Apa Itu Self-Service dan Apa Saja Kelebihannya?

Perkembangan zaman yang cepat saat ini menuntut para pebisnis untuk bisa terus melakukan inovasi dan beradaptasi agar bisa meningkatkan efisiensi bisnis mereka, karena semakin banyak pelanggan yang akan menuntut adanya proses yang lebih sederhana dan lebih cepat. Tapi dengan adanya self-service, inovasi tersebut bisa diwujudkan dengan mudah.

Pada dasarnya, self-service adalah suatu konsep pelayanan tanpa adanya staf atau pelayan dan pelanggan harus bisa melayani kebutuhannya sendiri. Di suatu bisnis atau tempat yang sudah menerapkan self-service secara penuh, Anda tidak akan mendapatkan staf yang melayani Anda. Anda harus memilih, membayar, dan mengambil belanjaan Anda sendiri.

Umumnya, self-service diterapkan dengan menggunakan perangkat teknologi yang canggih. Contohnya di dalam suatu restoran yang menerapkan self-service akan menyediakan QR Code menu untuk proses pemesanan mandiri dan bisa dilakukan oleh pelanggan.

Selain itu, ada juga restoran yang menyediakan tablet di meja makannya, sehingga para pelanggan hanya harus memesan menggunakan tablet dan pembayaran pun bisa dilakukan secara cashless dengan menggunakan cara pembayaran digital.

Kelebihan Self Service

Dengan menerapkan self-service, maka pebisnis dan pelanggan bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar. Berikut ini adalah kelebihan self-service:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan menerapkan self-service, maka Anda akan membantu memudahkan para pelanggan dalam melakukan transaksi, dan tentunya hal ini akan memberikan dampak yang positif pada bisnis Anda karena hal ini mampu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dengan self-service, maka para pelanggan tidak akan lagi bergantung pada pelayanan dan seluruh proses transaksi akan bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat.

Baca Juga: Tips Sukses Memaksimalkan Bisnis Minuman Anda

2. Mengurangi Jumlah Pegawai

Ketika menerapkan self-service, tentunya Anda bisa meminimalisir jumlah pekerja yang ada di bisnis Anda. Hal ini dikarenakan pelayanan bisa dilakukan oleh pelanggan secara mandiri. Sehingga, Anda tidak lagi harus repot-repot mencari pegawai untuk membantu kegiatan bisnis Anda. Tapi, bukan artinya Anda harus memberhentikan semua pegawai yang sudah Anda miliki.

Anda bisa menggunakan sistem ini untuk bisa mengembangkan bisnis Anda secara lebih besar lagi tanpa harus mengeluarkan dana tambahan untuk memberikan upah pada karyawan baru. Sehingga, Anda bisa meminimalisir pengeluaran dan memanfaatkan dana untuk mengelola bisnis agar lebih sukses lagi.

3. Mengatasi Antrian

Setiap pelanggan sangat menghindari antrian yang panjang. Mereka sangat malas untuk mengantri dan menunggu. Hal tersebut tentunya akan membuat pelanggan kecewa dan membuat mereka tidak mau mengunjungi bisnis Anda.

Tapi dengan adanya self-service, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan baik karena pelanggan Anda akan melakukan interaksi secara mandiri dan lebih terorganisir, sehingga mereka tidak perlu menunggu pelayanan lagi.

4. Mengurangi Kesalahan Manusia

Teknologi self-service mampu meminimalisir kesalahan yang sering dilakukan oleh manusia, seperti salah mencatat ataupun membuat menu. Hal ini tentunya pernah terjadi dan sangat mengecewakan para pelanggan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan teknologi self-service untuk menekan dan bahkan menghindari kesalahan manusia.

5. Menghindari Kontak Langsung

Di masa pandemi yang terjadi saat ini, kita sangat disarankan untuk menghindari kontak secara langsung. Kenapa? Karena kontak langsung akan sangat membahayakan para pegawai dan juga pelanggan Anda.

Teknologi self-service akan membantu pegawai dan pelanggan Anda untuk menghindari kontak secara langsung, sehingga para pelanggan akan merasa nyaman dan aman saat melakukan interaksi.

Baca juga: Tips Mengelola Bisnis Produk Makanan dengan Banyak Varian

Penutup

Demikianlah pengertian dan beberapa kelebihan dari self-service yang harus Anda ketahui. Teknologi self-service sangat baik dan akan memberikan kenyamanan untuk pelanggan dan pebisnis. Anda bisa mencoba menerapkan teknologi ini demi meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Salah satu penerapan teknologi self-service yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan software POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Terintegrasi secara penuh dengan ekosistem Accurate Online, Anda bisa melakukan penjualan, mengelola pelanggan, melakukan manajemen karyawan, dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Accurate POS juga menyediakan perangkat POS demi proses transaksi yang lebih optimal dan di dalamnya tersedia berbagai metode pembayaran, baik itu pembayaran digital cashless ataupun pembayaran tunai.

Silahkan klik banner di bawah ini untuk mencoba fitur dan keunggulan dari Accurate POS selama 30 hari, Gratis!accuratepos