Skema Jaringan Multi Perangkat Accurate POS 

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini kemajuan teknologi menuntut pebisnis untuk bisa lebih adaptif. Mereka harus mulai memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini agar mampu membantu operasional bisnis, memanjakan setiap pelanggan, dan mampu mengembangkan bisnis.

Nah, Accurate POS adalah sistem POS (point of sales) atau aplikasi kasir digital yang mampu membantu setiap pebisnis di Indonesia dalam melakukan hal tersebut. Khususnya dengan hadirnya fitur multi perangkat.

4 Skema Proses Multi Perangkat Pada Sistem Accurate POS

Dalam skema proses multi perangkat/ multi device di Accurate POS, terdapat 4 objek yang saling terkait, yakni Accurate Online, router, perangkat A (sebagai server), dan perangkat B (sebagai client).

Berikut ini adalah ilustrasi dan penjelasan terkait skema tersebut.

Skema Jaringan Multi Perangkat Accurate POS

1. Accurate Online

Anda bisa mengatur beberapa perangkat yang terhubung dengan Accurate POS di Outlet Bisnis. Bila perangkat Anda sudah mencapai batas maksimal, maka perangkat yang selanjutnya sudah tidak bisa lagi dihubungkan hingga mempunyai slot atau ruang kembali.

Nantinya, Accurate Online akan mengirimkan data ke Accurate POS, lalu akan disimpan pada perangkat yang pertama kali terhubung dengan Accurate Online, dalam hal ini kita menyebut perangkat tersebut dengan server.

2. Router

Perangkat ini digunakan agar bisa menghubungkan beberapa perangkat Android sebagai jaringan yang nantinya akan digunakan untuk memproses data dari perangkat client ke perangkat server. 

Perangkat tersebut harus dapat dipastikan dalam kondisi aktif pada jaringan lokal. Karena Accurate POS akan mengandalkan jaringan lokal untuk melakukan transaksi.

Namun, beberapa router, seperti router ZTE, umumnya akan secara otomatis melakukan block pada port 80 dan 443. Untuk itu, agar pos server bisa diakses dari pos client di jaringan yang sama, diperlukan unblock port dari konfigurasi admin router pada bagian menu Application List.

3. Perangkat A (Server)

Seperti yang sudah dibahas bersama pada poin pertama, perangkat yang pertama kali terhubung dengan Accurate Online akan dianggap sebagai server.

Fungsi dari perangkat ini adalah sebagai server pada jaringan lokal yang akan mendukung alur masuk data di jaringan tersebut. Bila server tidak aktif, maka client pun tidak bisa melakukan transaksi. Pasalnya, seluruh data ditempatkan di perangkat server.

Selain itu, perangkat server juga yang nantinya akan menyimpan seluruh transaksi yang akan dilakukan oleh client dan meneruskannya ke Accurate Online ketika terjadi sinkronisasi data.

4. Perangkat B dan C (Client)

Perangkat Client berperan sebagai perangkat tambahan di outlet bisnis Anda. perangkat client ini akan meminta data pada server agar bisa melakukan transaksi dan mengambil data di server.

Perangkat ini tidak akan menyimpan berbagai data apapun saat terjadi transaksi, semuanya akan tersimpan di dalam perangkat server.

Penutup

Itulah skema proses jaringan multi perangkat yang terdapat pada Accurate POS. Dengan hadirnya fitur ini, Accurate POS mampu membantu bisnis Anda untuk bisa lebih berkembang dan bersaing dengan kompetitor di era digital.

Ayo koneksikan Accurate POS Anda dengan Accurate Online sekarang juga, Gratis! Klik di sini untuk info selengkapnya.