Apa itu Beachhead Market? Ini Pengertian dan 4 Cara Terbaik Menerapkannya

oleh | Mar 14, 2023

source envato.

Apa itu Beachhead Market? Ini Pengertian dan 4 Cara Terbaik Menerapkannya

Untuk Anda yang baru masuk menjadi penantang pasar industri atau masih menerawang ingin menargetkan sumber pasar yang seperti apa, maka beachhead market adalah sejenis sweet spot atau titik terbaik yang harus Anda pertimbangkan.

Kenapa? Karena segmen pasar ini tidak terlalu besar, sehingga menjadi sulit untuk menjangkau pelanggan. Namun, tidak menjadi terlalu kecil yang membuat Anda sulit untuk mengembangkan bisnis.

Lalu, apa itu beachhead market? Bagaimana cara menerapkannya? Dapatkan semua hal yang harus Anda ketahui tentang beachhead market di bawah ini.

Apa itu Beachhead Market?

Dilansir dari laman Corporate Finance Institute, istilah beachhead ini sebenarnya digunakan di strategi militer agar bisa mengalahkan area lawan yang paling kecil terlebih dahulu. Selanjutnya, para militer tersebut akan bisa memperkuat serangan, mengatur strategi yang lebih ampuh, lalu menargetkan wilayah yang lebih luas.

Nah, bila diterapkan dalam bisnis, beachhead market adalah segmentasi yang ditargetkan oleh suatu perusahaan atau bisnis sebagai suatu strategi penetrasi ke pasar yang lebih sedikit atau lebih kecil.

Misalnya, katakanlah Anda sedang memulai bisnis pakaian olahraga. Diluar sana, sudah banyak sekali perusahaan yang telah memegang pasar. Nah, agar Anda bisa bersaing atau minimal bisa memperoleh nama, maka Anda harus mencari segmentasi pasar yang lebih kecil, atau kategori produk yang lebih sempit lagi.

Contohnya dengan merilis produk pakaian olahraga untuk anak-anak. Setelah Anda berhasil menguasai pasar ini, maka produk Anda pun nantinya pasti akan mulai dikenal oleh pasar.

Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat produk lain tentang pakaian olahraga anak-anak, seperti aksesorisnya, sepatunya, kaus kakinya, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Customer Pain Point dan Fungsinya untuk Menyingkirkan Kendala Penggunaan Produk

4 Cara Menjalankan Strategi Beachhead

Diantara Anda, pasti ada banyak yang bingung tentang cara menentukan beachhead market dan berbagai langkah apa saja yang harus Anda tempuh. Nah, dirangkum dari laman Leadership Institute for Entrepreneurs, berikut ini adalah cara menjalankannya:

1. Carilah Segmen Pasar yang Paling Memungkinkan

accurate.id gambar Beachhead Market-2

Tahap pertama yang harus Anda lakukan bila ingin menerapkan strategi beachhead market adalah dengan mencari pasar yang paling memungkinkan untuk Anda masuki.

Dalam melakukan hal tersebut, laman LinkedIn menjelaskan bahwa diperlukan penelitian yang mendalam terkait kandidat grup yang nantinya akan Anda targetkan.

Anda harus terlebih dahulu melakukan riset tentang daftar apa saja yang sekiranya pas, lalu mewawancarai mereka bila memang Anda rasa perlukan.

Umumnya, kelompok yang menjadi target adalah mereka yang telah menjadi pelanggan produk ataupun kategori yang sama. Anda juga bisa memilih segmen pasar dengan berdasarkan karakteristik pelanggan, faktor geografis, dan lain sebagainya.

2. Fokuslah Pada Target Pasar Tersebut Saja

accurate.id gambar Beachhead Market-1

Ketika Anda sudah menentukan beachhead market yang ingin Anda targetkan, maka cobalah untuk tetap fokus pada segmen tersebut saja.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, strategi ini memang digunakan untuk bisa mendominasi pasar yang lebih kecil terlebih dahulu. Untuk itu, fokuslah pada segmen yang sudah ditentukan agar hasilnya lebih optimal dan sesuai dengan target.

Baca juga: Pengertian Industri Kreatif dan Contoh Industri Kreatif di Indonesia

3. Manfaatkan Word of Mouth Marketing

accurate.id gambar Beachhead Market-4

Memaksimalkan word of mouth marketing dalam pasar yang Anda targetkan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan beachhead market. Kenapa? Karena Anda masih berada dalam pasar yang sangat tersegmentasi. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Untuk bisa menjadi besar tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, pastikanlah pelanggan Anda membicarakan produk yang telah dibelinya dari Anda. Caranya seperti dengan membuat produk yang berkualitas dan proaktif dalam meminta tanggapan atau review dari produk Anda.

4. Sempurnakan Strategi Hingga Bisa Mencapai Target

accurate.id gambar Beachhead Market-3

Tahap terakhir adalah dengan terus menyempurnakan strategi yang Anda gunakan, hingga akhirnya nanti bisa berpindah ke pasar yang memang lebih besar. Bila Anda sudah sukses di beachhead market, nantinya pasti ada rasa untuk ingin memperpanjang kesuksesan tersebut.

Tapi, harus terus mengingat tujuan Anda saat menargetkan pasar tersebut. Jangan sampai Anda terlena dan menjadi jalan di tempat saja.

Terapkanlah selalu prinsip trial and error, hingga pada akhirnya nanti Anda bisa menemukan formula yang tepat dan mampu membawa Anda hingga akhir tujuan.

Baca juga: Apa itu Customer Willingness to Pay? Ini Pengertian dan 5 Faktor yang Memengarhuinya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang beachhead market, dari mulai pengertian dan keempat cara dalam menerapkan strategi ini.

Bila penjelasan di atas sudah cukup jelas, maka ini saatnya Anda mencoba menerapkan strategi beachhead market. Namun, tentu Anda akan sangat memerlukan anggaran yang tepat untuk bisa menerapkan strategi ini.

Tapi jangan khawatir, kenapa? Karena saat ini Anda bisa lebih mudah dan #lebihbaik dalam membuat anggaran dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate Online sendiri adalah software akuntansi dan bisnis terlengkap yang akan membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara menyeluruh.

Salah satu manfaatnya dari aplikasi ini adalah Anda bisa membuat seluruh anggaran yang dibutuhkan untuk memenuhi kegiatan operasional harian bisnis.

Aplikasi ini pun mampu mencatat berbagai transaksi bisnis dan mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan, seperti laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca dan laporan lainnya.

Accurate Online juga sudah saling terintegrasi antar setiap fitur bisnis luar biasanya, sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan, mengelola persediaan stok di gudang, menyelesaikan urusan pajak, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan keunggulan dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait