Adaptasi Bisnis: Pengertian Lengkap dan Strateginya

Perusahaan yang menunjukkan ketahanan dan beradaptasi dengan perubahan tak terduga jauh lebih mungkin untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Bahkan dengan rencana yang terperinci, keadaan dapat berubah secara tidak terduga, jadi memahami bagaimana melakukan adaptasi dengan perubahan dapat membantu bisnis ketika masalah muncul.

Eksperimen, pengembangan produk dan diversifikasi metode produksi dan distribusi adalah contoh strategi adaptasi bisnis yang dapat menguntungkan perusahaan di semua industri. Dalam artikel ini, kami mendefinisikan adaptasi bisnis, menjelaskan mengapa itu penting, dan menjelaskan beberapa strategi untuk membantu organisasi Anda beradaptasi dengan keadaan yang tidak terduga.

Apa itu adaptasi bisnis?

Adaptasi bisnis, atau adaptasi model bisnis, adalah serangkaian keputusan yang berhubungan dengan strategi pasar, struktur organisasi, dan transaksi organisasi. Kualitas adaptif ini memberi organisasi alat yang mereka butuhkan untuk menavigasi berbagai tantangan bisnis.

Adaptasi bisnis dan eksperimen strategi juga dapat membantu perusahaan tetap relevan dalam lanskap ekonomi yang selalu berubah. Ketika teknologi tumbuh dalam skala dan menjadi semakin efisien, strategi dan taktik untuk adaptasi bisnis yang cepat menjadi jauh lebih umum dan bersifat kreatif.

Bisnis paling sukses ketika mereka mampu melakukan hal berikut:

  • Mengevaluasi strategi dan produk pesaing mereka
  • Melakukan penelitian eksplorasi untuk mengidentifikasi tantangan potensial
  • Memanfaatkan berbagai sumber daya
  • Berkolaborasi dengan karyawan
  • Uji adaptasi produk baru tanpa takut gagal
  • Memanfaatkan teknologi, lingkungan virtual, dan komunitas online

Misalnya, jika pesaing mulai menjual produk hanya sedikit lebih baik daripada produk Anda, menyesuaikan bisnis Anda dengan perubahan pasar ini dapat membantu Anda tetap relevan dan menguntungkan. Untuk mengatasi tantangan ini, Anda dapat mengubah lokasi atau target basis pelanggan bisnis Anda untuk memanfaatkan pasar dan sumber daya yang belum dimanfaatkan.

Baca juga: Mengetahui Komponen yang Ada di Dalam Executive Summary

Strategi adaptasi bisnis

Untuk menunjukkan ketahanan dalam menghadapi ketidakpastian dan mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan, bisnis harus memiliki keterampilan untuk beradaptasi dengan cepat dan mengembangkan solusi kreatif untuk masalah yang kompleks.

Menjelajahi strategi adaptasi bisnis baru dapat membantu perusahaan Anda tetap relevan dan mempertahankan keunggulan pasar dalam persaingan. Berikut beberapa strategi adaptasi bisnis yang perlu diulas dan dipertimbangkan untuk masa depan:

Identifikasi sinyal perubahan sebelumnya

Untuk beradaptasi, perusahaan harus mengidentifikasi sinyal perubahan pasar, memecahkan kode sinyal tersebut dan menindaklanjutinya dengan cepat. Meningkatkan kemampuan membaca sinyal dapat merampingkan proses pengambilan keputusan sehingga perusahaan dapat memecahkan masalah secara real-time.

Sebuah perusahaan tangguh kehilangan pelanggan untuk pesaing perlahan-lahan dari waktu ke waktu mungkin bekerja untuk mengidentifikasi mengapa mereka kehilangan pelanggan, memberi mereka kemampuan untuk menyesuaikan produk atau taktik yang diperlukan untuk sukses di masa depan.

Contoh:

GoCam, perusahaan webcam yang populer, memiliki keunggulan pasar yang kompetitif karena harganya yang murah dan kampanye pemasaran yang unik. Namun, seorang karyawan yang melakukan penelitian eksplorasi di GoCam menemukan rencana pesaing untuk merilis versi baru dan lebih baik dari model webcam mereka sebelumnya.

Karena GoCam mengidentifikasi sinyal perubahan ini sebelum produk pesaing memasuki pasar, perusahaan akan dapat dengan cepat menyesuaikan strategi kampanye pemasaran mereka saat ini sebelum pesaing merilis model webcam mereka.

Mendorong eksplorasi dan eksperimen

Untuk mempersiapkan perubahan yang tidak terduga, akan sangat membantu jika Anda sering melakukan penelitian dan eksperimen proaktif. Manfaatkan berbagai alat virtual dan sumber daya teknologi untuk menghasilkan, menguji, dan mereplikasi ide dengan lebih efisien.

