Tips Ampuh dalam Memulai Bisnis Resto Korea

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini fenomena Korean Wave terlihat dengan mudah di Indonesia. Bahkan, dampaknya sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan anak muda. Fenomena ini pun menarik minat masyarakat untuk menyukai budaya Korea, salah satunya adalah makanan Korea. Sehingga banyak pebisnis yang tertarik untuk memulai bisnis resto Korea.

Tapi walaupun mempunyai peluang yang tinggi, memulai bisnis ini mempunyai tantangan tersendiri. Pemilik bisnis resto korea harus bisa mengelola bisnisnya secara baik, dari mulai melakukan promosi, mengelola persediaan, dan lain sebagainya.

Nah, bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis resto Korea, Anda bisa membaca tips ampuhnya pada artikel ini.

5 Tips Ampuh Memulai Bisnis Resto Korea

Pada dasarnya, resto Korea adalah suatu tempat yang mampu menyajikan makanan dan minuman dari Korea. Dalam hal ini, konsep bangungan sampai dengan berbagai peralatan makannya sangat identik dengan Korea.

Tingginya penggemar makanan Korea di Indonesia pun membuat potensi bisnis ini memiliki peluang yang menguntungkan. Oleh karenanya, banyak pebisnis yang berlomba-lomba untuk terjun langsung memulai bisnis resto Korea.

Nah, jika Anda adalah salah satu pebisnis yang ingin menjalankan usaha ini, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Salah satu kunci sukses dalam membuka restoran, termasuk resto Korea, adalah memilih lokasi yang tepat. Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan survey tempat yang bisa menarik banyak pelanggan. Pilihlah lokasi strategis yang dekat dengan tengah kota, pusat perbelanjaan, atau pusat keramaian lain.

Selain itu, Anda juga harus menentukan lokasi restoran dengan target pelanggan. Bila target pelanggan Anda adalah mahasiswa, maka pilihlah lokasi restoran yang berada di dekat lokasi perkuliahan.

2. Pilih Harga yang Ramah Kantong

Tentukanlah harga yang wajar dan juga ramah di kantong. Terlebih lagi bila target Anda adalah mahasiswa, Anda bisa memberikan harga dari mulai 18 ribu rupiah sampai 25 ribu rupiah per porsi. Anda pun bisa meminta mereka untuk mencoba setiap paket yang dilengkapi dengan harga diskon atau hadiah tertentu.

3. Siapkan Alat Makan dan Infrastruktur Bernuansa Korea

Berikanlah konsep Korea di dalam restoran Anda, dari mulai menyajikan musik Kpop live, desain interior Korea, dan lain sebagainya. Dengan adanya infrastruktur ini, maka pelanggan Anda akan lebih tertarik untuk mengunjungi resto Korea Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan alat makan yang khas dengan Korea demi meningkatkan kepuasan pelanggan yang datang ke restoran Anda. Peralatan makan tersebut mencakup piring, mangkok, gelas, garpu, sendok, dan sumpit.

4. Strategi Digital Marketing

Kegiatan melakukan promosi melalui bantuan digital sangat efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satunya adalah kegiatan promosi di media sosial. Dengan memposting berbagai foto menu di media sosial, bisnis Anda nantinya akan semakin dikenal. Jangan lupa juga untuk memberikan penawaran terbaik untuk menarik perhatian pelanggan.

Aktivitas mempromosikan bisnis Anda dengan menggunakan bantuan digital terutama dapat menarik perhatian pelanggan. Salah satunya adalah promosi melalui media sosial. Dengan mengunggah foto-foto menu di media sosial akan menjadikan bisnis Anda semakin dikenal. Berikan juga penawaran terbaik untuk menarik perhatian pelanggan.

5. Menggunakan Sistem POS

Sistem POS atau point of sale akan mampu membantu Anda untuk bisa mengatur kegiatan transaksi, mengatur promosi restoran, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh data analitik yang akurat agar bisa melakukan peninjauan performa bisnis.

Tingginya peminat makanan Korea di Indonesia membuat para pebisnis di Indonesia berlomba-lomba untuk menjalankan bisnis resto Korea. Seiring berjalannya waktu, nantinya akan banyak kompetitor resto Korea. Untuk itu, Anda harus menyiapkan strategi yang baik untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis ini.

Beberapa manfaat yang akan Anda rasakan saat menggunakan sistem POS di dalam bisnis resto Korea adalah sebagai berikut:

  • Mencatat transaksi. Dengan menggunakan sistem POS, Anda bisa mengelola dan memproses transaksi secara cepat. Setiap transaksi bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran dan diproses hanya dalam hitungan detik.
  • Mendapatkan update inventaris. Anda bisa jadi lebih mudah dalam mencari produk, memantau penjualan pada setiap menu makanan, dan juga memperoleh notifikasi saat stok sudah menipis.
  • Mengelola promosi. Sistem POS juga bisa memudahkan Anda dalam mengelola data pelanggan dan membuat promosi yang bisa dipersonalisasi. Selain itu, Anda juga bisa mengkalkulasikan program tersebut dengan transaksi yang mudah.
  • Laporan akurat. Anda bisa memperoleh laporan laba rugi secara akurat. Anda pun bisa memperoleh data menu yang paling laris, pola belanja, dan lain sebagainya.

Nah, salah satu sistem POS atau aplikasi kasir digital yang harus Anda pertimbangkan adalah Accurate POS. Seluruh kelebihan dan kemudahan di atas bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini pun sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online. Sehingga, Anda bisa memperoleh lebih dari 200 laporan keuangan secara lebih otomatis, cepat dan akurat.

Dengan menggunakan Accurate POS, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Accurate POS pun bisa Anda download secara mudah melalui smartphone. Bahkan, Anda bisa lebih dulu mencobanya secara gratis selama 30 hari.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera coba dan gunakan Accurate POS hanya dengan mendaftarkan bisnis Anda melalui tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.