Slogan Makanan: Ini Tips Mudah untuk Membuatnya secara Menarik

Penggunaan slogan makanan di dalam bisnis kuliner adalah suatu komponen yang sangat penting agar bisa menarik perhatian setiap konsumen. Selain itu, kehadiran slogan juga akan membuat setiap konsumen untuk senantiasa mengingat produk Anda.

Terlebih lagi, di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, menjalankan bisnis kuliner harus siap dalam menghadapi persaingan yang sudah semakin ketat. Untuk itu, agar bisnis makanan Anda bisa terlihat menonjol dari kompetitor, Anda harus mempunyai slogan makanan yang menarik dan bisa selalu diingat oleh konsumen Anda.

Nah, agar bisa memudahkan Anda dalam membuat slogan makanan yang menarik, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dalam membuat slogan makanan. Untuk itu, baca terus artikel ini hingga selesai.

Tips Membuat Slogan Makanan yang Menarik

1. Ciptakanlah Slogan yang Jujur dan Pas Dengan Produk

Slogan bukan hanya kata-kata pemanis untuk menghiasi produk Anda saja, tapi juga harus menggambarkan produk yang Anda jual. Slogan makanan harus merepresentasikan kualitas produk yang Anda jual. Membuat slogan yang jujur dan sesuai dengan produk lainnya tentu akan membuat produk Anda lebih mudah untuk diterima oleh konsumen.

2. Ciptakanlah Slogan yang Menampilkan Komitmen Bisnis

Slogan yang menampilkan komitmen bisnis akan memberi kesan bahwa Anda lebih menomorsatukan kualitas dan kepuasan para pelanggan Anda.

Contohnya bila Anda memiliki bisnis makanan bakso, maka slogan yang bisa Anda gunakan adalah “Lezat dan Nikmat tanpa Bahan Kimia”. Berdasarkan slogan tersebut, nantinya konsumen akan merasa lebih tenang ketika menikmati Bakso Anda.

Dalam hal ini tentunya Anda harus konsisten untuk tidak menggunakan bahan kimia lain seperti boraks atau formalin demi menjaga komitmen produk Anda.

3. Slogan Sederhana

Slogan makanan yang tidak terdiri dari kalimat yang panjang akan lebih menarik dan akan lebih mudah untuk diingat setiap konsumen. Sebaliknya, slogan yang terlalu panjang akan menyulitkan konsumen untuk mengingatnya, bahkan mungkin akan membingungkan mereka.

4. Tidak Perlu Berlebihan 

Saat sedang membuat slogan makanan, pastinya akan ada banyak yang berpikir keras untuk membuat slogan yang ekspresif dan menjunjung tinggi produknya.

Tapi jangan salah, slogan yang bersifat hiperbola justru mampu menjadi pedang bermata dua bagi bisnis Anda. Untuk itu, Anda tidak perlu mengklaim bahwa produk Anda adalah produk yang terbaik, namun fokuslah hanya pada kualitas produk.

5. Buatlah Slogan yang Memiliki Rima

Dengan menggunakan cara ini, maka kemungkinan besar slogan Anda akan lebih mudah diingat dan diterima oleh banyak orang. Slogan yang lebih memiliki rima juga akan terasa lebih menyenangkan, sehingga konsumen pun akan merasa lebih dekat dengan bisnis Anda.

Baca juga: Rekomendasi Franchise Bakery Untuk Anda yang Tertarik Membangun Bisnis Roti

30 Contoh Slogan Makanan yang Menarik

Agar bisa membantu Anda dalam menemukan slogan yang tepat untuk bisnis makanan Anda, simaklah slogan makanan di bawah ini, barangkali ada beberapa yang bisa menginspirasi Anda.

  1.   Fish and Chips: Rasakan Kelezatannya tanpa Takut Duri
  2.   Bakso Pedas: Pedasnya Hot, Harganya Adem
  3.   Ayam Geprek: Rasa Enak, Harganya Lebih Enak
  4.   Gudeg: Rasanya Seperti di Jogja
  5.   Bakso: Anti Borax Borax Club
  6.   Ayam Bakar: Rasanya Bikin Gak Bisa Lupa!
  7.   Gorengan: Bukan Gorengan Biasa
  8.   Bakso Aci: Lezat Disantap Kapan Saja
  9.   Nasi Padang: Manjakan Lidah Anda dengan Cita Rasa Asli!
  10. Mie Ayam: Nikmati Sensasi Mie yang Dibuat Handmade
  11. Sambal Ekstra Pedas: Yakin, Berani Coba?
  12. Seafood: Hari Ini Dipancing, Hari Ini Dihidangkan
  13. Frozen Nugget: Dibuat dengan Bahan Fresh!
  14. Rujak: Manis Asam Pedas Asin seperti Kisah Cintamu!
  15. Pisang Coklat: Coklatnya Meledak di Mulut!
  16. Keripik Kentang: Renyahnya Paling Bikin Nagih
  17. Fried Chicken: Harga Murah Rasa Wah!
  18. Roti Bakar: Teman Lembur No. 1
  19. Kebab: Cita Rasa Timur Tengah di Rumah!
  20. Sosis Frozen: Nikmati Sesukamu!
  21. Pizza: Resep Original dari Italia
  22. Ayam Goreng: Ayo Makan Ayam Setiap Hari
  23. Burger: Ledakan Rasa dalam Satu Gigitan!
  24. Burger Vegetarian: Makan Enak tanpa Penyesalan
  25. Donat: Lezat Tak Terhingga
  26. Sop Iga: Dagingnya Empuk, Kuahnya Gurih, Bikin Nagih!
  27. Nastar: Lebaran Hambar Tanpa Nastar
  28. Nasi Goreng: Cita Rasa yang Bikin Kamu Nyaman
  29. Nasi Uduk: Resep Asli Nenek Moyang
  30. Tumpeng Nasi Kuning: Ayo Rayakan Momen Spesialmu!

Baca juga: Annual Report: Pengertian, dan Fungsinya Untuk Perusahaan

Penutup

Demikianlah tips dalam membuat slogan makanan dan contoh slogan makan yang mungkin bisa menginspirasi Anda yang sedang ingin membuat slogan makanan yang menarik. Slogan makanan yang baik adalah modal awal untuk memasarkan produk makanan Anda.

Bila Anda sudah menemukan slogan makanan yang baik, maka hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan menerapkan ekosistem digital pada bisnis makanan Anda, yaitu dengan menggunakan sistem POS (point of sales) atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Accurate POS lebih dari sekedar aplikasi kasir biasa, selain mampu mempercepat proses transaksi di konter kasir lewat berbagai metode pembayaran, Accurate POS pun mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Dengan menggunakan sistem POS ini, Anda akan lebih mudah dalam mengelola persediaan bahan baku makanan Anda, mengelola karyawan, dan membuat program loyalitas pelanggan dengan memberikan diskon dan potongan harga yang menarik.

Selain itu, karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, aplikasi ini juga akan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda dan akan menyajikannya secara otomatis di dalam laporan keuangan Anda. Bahkan, nantinya Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang tepat dan akurat.

Ayo gunakan digitalisasikan bisnis Anda dan gunakan Accurate POS sekarang juga dengan mencobanya secara gratis selama 30 hari lewat banner di bawah ini.