Strategi Omnichannel, Ini Keuntungan yang Bisa Anda Rasakan!

oleh | Feb 9, 2022

source envato.

Strategi Omnichannel, Ini Keuntungan yang Bisa Anda Rasakan!

Saat ini, omnichannel marketing menjadi salah satu strategi yang banyak diaplikasikan oleh banyak pebisnis. Strategi omnichannel adalah strategi yang di dalamnya menyediakan pengalaman berbelanja yang terintegrasi untuk para pelanggan, mulai dari toko fisik sampai toko online, termasuk di dalamnya aplikasi smartphone.

Itu artinya, strategi ini dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai aspek yang mungkin bisa ditawarkan, baik itu dalam bentuk toko online ataupun toko offline.

Lantas, apa saja keuntungan dari menerapkan strategi omnichannel ini? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam artikel tentang strategi omnichannel di bawah ini.

7 Keuntungan Menerapkan Strategi Omnichannel

Setidaknya ada 7 keuntungan yang bisa Anda rasakan saat mengaplikasikan strategi omnichannel, yaitu:

1. Retensi Konsumen yang Lebih Baik

Pastinya setiap pelanggan ingin melakukan interaksi secara nyaman dan aman. Untuk itu, strategi omnichannel adalah pilihan terbaik agar bisa menyediakan beragam pilihan yang mungkin tersedia untuk para pelanggan.

Terdapat beberapa penelitian yang melaporkan bahwa bisnis yang berhasil mengaplikasikan cross-channel marketing secara konsisten rata-rata mampu mencapai peningkatan retensi pelanggan hingga 13% per tahun.

Baca juga: Peran Penting Ekosistem Digital untuk Kemajuan Usaha Kecil

2. Peningkatan Pendapatan

Pendekatan yang dilakukan dalam strategi omnichannel akan memungkinkan para konsumen untuk bisa terhubung dengan bisnis melalui berbagai media atau channel. Sehingga, hal tersebut mampu meningkatkan engagement konsumen dalam banyak hal di sepanjang terjadinya kegiatan transaksi.

Untuk itu, jangan heran bila strategi ini mampu meningkatkan pendapatan atau omset bisnis. Bahkan, ada penelitian yang melaporkan bahwa pelanggan yang terhubung di banyak channel 30% lebih memiliki nilai. Karena, cara ini mampu meningkatkan potensi pelanggan untuk melakukan pembelian lebih banyak dari suatu bisnis.

Pelanggan yang melakukan kegiatan transaksi berulang pun akan meningkatkan pendapatan bisnis hingga 40%, terlepas dari skala kegiatan transaksi yang terjadi di dalamnya.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Strategi omnichannel tidak hanya dilakukan secara satu arah. Itu artinya, pelanggan tidak hanya bisa memilih dan melakukan transaksi saja, tapi mereka juga mengharapkan adanya pelayanan yang lain. Bentuk pelayanan terbaik itu diharapkan bisa diterima oleh para pelanggan dalam beragam channel secara merata.

Berdasarkan suatu penelitian, sebanyak 64% pelanggan mengharapkan adanya dukungan secara real time, terlepas dari channel yang mereka gunakan untuk melakukan komunikasi. Di sisi lain, sebanyak 75% pelanggan cenderung lebih ingin kembali mengunjungi bisnis yang mampu memberikan pelayanan terbaik.

4. Meningkatkan Pemberian Referensi dan Rekomendasi

Terlepas dari sumber daya yang bisa diinvestasikan oleh perusahaan dalam hal pemasaran dan periklanan, bisa dikatakan tidak ada yang mampu menyaingi besarnya kekuatan word of mouth.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam laman Nielsen, dijelaskan bahwa sebanyak 92% pelanggan lebih percaya pada rekomendasi teman atau keluarganya daripada iklan yang mereka lihat di media apapun.

5. Operasional Bisnis yang Lebih Efisien

Mengintegrasikan berbagai channel bisnis, mulai dari toko fisik sampai toko online, itu artinya Anda menawarkan database pada pelanggan yang komprehensif dan lebih terpusat. Sehingga, bisnis Anda akan lebih mudah diakses oleh mereka.

