10 Jenis Usaha Online yang Menguntungkan Yang Wajib Anda Coba

Saat ini usaha online yang menguntungkan banyak dipilih dan diminati oleh orang-orang karena berbagai macam ide yang ada dan persiapan perencanaan yang tergolong mudah. Namun sama seperti bisnis apapun, konsistensi dan keuletan sangat dibutuhkan untuk melaksanakan usaha online agar tetap berjalan dengan baik dan berkembang.

Setiap usaha juga akan berkembang jauh lebih baik jika Anda melakukan  perencanaan yang matang dan juga mengetahui setiap langkah dan risiko yang dipilih. Maka perlu adanya strategi dan panduan jelas bagaimana mengembangkan usaha online secara baik.

Tertarik membangun usaha online yang menguntungkan? Inilah beberapa usaha online yang bisa dilakukan dan tentunya menguntungkan jika dilakukan pengembangan dengan baik.

1. Freelance Writer

Freelance yang artinya lepas, maka seorang freelancer merupakan pekerja lepas atau tidak terikat oleh waktu kecuali pekerjaannya. Jika pekerjaannya sudah selesai maka akan dibayar sesuai kesepakatan awal. Bagi freelance writer artinya saat pekerjaan menulisnya tuntas maka ia mendapatkan fee.

Saat ini banyak website yang membutuhkan freelance writer memenuhi kebutuhan artikelnya. Dengan mencari informasi di beberapa website freelancer seperti sribulancer, projects.co.id, upwork dan sejenisnya, Anda bisa menemukan pekerjaan sebagai  freelance writer ini dengan tarif yang beragam.

Selanjutnya. jalani pekerjaan tersebut sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku. Jika seseorang fokus dan rajin dalam pekerjaannya maka akan mendapatkan fee yang sepadan.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

2. Desain Grafis

Saat ini maraknya bisnis online mulai dari makanan hingga kebutuhan lainnya menjadikan seorang penjual butuh adanya desain produk yang menarik. Maka usaha desain grafis ini bisa dilakukan secara online dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan desain produk yang akan ditawarkan.

Berikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan sehingga pelanggan akan melakukan repeat order desiannya. Selain itu, desain grafis ini merupakan usaha yang mudah dijalankan secara online dengan memasang promosi di berbagai sosial media. Sehingga jangkauan pelanggan bisa sangat luas dan pengusaha desain grafis mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

3. Copywriter Atau Content Creator

Seorang copywriter atau content creator merupakan usaha online selanjutnya yang dicari pelanggan. Karena saat ini banyak usaha produk online yang dipasarkan dan membutuhkan pengantar ulasan produk serta gambar produk yang menarik. Sehingga tugas seorang copywriter atau content creator menciptakan tulisan yang begitu unik dan menarik untuk dibaca pelanggan.

Kekuatan tulisan dan konten yang ada akan diperhatikan oleh konsumen yang kemudian tertarik membeli suatu produk. Dengan begitu seorang copywriter atau content creator berhasil meyakinkan konsumen dengan kekuatan visualnya. Jika usaha ini dilakukan dengan serius maka akan mendapatkan keuntungan yang banyak dan usaha online semakin berkembang.

Baca juga: Perdagangan Internasional: Pengertian, Teori, Manfaat, dan Faktor Pendorongnya

4. Affiliate Marketing

Usaha online yang menguntungkan lainnya yaitu affiliate marketing. Diibaratkan seorang affiliate marketing seperti orang yang mempromosikan produk atau layanan, namun produk atau layanan tersebut bukan hasil buatan dirinya, pada setiap penjualan yang terjadi maka affiliate marketer akan mendapatkan komisi.

Untuk mempermudah bisnis affiliate marketing, harus ada blog atau situs media sosial lainnya yang kemudian akan dipasang link suatu produk. Bagi produsen, seorang affiliater sangat menguntungkan dalam menjalankan produknya untuk dikenal masyarakat.

Cara kerja dari affiliate marketing yaitu dengan pemanfaatan google ads, Facebook ads, website, dsb. Yang kemudian link produk atau jasa tersebut dipasang oleh affiliater, jika konsumen tertarik dan membeli produk. Maka seorang affiliater akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan awal.

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Afiliasi?

5. Sponsored Post

Untuk menjadi sponsored post, maka hal yang harus dilakukan adalah memiliki konten berupa blog atau website. Cara kerjanya yaitu melakukan penulisan artikel untuk memberikan review kepada produk atau layanan orang lain. Kekuatan dari usaha online ini yaitu cara kepenulisan yang menarik sehingga bisa memberikan gambaran produk dan menarik konsumen.

