Mengetahui Komponen yang Ada di Dalam Executive Summary

Menulis rencana bisnis adalah keterampilan penting yang harus dimiliki semua profesional sehingga mereka dapat berkontribusi pada pembuatan dokumen profesional. Ringkasan eksekutif atau executive summary memungkinkan para profesional bisnis dan kandidat pekerjaan untuk meringkas topik-topik penting dan memberi diri mereka kesempatan terbaik untuk membangun bisnis

Dengan meninjau komponen executive summary dan di mana menggunakan executive summarysecara efektif, Anda dapat menyusun dokumen profesional yang mendorong dukungan pembaca.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan executive summary atau ringkasan eksekutif, memberi tahu Anda fungsinya, meninjau komponen utama executive summary dan memberikan contoh ringkasan eksekutif untuk membantu Anda menulis ringkasan Anda sendiri.

Apa itu executive summary?

Executive summary atau ringkasan eksekutif adalah bagian pertama dalam dokumen yang dapat mencakup panjang paragraf atau beberapa halaman. Ini merangkum setiap bagian dalam dokumen bersama dengan informasi penting tentang perusahaan, departemen atau individu.

Anda dapat memasukkan ringkasan eksekutif ke dalam berbagai dokumen profesional. Berikut beberapa contohnya:

  • Rencana/proposal bisnis: Pemilik bisnis dan eksekutif puncak membuat rencana atau proposal bisnis untuk membujuk investor agar mendanai awal perusahaan mereka atau inisiatif tertentu di dalam perusahaan mereka.
  • Laporan keuangan: Profesional keuangan di perusahaan memasukkan ringkasan eksekutif dalam laporan keuangan seperti laporan keuangan tahunan dan laporan keuangan triwulanan. Ini memungkinkan mereka untuk menyoroti keadaan keuangan perusahaan saat ini, informasi audit, prediksi pendapatan, dan kebijakan akuntansi.
  • Laporan penjualan: Ringkasan eksekutif dalam laporan penjualan memungkinkan profesional penjualan untuk menyoroti produk terlaris, KPI seperti tingkat retensi pelanggan dan proyeksi pertumbuhan penjualan berdasarkan angka saat ini.
  • Proposal pemasaran: Untuk profesional pemasaran dan kreatif, termasuk ringkasan eksekutif dalam proposal pemasaran membantu membujuk manajer atau direktur pemasaran untuk mempertimbangkan ide-ide mereka untuk taktik kampanye baru.
  • Resume profesional: Anda juga dapat menemukan ringkasan eksekutif di bagian atas resume profesional. Ini memberi pemberi kerja deskripsi singkat tentang kualifikasi kandidat dan keterampilan relatif terhadap pekerjaan yang bersangkutan.

Baca juga: Kontraktor dan Sub Kontraktor: Pengertian dan Perbedaannya

Mengapa executive summary penting?

Executive summary penting karena membantu pembaca menumbuhkan pemahaman tentang dokumen secara keseluruhan sebelum mereka mulai membaca lebih mendalam. Juga, jika Anda menulis ringkasan eksekutif yang menarik dengan komponen dan informasi yang tepat, Anda memiliki kemampuan untuk membujuk calon mitra bisnis, pemberi kerja, atau pemimpin perusahaan untuk mempertimbangkan proposal Anda lebih lanjut.

Komponen executive summary

Saat menulis executive summary Anda, ada beberapa komponen yang harus Anda sertakan. Anda dapat mengubah judul bagian karena berkaitan dengan tujuan atau preferensi spesifik Anda. Berikut adalah beberapa komponen kunci dari ringkasan eksekutif untuk Anda masukkan ke dalam ringkasan Anda sendiri:

Proyek, ringkasan bisnis, atau pernyataan misi

Bagian pertama dari ringkasan eksekutif harus memperkenalkan item yang Anda promosikan melalui laporan Anda. Bagian ini harus mendefinisikan bisnis atau inisiatif bisnis Anda dan memberikan gambaran singkat tentang apa yang ditawarkan dan siapa yang akan mendapat manfaat darinya.

Jika Anda membuat proposal untuk proyek bisnis, Anda dapat memberi judul bagian ini “ringkasan proyek”. Jika Anda menganjurkan lebih banyak pendanaan atau kemitraan potensial untuk bisnis baru atau yang sudah ada, Anda dapat memberi judul bagian ini “ringkasan bisnis” atau “pernyataan misi”.

