Bagaimana Cara Menghitung Year-Over-Year Growth Pada Bisnis?

Menghitung pertumbuhan bisnis Anda dari tahun ke tahun atau year over year growth dapat menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan kepada investor atau pemberi pinjaman seberapa sukses bisnis Anda dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu year over year growth, cara menghitung year over year growth dan mengapa pertumbuhan itu penting bagi bisnis kecil dan musiman.

Apa itu Year Over Oear Growth?

Year over year growth (YOY) atau pertumbuhan tahun-ke-tahun adalah solusi yang Anda peroleh ketika Anda membandingkan statistik kinerja bisnis dari bulan atau kuartal tertentu di tahun sebelumnya dengan kerangka waktu yang sama tahun ini.

Melakukan hal ini membantu menentukan seberapa besar pertumbuhan perusahaan Anda dibandingkan dengan periode tertentu tahun lalu. Saat menentukan pertumbuhan perusahaan dari tahun ke tahun, Anda dapat membandingkan statistik kinerja seperti pendapatan, jumlah pekerjaan, atau tingkat pengiriman barang.

Statistik ini dapat digunakan tidak hanya untuk membantu Anda memperoleh perspektif yang lebih baik tentang kinerja perusahaan Anda, tetapi juga untuk memberi tahu investor, pemberi pinjaman, atau mitra potensial tentang seberapa baik kinerja perusahaan Anda.

Ini dapat membantu mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa sukses perusahaan Anda sejauh ini dan seberapa suksesnya di tahun-tahun mendatang.

Manfaat Year Over Oear Growth

Mengetahui pertumbuhan perusahaan Anda dari tahun ke tahun dapat menjadi bukti tertulis bahwa perusahaan Anda berhasil dan akan terus berhasil. Menghitung dan menampilkan pertumbuhan Anda dari tahun ke tahun dapat bermanfaat karena alasan berikut:

Lebih akurat untuk bisnis musiman

Beberapa bisnis mungkin memilih untuk melacak hasil mereka dengan membandingkannya dengan hasil bulan atau kuartal sebelumnya. Meskipun ini mungkin berguna bagi sebagian orang, bisnis musiman lainnya mungkin tidak mendapat manfaat dari metode ini. Sebaliknya, year over year growth membandingkan statistik mereka dengan musim yang sama tahun lalu untuk perbandingan kinerja yang lebih baik.

Baca juga: Tips Mengatasi Pelanggan yang Marah dan Kecewa Pada Bisnis

Hasil terlihat lebih jelas

Karena keberhasilan bisnis dapat bervariasi per bulan, melihat kinerjanya setiap bulan dapat membuat perusahaan terlihat tidak stabil, bahkan jika kinerjanya baik selama musimnya. Dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun, membandingkan bulan atau kuartal tertentu dapat memperlancar statistik dengan lebih baik dan membuatnya terlihat lebih andal bagi investor.

Sederhana untuk melacak dan menghitung

ebagian besar statistik dan analitik bisnis dapat dilacak menggunakan spreadsheet Microsoft Excel atau perangkat lunak data bisnis lainnya. Karena ini bisa memakan waktu dan rumit, menghitung pertumbuhan Anda dari tahun ke tahun dilakukan dengan menggunakan perhitungan sederhana.

Lebih memahami peningkatan apa yang dapat Anda lakukan

Dengan menentukan pertumbuhan dari tahun ke tahun, Anda dapat melihat hasil dari berbagai aspek kinerja perusahaan Anda. Ini dapat membantu Anda lebih memahami apa yang berhasil dan peningkatan spesifik apa yang dapat Anda lakukan.

Bagaimana Cara Menghitung Year Over Oear Growth?

Anda dapat menghitung pertumbuhan dari tahun ke tahun dengan mengumpulkan statistik spesifik dan menggunakan rumus sederhana untuk mendapatkan hasil Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghitung pertumbuhan dari tahun ke tahun.

