Split Payment: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Dewasa ini, cara pembayaran digital sudah memiliki banyak sekali jenis dan cara. Salah satu cara terbarunya adalah cara pembayaran split payment.

Sederhananya, split payment adalah suatu pembagian cara bayar yang menggunakan lebih dari satu cara ataupun satu sumber pembayaran. Cara ini sekarang sudah banyak diterapkan di berbagai platform yang memfasilitasi pembayaran digital, seperti e-commerce besar.

Lantas, apa itu split payment? Apa saja manfaatnya bila diterapkan di dalam bisnis? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang split payment di bawah ini hingga selesai

Pengertian Split Payment

Sesuai dengan namanya, split payment adalah metode pembayaran yang dilakukan secara terpisah. Dalam kegiatan jual-beli online, split payment adalah membayar harga pada barang ataupun jasa yang menggunakan berbagai cara ataupun sumber pembayaran yang ada.

Kegiatan ini hadir karena adanya pertimbangan bahwa pada masa sekarang, kebanyakan orang cenderung mempunyai lebih dari satu rekening ataupun dompet digital.

Contohnya, Anda ingin membayar suatu produk seharga 100 ribu rupiah. Nah, dengan menggunakan metode ini, maka Anda bisa memecah pembayaran tersebut menjadi 70 ribu rupiah dari transfer menggunakan metode virtual account, dan sisanya menggunakan dompet digital Anda.

Manfaat split payment

Baik penjual ataupun pembeli, mereka bisa merasakan manfaat yang besar dari menggunakan metode split payment. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

1. Manfaat untuk Pembeli

  • Lebih Mudah dalam Mengatur Keuangan 

Karena adanya banyak sekali pilihan penyimpanan uang digital, kebanyakan dari pembeli sudah mempunyai alokasi dana khusus di setiap rekening ataupun dompet digitalnya.

Ketika uang yang berada di rekening A tidak cukup untuk membayar barang, maka mereka bisa melunaskannya dengan menggunakan metode split payment menggunakan rekening B dan rekening A.

  • Sebagiannya Bisa Dicicil 

Bila Anda mempunyai kartu kredit, maka Anda bisa menggunakan metode ini untuk mencicil sebagian harga barang.

Contohnya Anda ingin membeli smartphone dengan harga 1,5 juta rupiah. Tapi, uang yang Anda miliki saat ini hanya 800 ribu rupiah saja. Karena Anda mempunyai kartu kredit, maka Anda bisa membayar sisanya dengan cara mencicil. Sehingga, Anda bisa memperoleh barang impian Anda tanpa harus mencicil lebih banyak.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Mengelola Persediaan Bahan Baku pada Bisnis F&B

  • Dapat Membeli Barang Impian

Dengan menggunakan metode ini, maka setiap pembeli bisa merasakan adanya kemudahan dalam transaksi pembayaran. Mereka tidak lagi harus membayar harga total secara cash, namun bisa mencicil sebagian harga barang tersebut. Hal ini tentunya akan memudahkan mereka dalam memperoleh barang impiannya.

  • Patungan Bersama Teman 

Pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan split payment juga bisa dilakukan dari rekening keluarga atau rekening teman dengan syarat mereka sudah sepakat untuk melakukan pembagian pembayaran tersebut.

Cara ini umumnya digunakan saat sedang makan-makan atau kumpul bersama teman, atau ketika membeli suatu barang yang bisa dinikmati bersama para keluarga.

2. Manfaat untuk Penjual

  • Meningkatkan Angka Penjualan

Kemudahan metode pembayaran yang ada pada split payment tentunya akan memudahkan para pembeli dalam melakukan transaksi.

Bila Anda menawarkan pilihan pembayaran ini, tentunya akan terjadi peluang peningkatan penjualan yang besar pada Anda. Untuk itu, cobalah pertimbangkan cara ini untuk memperoleh manfaat tersebut.

  • Menambah Jaringan Reseller atau Distributor

Saat ini, kebanyakan pebisnis online shop banyak yang menerapkan metode ini dengan setiap mitranya. Untuk para reseller, metode pembayaran split payment tentunya sangat mempermudah proses bisnis mereka.

Baca juga: Peran Penting Digital Tools di Era Bisnis Digital

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang split payment. Jadi, split payment adalah metode pembayaran yang sangat mudah dan juga solutif di era sekarang.

Bila Anda jalankan dengan tepat, maka split payment mampu memberikan keuntungan untuk para penjual ataupun para pembeli.

Selain harus menghadirkan metode pembayaran yang mudah, sebagai pebisnis, Anda juga akan sangat memerlukan sistem POS (point of sales) yang baik. Oleh karena itu, iSeller hadir untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Terlebih lagi, saat ini iSeller sudah terintegrasi secara langsung dengan ekosistem Accurate Online. Dengan adanya integrasi ini, Anda akan lebih mudah untuk melakukan kegiatan sinkronisasi data transaksi pembelian dan juga penjualan, melaporkan setiap harga produk secara otomatis, mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan impor dan juga ekspor barang, serta melakukan posting penjualan per shiftnya.

Ayo cari tahu lebih lanjut dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.