Masalah dan solusi

Bagian ini memungkinkan pembaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengapa Anda berekspansi ke pasar baru, menjual sebagian bisnis Anda, atau mengubah operasi perusahaan atau departemen.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menguraikan solusi yang ingin Anda capai dengan mengatasi dan mengatasi masalah. Anda dapat menggabungkan bagian ini dengan bagian pertama atau membuatnya sendiri tergantung pada cakupan informasi yang ingin Anda sertakan.

Baca juga: Benchmarking Bisnis: Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis

Latar belakang

Bagian latar belakang menguraikan tindakan dan peristiwa yang mengarah pada penciptaan perusahaan, proyek bisnis, atau inisiatif bisnis lainnya. Anda juga dapat menggabungkan bagian ini untuk memasukkan masalah dan solusi jika berlaku.

Di akhir bagian latar belakang Anda, Anda harus menyebutkan anggota tim atau eksekutif lainnya, peran mereka dalam perusahaan dan, jika perlu, deskripsi singkat tentang pengalaman profesional mereka sebelumnya yang menambah kredibilitas bisnis Anda.

Riset pasar dan keunggulan kompetitif

Investor ingin tahu apakah Anda memiliki pemahaman tentang tren industri, detail pesaing, dan kebutuhan pelanggan. Bagian riset pasar dan keunggulan kompetitif harus menyoroti penelitian dan pengetahuan Anda tentang industri bisnis Anda, dan bagaimana bisnis Anda berbeda dari yang lain di tingkat lokal, negara bagian, atau nasional. Anda juga dapat menggunakan bagian ini untuk mengetahui kelemahan perusahaan Anda dan bagaimana Anda berencana untuk mengatasinya.

Model bisnis

Jika Anda menulis ringkasan eksekutif untuk meyakinkan investor atau pemimpin perusahaan agar mendukung inisiatif atau proyek tertentu, Anda dapat mengganti bagian “model bisnis” dengan “proses” atau “struktur proyek”.

Informasi keuangan, proyeksi dan pendanaan

Bagian keuangan mungkin berbeda tergantung pada apakah Anda memiliki bisnis baru atau bisnis yang sudah mapan. Misalnya, jika Anda berencana untuk memulai bisnis dan membutuhkan dana, bagian keuangan harus menyoroti proyeksi ekspektasi pertumbuhan Anda dari waktu ke waktu dan potensi pendapatan untuk tahun pertama bisnis.

Sebaliknya, jika Anda memimpin atau bekerja untuk bisnis yang sudah mapan, bagian keuangan harus menguraikan data keuangan masa lalu, saat ini, dan proyeksi Anda. Untuk para profesional yang ingin mendapatkan dana untuk proyek internal perusahaan, bagian keuangan harus menyoroti kebutuhan penganggaran mereka untuk menyelesaikan proyek dengan sukses.

Rekomendasi untuk pertumbuhan

Hanya sertakan bagian rekomendasi jika Anda menganjurkan proyek atau inisiatif bisnis. Bagian ini merangkum bagaimana perusahaan harus menyesuaikan diri dengan perubahan berdasarkan inisiatif, kebijakan, atau struktur organisasi baru.

Baca juga: Siklus Bisnis: Pengertian Lengkap dan 5 Tahapnya

Contoh executive summary

Ada berbagai cara berbeda untuk menyusun ringkasan eksekutif Anda berdasarkan informasi yang ingin Anda sajikan dan alasan Anda untuk menulisnya. Berikut adalah contoh ringkasan eksekutif umum yang akan digunakan bisnis baru untuk menarik investor dan menerima dana:

Misi kita

Clawson’s Cafe and Tea Emporium akan menawarkan ruang yang hangat dan semarak bagi pecinta kopi dan teh untuk membaca, mendengarkan musik, dan membeli minuman kopi atau teh berkualitas. Kami akan memiliki menu dengan latte khusus, campuran teh, dan pilihan minuman yang dapat disesuaikan selain pilihan makanan panggang yang lezat.

Pelanggan juga dapat membeli biji kopi panggang dan teh daun lepas favorit mereka untuk dinikmati di rumah. Semua kopi, teh, dan makanan panggang kami akan bersumber dari usaha kecil di daerah setempat untuk mendorong kemitraan yang bermanfaat dengan pemilik bisnis lokal dan inisiatif keberlanjutan.