1. Tentukan jangka waktu yang ingin Anda bandingkan

Sebelum memulai persamaan, Anda harus menentukan periode waktu yang terbaik untuk dibandingkan. Jika Anda yakin Anda baru saja menyelesaikan musim yang sukses, Anda dapat membandingkan kuartal sebelumnya dengan tahun lalu.

Anda juga dapat membandingkan statistik bulanan tahun ini dengan tahun lalu untuk menunjukkan peningkatan Anda kepada calon pemberi pinjaman atau investor.

2. Ambil data perusahaan Anda dari tahun ini dan tahun sebelumnya

Setelah Anda menetapkan jangka waktu yang ingin Anda bandingkan, Anda dapat mulai mengumpulkan hasil. Jika Anda tidak yakin di mana hasil ini mungkin berada, periksa neraca perusahaan Anda.

Ini harus mencantumkan kinerja Anda sebelumnya dan informasi keuangan yang diperoleh perusahaan Anda sebelumnya. Setelah Anda mengumpulkan tahun lalu, Anda juga dapat menemukan tahun ini dan menyiapkan keduanya untuk dimasukkan ke dalam persamaan.

Baca juga: Mengenal Growth Rate Dan Cara Menghitungnya Dalam Bisnis

3. Kurangi angka tahun lalu dari tahun ini

Jika Anda memiliki kedua angka tersebut, Anda dapat mulai menemukan tingkat pertumbuhan Anda dengan mengurangkan angka kinerja tahun lalu dari tahun ini.

Misalnya, jika bisnis ritel snowboard Anda menjual 500 item selama bulan November tahun ini dan menjual 430 pada November lalu, persamaan Anda adalah 500 – 430 = 70.

Karena angka ini positif, itu berarti Anda memperoleh keuntungan dari tahun ke tahun, bukan kerugian dari tahun ke tahun. Ini menunjukkan bahwa Anda memberikan hasil yang lebih baik dari tahun lalu.

4. Bagi total dengan angka tahun lalu

Untuk melanjutkan, ambil jumlah total dari persamaan sebelumnya dan bagi dengan angka tahun lalu. Dengan menggunakan contoh sebelumnya, Anda akan mengambil total persamaan, 70, dan membaginya dengan 430. Ini akan membuat persamaan, 70 430 = 0,1627.

5. Kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase akhir

Langkah terakhir untuk menemukan tingkat pertumbuhan tahun-ke-tahun Anda adalah mengubah total ini menjadi persentase. Anda dapat melakukannya dengan mengalikan jumlah total dengan 100. Berikut persamaan Anda: 0,1627 x 100 = 16,27. Bulatkan hingga satu titik desimal dan tambahkan persentase. Ini membuat tingkat pertumbuhan Anda 16,3%.

6. Analisis dan evaluasi total keuntungan Anda

Anda sekarang dapat menggunakan total ini saat menunjukkan kesuksesan Anda kepada investor atau pemberi pinjaman. Ini dapat membantu mereka mendapatkan gambaran tentang seberapa baik kinerja bisnis Anda. Anda dapat menggunakan nomor ini untuk merinci bagaimana Anda berencana untuk melakukan tingkat pertumbuhan YOY yang lebih tinggi tahun depan.

Jika total Anda adalah angka negatif dan tampak sebagai kerugian daripada pertumbuhan, Anda dapat menggunakan ini untuk menentukan peningkatan apa yang perlu dilakukan untuk menerima hasil positif selama penghitungan tingkat pertumbuhan tahun-ke-tahun berikutnya.

Mengapa Year Over Oear Growth Penting untuk Usaha Kecil?

Jika bisnis Anda lebih kecil, mungkin akan lebih sulit untuk memberikan statistik kinerja yang tampak sangat mengesankan. Ini mungkin menyulitkan untuk menerima pendanaan atau dukungan keuangan dari investor.

Berikut adalah alasan umum mengapa pertumbuhan dari tahun ke tahun dapat menjadi statistik penting untuk dihitung oleh usaha kecil.

Evaluasi item apa yang harus menerima lebih banyak dukungan keuangan

Menghitung pertumbuhan dari tahun ke tahun bisa menjadi cara yang bagus untuk menentukan keberhasilan produk tertentu yang dijual bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki toko pakaian dan ingin mengetahui seberapa baik penjualan sepatu Anda, Anda dapat menggunakan perhitungan tingkat pertumbuhan dari tahun ke tahun untuk menentukan keberhasilannya.

Jika Anda mengetahui bahwa tingkat pertumbuhan penjualan sepatu telah menurun, Anda dapat memutuskan untuk membelanjakan lebih sedikit anggaran Anda untuk sepatu. Anda malah dapat lebih memfokuskan anggaran Anda pada produk yang lebih sukses atau untuk meningkatkan bagian lain dari bisnis Anda.

Baca juga: Cara Mudah Jual-Beli Barang Bekas dan Rekomendasi Tempat Terbaiknya

Pelajari seberapa efisien bisnis Anda

Melihat pertumbuhan Anda dari tahun ke tahun dapat membantu Anda menentukan seberapa cepat perusahaan Anda menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Misalnya, jika perusahaan Anda mengirimkan barang, Anda dapat menggunakan year over year growth untuk mengukur berapa banyak barang yang Anda kirim sepanjang bulan tahun ini dibandingkan tahun lalu. Jika telah meningkat secara signifikan, ini dapat menunjukkan seberapa besar efisiensi Anda telah meningkat.

Jika jumlah itu tidak jauh lebih besar dari tahun lalu, Anda akan tahu bahwa Anda perlu menerapkan perubahan untuk meningkatkan efisiensi Anda sehingga lebih banyak produk dapat dikirimkan dan akhirnya dijual.

Negosiasikan harga barang Anda, jika memungkinkan

Jika Anda membeli sebagian besar produk Anda dari vendor, Anda dapat menggunakan pertumbuhan dari tahun ke tahun untuk menentukan apakah harga yang Anda bayar untuk produk ini masuk akal.

Misalnya, jika bisnis seni dan kerajinan Anda menjual kertas dan membelinya dalam jumlah besar dari perusahaan lain, Anda dapat menggunakan pertumbuhan dari tahun ke tahun untuk menentukan apakah Anda menjual cukup kertas untuk membayar vendor.

Ini berarti Anda mungkin perlu menggunakan total pertumbuhan tahun-ke-tahun ini untuk bernegosiasi dengan vendor dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda mungkin perlu membayar jumlah yang berbeda untuk pasokan massal.

Mengapa Year Over Oear Growth Penting untuk Bisnis Musiman?

Jika Anda memiliki bisnis musiman, menggunakan perbandingan dasar dari bulan ke bulan dan kuartalan dapat membuat bisnis Anda terlihat kurang berhasil daripada yang sebenarnya.

Misalnya, jika Anda memiliki toko ritel pakaian muslim, musim sukses Anda mungkin adalah bulan dimana banyak orang berbelanja busana muslim, yang sering kali terjadi di bulan Ramadhan. Ini berarti jika Anda membandingkan penjualan Anda di bulan norma dengan bulan Ramadahan, mungkin membuat bisnis Anda terlihat tidak stabil.

Sebaliknya, menggunakan statistik tahun-ke-tahun dapat membandingkan kuartal atau bulan tertentu untuk menunjukkan seberapa baik kinerja bisnis Anda selama waktu yang sukses. Jika Anda menghitung tingkat year over year growth untuk pakaian muslim yang dijual pada bulan Ramadhan tahun ini dan tahun lalu, Anda akan melihat hasil yang lebih stabil dan akurat dari kinerja bisnis Anda.

Baca juga: Rencana Bisnis Berkelanjutan: Pengertian, Cara Membuat, dan Pengukurannya

Kesimpulan

Itulah pemabahasan lengkap mengenai year over year growth (YOY) atau pertumbuhan tahun-ke-tahun. Untuk kemudahan dalam melakukan pencatatan transaksi dalam bisnis dan menghitung laba dengan praktis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang membuat proses pembukuan dan pemantauan kesehatan finansial bisnis Anda berjalan lebih optimal.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau,

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.