detail Biayanya

Penutup

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, bisa kita ketahui bahwa pengertian pemasaran lebih luas daripada penjualan. Konsep penjualan adalah bagian dari konsep pemasaran. Anda bisa menyesuaikan konsep yang akan Anda gunakan di dalam bisnis.

Apapun bisnis yang Anda jalankan, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital untuk mengelola bisnis agar bisa berkembang dengan pesat. Salah satu sistem POS yang bisa Anda coba gunakan adalah Accurate POS.

Accurate POS adalah sistem POS yang sudah terintegrasi dengan aplikasi bisnis Accurate Online. Sehingga selain bisa melakukan proses transaksi secara lebih cepat melalui berbagai metode pembayaran, Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa langsung menggunakan dan mencoba Accurate POS selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.