Latar belakang

Clawson’s Cafe and Tea Emporium telah menjadi impian Kayla  sejak dia pindah ke Blok M pada tahun 2010. Blok M adalah tujuan yang sedang naik daun bagi para anak muda, memiliki area pusat perbelannjaan yang ramai dan menarik untuk dinikmati semua orang. Kayla memiliki pengalaman kerja sebelumnya sebagai barista dan manajer kafe tetapi terkejut ketika dia menyadari bahwa di daerah Blok M hanya memiliki tiga kafe, salah satunya adalah merek kafe multinasional.

Saat itulah dia memutuskan untuk mengejar mimpinya membuka kafe sendiri. Pada tahun 2018, ia membeli sebuah bangunan bersejarah berlantai dua tepat di jalan utama. Bersama dengan pendiri kami, Kayla, kami juga memiliki:

  • Andi Wijaya – Manajer Kafe
  • Monica Sasna – Kepala Barista
  • Alex Nurdin – Koordinator Penjangkauan Pemasok dan Spesialis Inventaris
  • Suherma – Konsultan Akuntansi dan Pajak

Model bisnis

  • Target pelanggan: Penduduk lokal, pengunjung yang sering berkunjung, dan turis berusia antara 16 dan 65+.*
  • Harga produk: Harga rata-rata untuk kopi antara 15.000 dan 25.000  tergantung pada ukuran, harga rata-rata untuk teh akan antara 10.000 dan 20.000 tergantung pada ukuran juga. Harga makanan yang dipanggang akan berkisar antara 20.000  dan 40.000
  • Strategi pemasaran: Pasang tanda di sekitar toko setempat, berkolaborasi dengan acara komunitas untuk mendapatkan eksposur dan gunakan media sosial untuk terlibat dengan anggota masyarakat setempat.*

Produk dan layanan

Kami berencana untuk menawarkan berbagai minuman dan makanan untuk memenuhi preferensi individu pelanggan kami. Berikut adalah produk yang kami miliki saat ini di menu kami:

Menu kopi

(Es atau panas)

  • Americano
  • Cappucino
  • Macchiato
  • Espreso
  • Flat White
  • Latte
  • Chia latte
  • Moka

(Brews tersedia dalam wadah kemasan)

  • Dark roast
  • Medium roast
  • Light roast

Menu teh

(Tersedia dalam kemasan kemasan juga)

  • Earl grey
  • Green tea
  • Lemon ginger
  • Apple spice
  • Oolong
  • Peppermint

Pilihan roti

  • Roti
  • Roti bagel
  • Kue kopi
  • Biscotti
  • Muffins

Pasar dan keunggulan kompetitif

Di area Blok M, hanya ada tiga kafe lain. Salah satunya adalah cafe dengan merek internasional yang terkenal. Dua lainnya adalah kafe lokal mapan yang terletak sekitar tujuh kilometer di kedua arah, dari Clawson’s Cafe dan Tea Emporium. Apa yang membuat Clawson menonjol adalah bahwa ini adalah satu-satunya kafe yang terletak di jalan utama Blok M, yang sekarang menjadi pusat pariwisata.

Clawson’s juga merupakan satu-satunya kafe yang menawarkan tempat duduk yang cukup luas di dua lantainya dan merupakan satu-satunya kafe di Blok M di mana pelanggan bisa mendapatkan produk lokal.

Proyeksi keuangan

Kami memproyeksikan bahwa dalam tahun pertama bisnis kami, kami akan menghasilkan 2 Milyar dengan tingkat pertumbuhan $10 persen di tahun-tahun berikutnya.

Kebutuhan dana

Kami membutuhkan dana sekitar 1 milyar untuk membantu memulai bisnis kami. Pendiri telah mengumpulkan sisa biaya yang diperlukan melalui tabungan pribadi dan pinjaman 500 juta.

Baca juga: Sunk Cost: Pengertian dan 4 Contohnya yang Terjadi dalam Bisnis

Kesimpulan

Itulah pembahasan lenngkap mengenai executive summary atau ringkasan eksekutif dan komponen yang ada di dalamnya. Pada dasarnya, tidak ada aturan baku dalam membuat executive summary, namun Anda tetap harus mempelajari karakteristik penulisannya yang baik dan benar agar pihak investor atau peminjam dana bersedia membantu Anda.

Jika Anda sudah mendapatkan pendanaan, maka Anda harus bisa mengatur dana tersebut dengan baik agar Anda bisa mengembalikan dana mereka sekaligus mendapatkan keuntungan yang besar.

Nah, agar lebih memudahkan Anda dalam mengatur dana perusahaan, gunakanlah aplikasi akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas, rekonsiliasi bank, laporan perubahan modal, dll. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan

 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.