Saat suatu bisnis lebih mudah diakses lewat berbagai channel, maka visibilitas suatu produk ataupun promosi pun akan menjadi lebih meningkat. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Hal lain yang harus Anda ingat adalah konsumen sering kali memeriksa dan membandingkan suatu produk terlebih dulu pada berbagai channel online atau lewat media sosial sebelum mereka membeli produk di toko fisik.

6. Meningkatkan Pengumpulan Data Konsumen

Karena kegiatan pemasaran dan penjualan dilakukan melalui berbagai channel, maka Anda bisa memantau setiap pelanggan pada berbagai platform yang mereka andalkan. Berkat hal tersebut, Anda akan lebih baik dalam memahami para pelanggan.

Anda akan bisa mengetahui preferensi setiap pelanggan, produk apa saja yang mereka lihat, penawaran apa yang mereka pilih, dan berbagai hal lainnya.

Karena hal tersebut, Anda bisa menjalin komunikasi dan juga membuat kegiatan promosi yang lebih personal pada setiap konsumen dan hal tersebut akan membuat para konsumen merasa lebih istimewa.

Dengan mengantongi data yang akurat, maka setiap konsumen tidak akan merasa sebatas membeli saja, namun mereka juga akan merasa bahwa Anda mampu mengenal mereka secara baik.

7. Menghubungkan Pengalaman Berbelanja Di Gerai Fisik dan Kanal Online

Dewasa ini, bisnis yang hadir di toko online dan offline saja tidak akan cukup, karena bisnis juga harus bisa mengintegrasikan keduanya.

Untuk itu, alangkah baiknya untuk tidak menghasilkan target penjualan di channel tertentu saja, tapi memberikan ruang yang lebih luas untuk para konsumen agar bisa berbelanja di channel apapun yang mereka inginkan.

Contohnya, jaringan restoran waralaba besar KFC yang memberikan kupon diskon melalui aplikasi mobile. Namun, pelanggan juga bisa mendapatkan diskon saat berbelanja di toko fisik dengan hanya menunjukkan pada kasir terkait kupon tersebut melalui layar smartphone-nya saat melakukan interaksi.

Interaksi yang terintegrasi tersebut akan mampu meningkatkan hubungan antar pebisnis dan konsumen. Sehingga, Anda bisa memberikan ruang yang lebih luas pada para pelanggan untuk melakukan interaksi dengan metode ataupun platform yang mereka pilih sendiri.

Hal yang harus Anda garis bawahi adalah interaksi merupakan faktor penentu bahwa setiap pelanggan akan melalui alur transaksi, mulai dari calon pelanggan, menjadi pelanggan, hingga menjadi pelanggan aktif yang merekomendasikan produk Anda pada orang lain.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Awal Secara Mudah Untuk Berbagai Bisnis

Kesimpulan

Jadi, saat ini Anda harus memerhatikan berbagai tren yang mengubah semua sektor industri, mulai dari revolusi digital, kebiasaan berbelanja pelanggan saat ini, hingga pesatnya kemajuan e-commerce.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard melaporkan terdapat 20% pelanggan yang tertarik berbelanja di toko fisik, 7 % berbelanja di toko online, dan 73% sisanya lebih tertarik berbelanja di berbagai channel. Untuk itu, cara yang tepat dalam menanggapi berbagai perubahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi omnichannel.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada Accurate POS yang sudah terintegrasi langsung dengan ekosistem Accurate Online untuk mendukung Anda dalam menerapkan strategi omnichannel.

Dengan adanya integrasi ini, maka Anda bisa melayani setiap pelanggan melalui berbagai channel, baik itu di toko offline, toko online, hingga berbagai e-commerce atau layanan pesan-antar makanan. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk mencatat dan mendapatkan laporan keuangan dari setiap transaksi secara otomatis, cepat dan akurat.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Accurate POS dan coba gratis 30 hari sekarang juga.

aplikasikasirbanner
Ayunda
Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.

Artikel Terkait