Lingkungan virtual dan komunitas online memberikan peluang bagi perusahaan untuk bereksperimen lebih sering dan pada skala yang jauh lebih luas daripada yang diizinkan metode tradisional di masa lalu.

Anda juga dapat melakukan eksperimen melalui karyawan Anda, meminta mereka untuk masukan strategis atau mengizinkan mereka untuk menerapkan teknik baru di tempat kerja untuk melihat apakah mereka mencapai hasil yang lebih diinginkan.

Contoh:

Pam’s Electronics mempekerjakan manajer baru untuk membantu bisnis beradaptasi dengan pesaing di area tersebut. Manajer baru mendorong semua karyawan untuk memikirkan cara meningkatkan kepuasan pelanggan dan bereksperimen dengan tanggung jawab pekerjaan tradisional mereka.

Karena itu, staf menemukan bahwa bekerja secara kolaboratif melalui aplikasi baru meningkatkan produktivitas dan suasana hati sepanjang hari. Segera setelah itu, ulasan pelanggan online meningkat frekuensinya dan mencakup 90% umpan balik positif.

Baca juga: Mockup Adalah Komponen Penting dalam Mendesain Produk, Ini Cara Membuatnya!

Perbarui dan uji produk ataulayanan baru

Adaptasi produk melibatkan modifikasi produk yang sudah ada sehingga cocok untuk berbagai pelanggan dan pasar. Strategi ini dapat membantu perusahaan tetap relevan karena nilai konsumen bergeser dari waktu ke waktu dan persaingan semakin ketat.

Jika sebuah bisnis mendapatkan sebagian besar keuntungannya dari membeli dan menjual produk atau layanan, akan sangat bermanfaat untuk memperbarui, menguji, dan mengevaluasi produk dan layanan baru secara teratur.

Terlibat dengan strategi adaptasi produk juga dapat membantu bisnis mengekspor dan mendistribusikan produk secara internasional untuk menjangkau basis pelanggan dan pasar yang lebih luas.

Budaya, pengembangan pasar, persaingan, dan hukum semuanya memainkan peran kunci dalam adaptasi produk. Mempertimbangkan lingkungan eksternal dan lanskap keuangan industri dapat membantu bisnis memprioritaskan adaptasi produk dan berkembang seiring waktu.

Contoh: Sebuah perusahaan mengembangkan strategi baru untuk adaptasi produk sehingga dapat menyesuaikan produk untuk target pasar tertentu di seluruh dunia. Strategi ini membantu perusahaan menghemat waktu, uang, dan sumber daya dengan menghindari produksi massal dan berfokus pada penyesuaian produk untuk beberapa pasar yang kurang dikenal.

Memperluas dan mendiversifikasi metode sumber

Bisnis dapat membuat diri mereka lebih tangguh dengan memanfaatkan metode sumber yang lebih luas, atau memiliki banyak pemasok berbeda untuk satu produk. Hal ini dapat mengurangi risiko produksi berlebih ketika permintaan konsumen bergeser atau lanskap ekonomi berubah.

Mengandalkan sumber pasokan tunggal dapat menyebabkan tantangan tak terduga di masa depan, jadi menjelajahi peluang untuk mendapatkan produk secara lebih efisien dan luas dapat membantu Anda saat hambatan muncul.

Contoh:

Perusahaan jus buah menghadapi tantangan potensial karena keadaan lingkungan yang tidak terduga dan kondisi cuaca yang mempengaruhi panen dan pengiriman buah. Karena perusahaan memperoleh buahnya dari beberapa metode berbeda di berbagai lokasi di seluruh negeri, meskipun demikian, perusahaan dapat terus menjual jus sepanjang tahun kalender.

Ini menempatkan mereka pada keunggulan kompetitif, karena sebagian besar perusahaan jus lain mengambil bahan dari wilayah geografis yang terbatas.

Baca juga: Sunk Cost: Pengertian dan 4 Contohnya yang Terjadi dalam Bisnis

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai adaptasi dalam bisnis dan berbagai contoh yang mungkin bisa Anda terapkan dalam usaha Anda. Semakin  pesat kemajuan teknologi membuat setiap bisnis harus beradaptasi dengan perubahan yang semakin cepat, contohnya pada proses bisnis termasuk dalam proses pembukuan Anda.

Hindati pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan dan mulai beralih menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk mempermudah proses pembukuan bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pembukuan dan pengelolaan operasional bisnis dengan optimal dan efisien.

Jadi tunggu apalagi? Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.