Apa itu Chatbot? Kenapa Fitur ini Terbaik Untuk Bisnis Digital?

Sebagai seorang pebisnis, khususnya bisnis yang bergerak dalam bidang digital, chatbot adalah suatu komponen yang penting dan wajib Anda gunakan.

Ketika kita hendak menanyakan suatu barang pada penjual melalui WhatsApp, FB Messenger atau media sosial lainnya, tentu kita pernah mendapatkan jawaban yang cepat dan otomatis. Nah, layanan inilah yang kita sebut dengan chatbot.

Chatbot adalah suatu hal yang harus digunakan oleh para pebisnis karena mampu meringankan pekerjaan, khususnya saat harus menjawab pesan pelanggan secara cepat. Fungsi chatbot memang masih belum mampu sepenuhnya mengganti peran penting manusia.

Tapi ketika Anda berada pada kondisi di mana banyak sekali pelanggan yang mengajukan pertanyaan pada produk ataupun bisnis Anda, maka chatbot adalah hal yang sangat tepat untuk membantu Anda.

Nah, bila Anda penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat chatbot untuk bisnis, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap khusus untuk Anda.

Pengertian Chatbot Adalah

Dilansir dari laman Investopedia, Chatbot adalah suatu program komputer yang mampu mensimulasikan percakapan manusia via obrolan teks, perintah suara, atau gabungan keduanya. Selain itu, Chatbot adalah suatu kependekan kata dari chatterbot yang merupakan suatu kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).Beberapa orang juga ada yang menyebut chatbot sebagai bot, talkbot, dll.

Sementara itu, Forbes menjelaskan bahwa chatbot adalah suatu aplikasi interaktif yang dibuat untuk bisa melakukan interaksi dengan manusia lewat berbagai platform, termasuk layanan pengiriman pesan yang memanfaatkan teks sebagai media komunikasi.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa chatbot atau chat robot adalah suatu layanan percakapan virtual dengan salah satu pihaknya bertindak sebagai robot. Tapi, robot ini mampu memahami perintah dan juga menjawab pertanyaan secara cepat dan juga tepat.

Dilansir dari laman Business Insider, terdapat beberapa survei yang melaporkan bahwa chatbot adalah suatu fitur yang mulai digunakan oleh para pebisnis. Salah satunya adalah survei yang dilakukan oleh Oracle, mereka melaporkan bahwa sebanyak 80% para marketer berencana untuk memanfaatkan chatbot dalam bisnisnya di tahun 2020.

Hal ini dikarenakan penggunaan chat robot diklaim lebih hemat daripada mereka menggunakan sumber daya manusia. Seperti yang kita tahu, menggunakan sumber daya manusia harus mengeluarkan dana yang cukup besar, mulai dari gaji, hingga tunjangan lainnya seperti bonus ataupun jaminan kesehatan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Year-Over-Year Growth Pada Bisnis?

Jenis Chatbot

Seperti yang sudah dijelaskan di dalam laman resmi Oracle, terdapat dua jenis chatbot. Apa saja? Ini penjelasannya:

1. Chatbot yang Berorientasi Pada Tugas

Jenis chatbot ini adalah suatu program yang dibuat dengan tujuan utama yang fokus dalam menjalankan suatu fungsi tertentu saja. Chat robot ini mampu memberikan respon secara otomatis, seperti percakapan agar bisa menjawab pertanyaan dengan cepat dari para pengguna.

Bentuk interaksi yang dilakukan akan spesifik dan juga terstruktur, sehingga sangat cocok untuk memberikan layanan untuk para pengguna.

Bentuk obrolannya juga akan lebih berorientasi pada tugas agar bisa menjawab pertanyaan umum, seperti jam buka toko, ketersediaan barang, ataupun transaksi yang sederhana. Jenis chat robot ini sangat banyak digunakan pada suatu bisnis.

2. Chatbot yang Bekerja dengan Dasar Data dan Prediktif

Chatbot jenis ini sering disebut sebagai asisten virtual atau asisten digital. Kenapa? karena chat robot ini terkenal akan kecanggihannya. Lebih dari itu, jenis chat robot ini juga terkenal lebih interaktif dan mampu dipersonalisasi lebih baik dari pada jenis chatbot sebelumnya.

Chatbot ini sudah dilengkapi dengan fitur kecerdasan prediktif dan analitik, sehingga memungkinkan personalisasi berdasarkan perilaku dan juga profil para pengguna.

Jadi, jenis chatbot ini mampu memahami preferensi pengguna seiring berjalannya waktu, memberikan rekomendasi tertentu, dan mampu mengantisipasi kebutuhan dari para pengguna. Beberapa contoh jenis chat robot yang canggih ini adalah Alexa dari Amazon, Siri dari Apple, dan Google Assistant dari Google.

Keuntungan Menggunakan Chatbot untuk Bisnis

Setelah kita memahami pengertian dan juga cara kerjanya, maka kita harus mengetahui manfaatnya untuk suatu bisnis ketika menggunakan chat robot. Nah, manfaat chatbot adalah sebagai berikut:

1. Menghemat waktu

Manfaat pertama dari chatbot adalah mampu menghemat waktu untuk para pelanggan yang ingin memperoleh informasi dari toko ataupun bisnis Anda.

Chatbot mampu memberikan informasi yang sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh para konsumen. Sehingga, mereka sudah tidak perlu lagi menunggu waktu lama agar bisa mendapatkan jawaban ataupun tanggapan dari pebisnis.

Tentunya manfaat ini mampu membantu bisnis untuk bisa lebih produktif, karena mereka tidak perlu lagi menjawab pertanyaan satu per satu dari para konsumen.