Dengan memberikan layanan terbaik, maka seorang sponsored post akan dipilih oleh produsen untuk menyebarluaskan informasi produknya. Yang kemudian hal tersebut akan menarik pembeli dan seorang sponsored post mendapat keuntungan dari perjanjian awal dengan produsen yang memakai jasa tersebut.

usaha online yang menguntungkan 2

6. Publisher Iklan

Menjadi publisher iklan merupakan usaha online yang menguntungkan dan mudah dilakukan selanjutnya. Dengan bermodalkan website atau blog yang memilik trafik besar, maka Anda bisa menjadi seorang publisher iklan dan akan mendapatkan keuntungan untuk dipilih oleh produsen produk atau jasa untuk menempatkan iklannya di website Anda.

Cara kerja dari publisher iklan yaitu dengan memasang iklan suatu produk di website atau di blog yang dimiliki. Berupa iklan baris atau iklan yang bergambar dan terlihat oleh pembaca. Dengan hal tersebut maka pembaca akan tertarik untuk membeli suatu produk atau jasa di iklan tersebut.

Baca juga: Hak Paten: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkan Hak Paten di Indonesia 

7. Penulis Buku Self Publishing

Saat ini seorang penulis buku dan menerbitkan buku secara mandiri bisa menjadi hal yang menjanjikan. Apalagi jika seorang penulis buku merupakan tokoh yang sudah memiliki nama secara luas.

Atau jika buku yang diangkat merupakan buku yang banyak diminati masyarakat luas atau pembaca online di wattpad misalnya, maka self publishing ini menjadi produk yang menguntungkan dan menjanjikan secara jangka panjang.

Bagi seorang penulis buku, Anda bisa mengembangkan usahanya dengan mengikuti berbagai komunitas atau memaksimalkan sosial media sebagai tempat mempromosikan produknya. Sehingga buku yang Anda buat bisa tersebar luas ke masyarakat dan buku tersebut bisa terjual laris ke konsumen.

8. Membuka Kursus Online

Kursus online saat ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Karena kepraktisan dan jangkauan yang luas menjadi pilihan tepat. Banyak orang yang membutuhkan peningkatan skill dan keterampilan di bidang tertentu. Maka kursus online membuka peluang orang-orang untuk mendapatkan skil dan keterampilan yang dibutuhkan.

Kursus online ini bisa berupa kursus menulis, memasak, dan peningkatan skil lainnya. Secara nilai praktisnya kursus online tentu lebih mudah dan murah sehingga banyak yang akan mengikuti kursus tersebut. Harga ditentukan dari awal dimulainya kursus online dan disesuaikan dengan skil yang ditawarkan.

Baca juga: 10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Era Revolusi Industri 4.0

9. Jual Beli Domain Atau Website

Bagi yang ahli dalam pembuatan website atau pemburu domain dengan kualitas baik, hal ini bisa dijadikan usaha online yang menguntungkan.

Jual beli domain atau website disebut juga flapping. Yaitu dengan memaksimalkan skil dalam pengelolaan domain serta website. Sehingga hal tersebut menjadi modal awal memulai domain dan website saat dipilih orang.

Untuk memulainya maka bisa membuka pesanan kepada orang yang sedang membutuhkan domain atau website. Yang kemudian website dikelola mulai dari nol sehingga tampilan terlihat lebih menarik dan eyechating. Domain juga biasanya dibutuhkan oleh orang-orang yang akan mengoptimalkan blog pribadinya.

10. Jasa Konsultasi Online

Seorang konsultan bisa melakukan jasanya dengan cara online. Jasa ini disesuaikan dengan keahlian dari seorang konsultan. Dan tarif yang diberikan pun disesuaikan oleh masing-masing konsultan online. Sehingga jasa konsultasi online ini bisa menjangkau pelanggan lebih luas seluruh Indonesia.

Kekuatan dari jasa konsultasi online adalah media promosi yang dilakukan. Yaitu dengan memanfaatkan iklan di media sosial sehingga masyarakat luas mengenal jasa tersebut. Dan jika seseorang membutuhkan jasa tersebut bisa memakainya sewaktu-waktu. Biasanya jasa ini berkaitan dengan konsultasi psikologi, pembelajaran, kesehatan dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Tips Jualan Mainan Anak yang Menguntungkan

Kesimpulan

Itulah berbagai macam usaha online yang menguntungkan maka yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan dan keahlian Anda.

Disaat  kekuatan internet dan dunia digital saat ini telah berkembang secara pesar, memilih usaha berbasis online bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Jika usaha online Anda sudah berjalan, langkah selanjutnya adalah melakukan pembukuan yang menyeluruh dan dengan standar yang berlaku untuk kemudahan Anda dalam memeriksa keuntungan dan data finansial usaha dengan lebih mudah.

Kesulitan atau tidak bisa menggunakan pembukuan manual yang memakan waktu? Anda bisa mencoba software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, termasuk untuk bisnis online.

Dengan fitur yang mudah digunakan dan juga tampilan menarik, Anda bisa dengan mudah melakukan pembukuan bisnis dengan Accurate Online kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan