Rice Box, Bisnis Kuliner yang Banyak Peminatnya

oleh | Feb 18, 2022

source envato.

Rice Box, Bisnis Kuliner yang Banyak Peminatnya

Diantara banyaknya usaha kuliner terkenal yang makin hari makin digemari, rice box menjadi salah satu bisnis kuliner yang peminatnya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Tren bisnis ini tentunya tidak lepas dari upaya para pebisnis untuk melakukan kegiatan branding. Tanpa adanya kegiatan branding, maka bisnis ini hampir sama seperti seperti usaha nasi kotak biasa yang sudah lama dilakukan oleh banyak orang yang berbisnis kuliner.

Tapi, dengan kegiatan branding yang dilakukan secara gencar, maka bisnis rice box menjadi suatu tren yang sangat menguntungkan. Untuk Anda yang ingin mencoba melakukan bisnis rice box, maka ada beberapa ide menarik yang bisa Anda jadikan. Apa saja idenya? Baca terus artikel ini hingga selesai.

4 Ide Bisnis Rice Box yang Bisa Anda Coba

1. Rice Box Serba Ayam

Ayam adalah salah satu lauk yang mudah untuk didapat dan sangat potensial untuk bisa diolah. Bahkan, beberapa gerai ayam besar di beberapa tahun lalu sudah menawarkan variasi menu nasi ayam dalam kemasan rice box, dan sampai saat ini terus mendapatkan keuntungan yang besar dari menu tersebut, sehingga menu ini terus-menerus dipertahankan.

Bila Anda ingin mencoba mengolah bahan baku ayam ini, Anda bisa berekspresi dengan varian bumbu agar produk yang ingin Anda tawarkan ke konsumen tidak terkesan membosankan dan monoton.

Contohnya, Anda bisa meracik rice box chicken black pepper, atau bila Anda ingin memasukkan unsur kuliner nusantara, maka tidak ada salahnya untuk mengeluarkan varian menu ayam sambal matah yang namanya memang sudah terkenal.

Baca juga: On Demand Service: Model Bisnis yang Akhir-akhir Ini Makin Populer

2. Variasi Menu Bento

Pada dasarnya, bento adalah nasi kotak dari Jepang yang sering dijadikan menu bekal sekolah atau pergi kerja di negara tersebut.

Karena memang biasanya disiapkan untuk pagi hari, maka menunya pun sangat sederhana, seperti nasi, dengan lauknya yang berisi gorengan atau kotak plastik besar bersekat untuk dijadikan bentuk nasi kotak berbahan karton yang sangat sederhana.

Untuk menjaga kemasan tersebut, maka menu makanannya tidak boleh lauk atau sayuran basah yang banyak airnya. Oleh karena itu, gorengan bertepung seperti tempura atau gorengan lainnya serta salad sering dijadikan menu bento ini. Anda bisa menawarkan menu bento ini sebagai rice box yang lebih praktis, ringkas dan mudah untuk dikonsumsi.

3. Olahan Ikan Dori

Sama halnya seperti ayam, ikan dori juga adalah salah satu bahan makanan yang mudah untuk diperoleh dan diolah. Sehingga, sangat pas untuk dijadikan menu andalan rice box.

Sebenarnya, ikan dori sendiri adalah bahan yang sangat sering dijadikan varian bisnis makanan, mulai dari menu di berbagai restoran mewah sampai pilihan menu rice box. Biasanya, ikan dori ini dipasarkan dalam bentuk goreng tepung dan dipotong dadu agar lebih mudah untuk dikonsumsi, sehingga sangat pas untuk dipasarkan sebagai rice box.

Anda bisa mencoba meracik menu ikan dori dengan saus asam manis atau dengan sambal matah yang mudah untuk dihidangkan. Kentang yang kering juga bisa Anda tambahkan sebagai pelengkap rasa.

4. Rice Box Dengan Lauk Daging

Bila Anda ingin menawarkan menu rice box yang lebih mewah, maka olahan daging bisa Anda jadikan pilihan terbaik karena rasanya yang lezat dan harganya yang tidak semurah ayam atau ikan dori.

Selama ini, belum banyak para pebisnis yang memasarkan rice box dengan menu daging, jadi Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut agar bisa menambah pendapatan.

Anda bisa mengolah daging tersebut dengan kemasan yang praktis dan tebal agar tidak mudah rusak karena bumbu dagingnya yang kental.

Dengan menu mewah ini, Anda bisa menargetkan pasar yang lebih luas, seperti karyawan di perusahaan besar dengan mobilitas tinggi yang waktu makannya sangat terbatas.

Baca juga: Strategi Omnichannel, Ini Keuntungan yang Bisa Anda Rasakan!

Bisnis Kuliner Gaya Baru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nasi kotak atau rice box memang sudah eksis dari dulu. Namun, awal kemunculan menu kuliner ini hanya dikemas dengan dus karton yang tidak terasa menarik.

Tapi, sama seperti model bisnis pada umumnya, keberhasilan strategi branding yang dilakukan mampu membuat model bisnis ini tetap sesuai dan semakin menguntungkan daripada model bisnis konvensional yang sudah lebih dulu eksis.

Kegiatan branding tersebut tidak akan sukses bila tidak diiringi dengan berbagai inovasi baru yang mampu membuatnya terlihat berbeda. Untuk itu, bila Anda ingin menggeluti bisnis ini, Anda tidak boleh merasa cepat puas.

Lakukanlah berbagai eksperimen ataupun riset agar bisa mengetahui hal apa saja yang saat ini sedang dibutuhkan oleh pasar. Contohnya, Anda bisa mencari tahu lauk tertentu yang belum pernah disajikan oleh pebisnis rice box lain, tapi mempunyai peluang yang sangat besar dalam segi keuntungan.

Selain dari variasi menu lauk, Anda juga bisa mengeksplor kemasan nasi box Anda agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Biar bagaimanapun juga, ketekunan dan keuletan dari para pebisnis akan sangat berdampak pada keberlangsungan bisnis lainya.

Untuk itu, kembangkanlah selalu bisnis rice box yang saat ini sedang Anda geluti agar bisa selalu menawarkan berbagai variasi menu baru yang mampu menarik perhatian pelanggan, sehingga para konsumen akan terus mau mencoba produk rice box yang Anda tawarkan.

Anda juga bisa menawarkan pelayanan yang berbeda pada pelanggan dengan menggunakan aplikasi kasir atau sistem POS yang mampu menawarkan berbagai kemudahan metode pembayaran dan kemudahan lainnya.

Salah satu aplikasi kasir yang patut untuk Anda coba gunakan adalah Accurate POS. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengelola para penjual dan karyawan, melakukan penjualan dan pembelian, dan memproses kegiatan transaksi dengan cepat.

Selain itu, karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Anda bisa mencoba Accurate POS secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accuratepos

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

aplikasikasirbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikelpos-sidebar

Ayunda
Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.

Artikel Terkait