2. Memberikan Kepuasan yang Lebih Baik Pada Pelanggan

Keuntungan kedua dari chatbot adalah mampu memberikan kepuasan pada pelanggan secara lebih baik. Kenapa? karena chatbot akan selalu siap selama 1×24 jam untuk menjawab pertanyaan dari para konsumen.

Hal ini senada dengan apa yang dijelaskan oleh Due, ketika ada pelanggan yang tidak memperoleh jawaban dengan cepat, maka mereka akan kesal dan tidak lagi berminat untuk menjadi pelanggan bisnis tersebut. Tapi dengan menggunakan chat robot, maka hal tersebut bisa dihindari.

3. Tidak Memerlukan Dana yang Besar

Sebelumnya sudah kita bahwa bersama bahwa alasan kenapa banyak bisnis yang mulai memanfaatkan chatbot adalah lebih hemat, efektif dan juga efisien.

Suatu perusahaan yang memanfaatkan chat robot sudah tentu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menggaji karyawan. Dilansir dari Tempo, setiap perusahaan yang menggunakan chat robot bahkan mampu meminimalisir biaya customer service sampai 30% banyaknya.

4. Mengurangi Kesalahan

Tentu kita tahu tidak ada satupun karyawan yang sempurna dan tidak pernah melakukan sedikitpun kesalahan. Seorang customer service pun tentunya berpeluang melakukan kesalahan, baik itu kesalahan ringan ataupun berat.

Tapi, hal tersebut bisa dihindari dengan menggunakan layanan chat robot. Kenapa? karena setiap jawaban yang diajukan oleh konsumen akan selalu dijawab dengan tepat sesuai dengan instruksi. Sehingga, setiap bentuk kesalahan bisa dihindari dan pelanggan pun tidak akan menerima jawab yang salah.

Referensi Platform Chatbot Terbaik

Asisten virtual atau chatbot adalah suatu platform yang mampu membantu Anda dalam mengotomatiskan setiap elemen bisnis, seperti pemasaran, penjualan ataupun pelayanan.

Untuk Anda yang tertarik untuk menggunakan layanan chat robot, terdapat beberapa rekomendasi platform chatbot builder yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. MobileMonkey

Umumnya teknologi ini digunakan oleh Facebook Messenger, SMS, hingga website. Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan tingkat konversi yang tinggi dengan menggunakan platform chat robot ini.

Terlebih lagi, Anda juga bisa menghubungkannya dengan drip marketing, ad campaign, list kontak konsumen, dan juga tools pesan broadcast.

Namun bila Anda menggunakan versi gratisnya, Anda hanya bisa menggunakan list kontak konsumen dan juga fitur yang sangat terbatas.

Hal ini tentunya berbeda bila Anda menggunakan versi Premium Plan yang dibandrol dengan harga $149 perbulan, Anda bisa menikmati berbagai fitur lengkap, termasuk kapasitas 5000 daftar kontak pelanggan.

2. Botsify

Jika Anda memerlukan teknologi chatbot yang berkualitas dan juga instan, maka Botsify adalah solusinya. Platform ini bisa Anda hubungkan dengan Facebook Messenger, Website, hingga Slack. Cara penggunaan yang mudah tidak mengurangi kualitasnya dalam hal menanggapi pesan dari pelanggan yang sifatnya kompleks.

Walaupun ada pesan yang sulit untuk dijawab, bot ini akan mengarahkannya secara otomatis pada customer service. Anda bisa mencoba platform yang satu ini dengan layanan free trial selama 14 hari. Selanjutnya, Anda harus mengubahnya ke layanan pro dengan biaya $50 per bulan untuk menikmati seluruh fiturnya.

3. Vutura Chatbot Indonesia

Terdapat platform chatbot buatan asli Indonesia, yaitu Vutura Chatbot. Platform ini tentunya tidak kalah dengan dua platform chat robot sebelumnya. Dengan menggunakan chat robot ini, Anda bisa membuat teknologi chat robot secara instan.

Selain itu, Anda bisa menghubungkannya dengan Facebook Messenger, Telegram, Line, hingga Website bisnis Anda.

Baca juga: Tips Mengatasi Pelanggan yang Marah dan Kecewa Pada Bisnis

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis online, pelayanan fast respon menjadi prioritas paling utama. Kenapa? karena pelanggan tidak suka dengan pelayanan yang slow respond. Nah, chatbot adalah layanan obrolan robot atau tokoh virtual yang dibekali dengan kecerdasan buatan, sehingga mampu meniru percakapan yang dilakukan manusia via chat, pesan suara atau kombinasi keduanya.

Sebagai pebisnis, Anda bisa memanfaatkan chat robot sebagai customer service pada media sosial bisnis Anda. selain itu, Anda juga bisa menyebarkan promo ataupun gambar yang mampu menarik perhatian audiens.

Chatbot pun mempunyai kosa kata yang terbatas, sehingga bila ada berbagai pertanyaan yang sifatnya teknis atau detail, chat robot akan langsung mengarahkannya pada customer service Anda secara otomatis.

Namun, Anda harus menyiapkan anggaran tertentu untuk bisa menggunakan chat robot. Nah, anggaran ini tentunya harus Anda kelola dengan baik dan Anda catat di laporan keuangan secara rapi dan tepat. Untuk membantu Anda dalam mencatat laporan keuangan tersebut, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online sangat cocok untuk digunakan oleh berbagai skala bisnis, mulai dari bisnis kecil, menengah, dan bisnis besar. Di dalamnya, Anda akan mendapatkan 200 lebih jenis laporan keuangan secara otomatis, akurat, tepat, dan bisa diakses di mana saja dan kapan saja Anda inginkan.

Terlebih lagi, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu membantu Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Anda bisa menjajalnya terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tombol tautan di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.