Apa itu Competitive Intelligence? Kenapa 3 Manfaatnya Mampu Membuat Bisnis Lebih Unggul?

oleh | Mar 14, 2023

source envato.

Apa itu Competitive Intelligence? Kenapa 3 Manfaatnya Mampu Membuat Bisnis Lebih Unggul?

Dalam dunia yang sudah serba digital seperti saat ini, competitive intelligence adalah bagian yang sangat penting dalam strategi bisnis. Kenapa? Menurut laman Crayon, setiap perusahaan saat ini harus memahami posisinya di dalam pasar agar bisa membuat keputusan bisnis yang menguntungkan.

Nah, dengan menggunakan competitive intelligence, maka perusahaan bisa membuat pilihan yang tepat agar bisa lebih unggul dari kompetitor.

Lantas, apa itu competitive intelligence? Kenapa manfaat yang ada di dalamnya mampu membuat bisnis menjadi lebih unggul daripada kompetitor? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang competitive intelligence di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Competitive Intelligence?

accurate.id gambar Competitive Intelligence-1

Berdasarkan laman Investopedia, CI atau competitive intelligence adalah kemampuan untuk bisa menghimpun, menganalisis, dan juga menggunakan informasi tentang kompetitor, pelanggan, dan faktor lainnya yang mampu memberikan kontribusi pada keunggulan kompetitif di dalam bisnis.

Umumnya, strategi ini mampu mendorong perusahaan untuk menghimpun informasi yang berharga dari berbagai sumber yang diterbitkan dan tidak dipublikasikan secara etis dan efisien.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, dalam dunia yang serba digital dan berteknologi seperti ini, competitive intelligence memiliki peran yang penting untuk perkembangan bisnis.

Karena, informasi yang berhasil dihimpun mampu membantu perusahaan untuk bisa memahami lingkungan kompetitif dan peluang serta tantangan yang akan dihadirkannya.

CI pun mampu mendorong perusahaan untuk bisa melakukan analisis informasi yang bisa menciptakan praktik bisnis secara lebih efektif dan juga efisien.

Baca juga: Apa itu Beachhead Market? Ini Pengertian dan 4 Cara Terbaik Menerapkannya

3 Faktor yang Dianalisis Di Dalam Competitive Intelligence

accurate.id gambar Competitive Intelligence-1

Pada dasarnya, competitive intelligence adalah suatu langkah yang tepat yang bisa diambil perusahaan agar bisa mengetahui perkembangan bisnis para pesaingnya.

Namun, CI yang dikumpulkan secara matang juga mampu menjelaskan tren sebelum mereka menyebarkannya secara resmi di pasar.

Hal tersebut tentunya mampu membantu perusahaan untuk bisa menjadi yang paling terdepan di dalam persaingan pasar. Tapi, apa saja sebenarnya faktor yang harus dianalisa agar bisa memperoleh CI yang berkualitas? Berikut ini adalah jawabannya:

1. Harga Produk

Faktor pertama yang harus dianalisis oleh perusahaan agar bisa memperoleh competitive intelligence yang bermutu adalah harga produk kompetitor. Mengetahui harga dari kompetitor adalah tahapan pertama dalam menyaring competitive intelligence.

Karena berdasarkan laman Thrive Hive, dengan adanya informasi tersebut, maka perusahan bisa menjaga harga produk mereka agar nantinya bisa tetap sejalan dengan ekspektasi yang ada di pasar.

Selain itu, informasi yang sudah didapat juga nantinya bisa menjadi masukan tersendiri bagi perusahaan terkait model penetapan harga yang lebih menarik untuk pelanggan.

2. Search Marketing

Harus kita akui bersama bahwa SEO dan SEM mempunyai peran yang sangat penting untuk kemajuan bisnis. Dengan adanya fakta tersebut, maka salah satu faktor yang harus dianalisis oleh perusahaan bila ingin bisa memperoleh competitive intelligence secara baik adalah melihat performa search marketing pesaingnya.

Karena, saat ini sudah banyak perusahaan kompetitor yang mempunyai strategi SEO dan SEM yang lebih baik.

Dengan mengantongi informasi terkait kualitas search marketing pesaing, maka Anda bisa melakukan evaluasi strategi search marketing mereka.

3. Web Design

Faktor selanjutnya yang harus Anda analisa bila ingin memperoleh competitive intelligence yang baik adalah desain situs kompetitor anda.

Walaupun memang perusahaan harus selalu memertahankan identitas yang unik, tapi mengoptimalkan situs bisa didapat dengan cara melihat strategi desain kompetitor.

Untuk itu, ketika melakukan analisis situs website pesaing, pihak perusahaan harus terlebih dahulu memastikan agar tidak membuat desain baru yang terlalu menyalin atau menjiplak.

Menurut laman Big Commerce, yang sebaiknya harus dilakukan adalah melihat aspek desain yang unggul lalu menerapkannya ke dalam situs sesuai dengan identitas yang telah dimiliki oleh perusahaan.

Baca juga: Pengertian Customer Pain Point dan Fungsinya untuk Menyingkirkan Kendala Penggunaan Produk

Manfaat Competitive Intelligence

accurate.id gambar Competitive Intelligence-1

Competitive intelligence adalah suatu hal yang mampu membantu bisnis dalam memantau progres yang dialami oleh pesaing ataupun kompetitor. Informasi ini bisa digunakan sebagai acuan dari semua keputusan bisnis perusahaan di masa yang akan datang.

Walaupun begitu, competitive intelligence juga menyajikan berbagai manfaat yang menarik lainnya. Dirangkum dari laman Chron, manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mampu membantu perusahaan untuk bisa lebih memahami perkembangan tren yang terjadi di pasar.
  • Informasi yang didapatkan bisa dijadikan sebagai celah bagi perusahaan agar bisa memfilter kebutuhan para pelanggannya
  • Competitive intelligence juga bisa digunakan sebagai indikator keberhasilan strategi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Baca juga: Apa itu Customer Willingness to Pay? Ini Pengertian dan 5 Faktor yang Memengarhuinya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang competitive intelligence, lengkap dengan pengertian, faktor yang dianalisis, dan manfaatnya untuk perusahaan.

Pada intinya, competitive intelligence adalah kemampuan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan informasi, dimana informasi tersebut mampu menyumbang banyak perkembangan bisnis.

Sama halnya seperti business intelligence, bila hal tersebut bisa Anda kumpulkan dan Anda analisa secara matang, maka Anda bisa lebih unggul dari pesaing.

Namun untuk bisa lebih unggul dari pesaing atau kompetitor, tentunya Anda juga harus bisa mengelola bisnis secara lebih efektif dan efisien. Nah, hal tersebut bisa Anda rasakan bila Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap dari Accurate Online.

Accurate Online sudah terbukti jauh #lebihbaik, karena menawarkan sejumlah keuntungan yang bisa Anda rasakan secara langsung, seperti bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan secara real-time, memudahkan Anda dalam mengelola stok di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, bisa mengetahui laba rugi secara lebih intensif, memudahkan proses manufaktur, dan masih banyak lagi.

Ayo rasakan sendiri berbagai kemudahan tersebut dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait