Apa itu Freelance, dan Bagaimana Cara Menjadi Freelance?

Apa itu freelance? freelance atau tenaga lepas adalah seseorang yang bekerja sendiri, tidak terikat jam kerja, dan biasanya memiliki keahlian tertentu. Jika dulu freelancer dianggap sebelah mata, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pekerjaan ini mulai mendapat pengakuan dan banyak orang yang alih profesi menjadi pekerja lepas.

Keuntungan Freelancer

Setelah mengetahui apa itu freelance, kita harus mengetahui keuntungan menjadi freelance. Berikut ini adalah keuntungan menjadi freelance:

1.  Tidak Terikat Waktu

Pengertian freelance adalah pekerja lepas, tentu saja salah satu keuntungan utama menjadi freelancer adalah tidak terikat waktu kerja. Pekerjaan dinilai bukan dari kehadiran, namun dari hasilnya. Jadi, pekerjaan ini sangat cocok bagi orang yang memiliki kendala waktu atau lokasi, bisa juga untuk orang yang tidak menyukai kehidupan formal dan birokrasi seperti di kantor.

2. Bebas Bekerja

Keuntungan berikutnya tentu saja kebebasan kerja. Sebagai freelancer, Anda bebas bekerja dari mana saja dan di mana saja. Apalagi di era modern dan serba  internet seperti saat ini, Anda dapat dengan mudah menyampaikan hasil kerja Anda dari mana saja selama Anda terkoneksi dengan jaringan internet. Sangat praktis dan mudah kan?

3. Dapat Melakukan Hobi dan Dibayar

Sebagian besar freelancer melakukan pekerjaan yang sangat erat kaitannya dengan hobi mereka seperti menulis, desain grafis, fotografi dan lain sebagainya. Sangat menyenangkan kan bisa melakukan hobi dan dibayar.

Baca juga : 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Menjahit

Contoh Pekerjaan Freelance

Setelah memahami apa itu freelance dan keuntungan menjadi seorang freelancer, berikut ini adalah berbagai contoh pekerjaan freelance.

1. Penulis Freelance

Penulis merupakan salah satu pekerjaan freelance yang cukup banyak digemari. Apalagi kebutuhan terhadap artikel konten yang berkualitas saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan dunia digital dan internet.

Untuk menjadi penulis freelance dibutuhkan kemampuan membuat tulisan yang menarik, rapi, dan sistematis. Selain itu juga dibutuhkan komitmen yang tinggi dan manajemen waktu yang baik agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Penulis freelance dapat dibayar per artikel, per bulan, maupun per proyek, tergantung kesepakatan awal dengan klien.

2. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga merupakan salah satu pekerjaan freelance yang menjanjikan. Selain jasa membuat desain grafis, Anda juga dapat menjual template desain, seperti template logo, template presentasi, template poster, dan lain sebagainya. Saat ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan, hampir menyamai kebutuhan para pemilik website dalam mencari penulis konten karena konten akan semakin menarik dengan tambahan gambar atau ilustrasi yang relevan.

3. Jasa Arsitek

Saat ini kebutuhan terhadap hunian yang nyaman, elegan dan kekinian semakin meningkat. Tak heran jika jasa arsitektur juga semakin dibutuhkan. Kemampuan untuk membuat desain rumah yang apik ini tentu dapat menjadi salah satu peluang usaha freelance yang menjanjikan.

4. Editor Freelance

Pekerjaan editor freelance erat kaitannya dengan dunia penulisan. Ada beragam pekerjaan editor yang ditawarkan secara freelance, mulai dari editor konten website, editor buku, hingga proofreader.

5. Fotografer Freelance

Kemampuan mengambil gambar atau foto yang menrik dan eksotis dapat menjadi peluang usaha freelance yang menjanjikan. Foto-foto yang menarik dapat dijual di beragam situs penyedia langganan foto berbayar seperti shutterstock, stockfresh, Alamy, dan lain sebagainya. Ada situs fotografi yang memberikan royalti dari setiap foto yang terjual, ada juga yang memberikan honor dari banyaknya jumlah unduhan foto.

6. Kursus Online

Bagi yang memiliki hobi mengajar, Anda dapat memilih pekerjaan freelance sebagai penyedia kursus  online. Hampir sama dengan kursus pada umumnya, hanya saja penyampaian materi dan diskusinya melalui media online. Kemudian materi disampaikan secara berkala agar peserta kursus dapat memahami materi tahap demi tahap.

pengertian apa itu freelance

sumber: Freelancinghacks.com

Bagaimana Cara Menjadi Freelancer?

Setelah memahami apa itu freelance, keuntungan, dan contoh pekerjaan freelance, berikut ini adalah cara tepat untuk menjadi seorang freelancer.

Menjadi seorang freelancer semudah memesan sesuatu melalui Internet. Anda mengunjungi situs yang menawarkan pekerjaan dan tugas freelance dan menjalankannya. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai dan memperkenalkan nama Anda.

Berikut beberapa situs yang bisa Anda coba untuk pekerjaan lepas:

  • Fiverr: pasar terbesar di dunia untuk mencari pekerjaan lepas. Cukup buat posting akun apa yang dapat Anda lakukan, tambahkan beberapa tautan dan selesai.
  • 99Desain: Tempat sempurna untuk menemukan pekerjaan lepas jika Anda seorang desainer.
  • Upwork: Upwork adalah pasar freelance yang terlihat lebih profesional di mana Anda akan menemukan lebih banyak klien bisnis.
  • Freelancer.com: Freelancer.com adalah salah satu pasar kerja freelance tertua yang dapat Anda pilih di tahun pertama ketika Anda memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman freelance.

Bekerja pada beberapa situs-situs ini membantu dalam memahami bagaimana pekerjaan freelance seiring berjalannya waktu dan membantu Anda menguasainya.

Tetapi sebelum menuju ke situs web freelance ini, Anda perlu menyiapkan merek freelance untuk diri Anda sendiri. Ikuti langkah-langkah ini untuk hal yang sama –

  • Putuskan layanan apa yang akan Anda tawarkan
  • Tentukan target pasar Anda
  • Temukan platform (situs web freelance) yang akan Anda layani. Pilih nama pengguna yang seragam pada semuanya. Ini membantu Anda membangun identitas merek Anda.
  • Tentukan tarif Anda
  • Buat portofolio online di platform portofolio khusus niche Anda; GitHub untuk pengembang, Behance untuk desainer, dll. Kami juga menyarankan Anda membuat situs web portofolio pribadi untuk menunjukkan keahlian dan bakat Anda.
  • Pasarkan layanan Anda: pasarkan di media sosial, tawarkan sesuatu secara gratis atau dengan biaya yang sangat rendah (membantu mendapatkan lebih banyak daya tarik), meminta referensi, dan menggunakan pemasaran email.

Kami tidak menyarankan Anda meninggalkan sumber pendapatan yang ada dan terjun ke dunia freelance itu sendiri. Cobalah sebagai usaha paruh waktu untuk melihat bagaimana hasilnya bagi Anda di bulan-bulan awal.

Anda tidak perlu bekerja paruh waktu secara penuh. Terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda ingin melakukannya penuh waktu atau mempertahankan pekerjaan yang ada dan menghasilkan uang selama waktu luang Anda.

Jika Anda merasa benar-benar menyukai jalannya suatu hal, sekarang saatnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah berikutnya

Setelah Anda merasa dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri dan bekerja dengan cara ini, tindakan selanjutnya adalah mengambil banyak tugas untuk berbagai aliran pendapatan yang lebih banyak.

Ini harus mencakup tugas yang Anda dapatkan secara pribadi menggunakan metode yang disebutkan di atas serta dari situs freelancing.

Kemungkinan lain adalah Anda bisa menjadikannya pekerjaan penuh waktu. Bekerja lepas secara penuh waktu juga berarti Anda dapat menciptakan berbagai bentuk pendapatan. Kamu bisa:

  • Negosiasikan komisi untuk proyek penjualan
  • Buat sistem refferal untuk memberi penghargaan kepada klien yang mengirimi Anda klien baru
  • Pasarkan diri Anda secara langsung: Berikut panduan bermanfaat tentang pemasaran dan personal branding yang sempurna untuk diri Anda sendiri.

Jaga Keuangan Anda

Selama Anda bekerja di suatu perusahaan, sebagian besar “uang” diurus oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Anda mendapatkan gaji tetap tanpa harus meminta; pajak Anda dipotong secara otomatis, dan asuransi kemungkinan besar juga akan ditanggung perusahaan dimana Anda bekerja.

Segalanya berbeda saat Anda sebagai freelancer dan Anda harus mengurus hal berikut sendiri:

  • Mendapatkan Gaji Anda: Ini dianggap sebagai bagian tersulit untuk dikelola, baik itu untuk freelancer pengalman atau pemula. Bernegosiasi dan berkomunikasi dengan benar dengan klien Anda agar mereka membayar layanan Anda pada waktu yang ditentukan terbukti menjadi tantangan besar.
    Jaga ini dengan benar dan Anda siap untuk melakukan yang terbaik di bidang freelance. Lihat panduan tentang bernegosiasi seperti seorang profesional untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak tip dan wawasan.
  • Pajak: Anda perlu menangani sendiri kompleksitas pajak pribadi dan profesional Anda.
  • Manfaat asuransi dan pensiun: Anda perlu mencari polis asuransi terbaik dan merencanakan pensiun Anda sendiri.

Intinya adalah menjadi freelancer dan bekerja di gig ekonomi berarti mengambil banyak tanggung jawab atas keuangan Anda sendiri, apakah itu menegosiasikan gaji Anda, mencari asuransi, atau membayar pajak.

Tetapi jika Anda menyukai kebebasan, fleksibilitas, dan potensi penghasilan yang datang dengan kemandirian, maka freelancing adalah situasi yang ideal.

Baca juga : Memulai Bisnis Pulsa Besar Dengan Pembukuan Yang Benar

Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Freelance

Setelah memahami apa itu freelance, keuntungan, contoh pekerjaan freelance, dab cara tepat untuk menjadi seorang freelancer, maka Anda pun harus mengetahui berbagai kelebihan serta kekurangan pekerjaan freelance.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menjadi seorang freelancer:

Beberapa keuntungan menjadi freelancer meliputi:

  • Jadwal kerja fleksibel: Anda dapat memilih jam mana untuk bekerja dan dapat mengatur jadwal Anda sendiri agar sesuai dengan komitmen lain.
  • Pilihan dan variasi: sementara karyawan sering diberi tahu klien mana yang akan bekerja, sebagai freelancer,
  • Anda dapat memilih proyek Anda dan tidak terbatas pada pasar atau sektor tertentu.
  • Kontrol lebih besar: Anda dapat menetapkan tujuan Anda sendiri dan akan lebih banyak berbicara tentang arah bisnis Anda.

Di sisi lain, ada beberapa kerugian yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Kurang stabil: karena pekerjaan freelance bergantung pada jangkauan klien yang cukup, banyak freelancer memiliki stabilitas keuangan yang lebih rendah dan jaminan kerja masa depan yang lebih sedikit daripada karyawan
  • Manfaat lebih sedikit: banyak perusahaan menawarkan manfaat bagi karyawan mereka, seperti asuransi atau program pensiun. Pekerja lepas wiraswasta akan bertanggung jawab atas tunjangan dan keuntungan mereka sendiri

Baca juga : Pengertian Rasio Likuiditas, Contoh, dan Macam-macam Rasionya

Kesimpulan

Apa itu freelance bisa kita artikan sebagai pekerjaan lepas waktu, di mana seseorang bekerja tanpa terikat oleh jam kerja. Beberapa keuntungan menjadi  freelancer antara lain memiliki kebebasan dalam bekerja, tidak terikat waktu, dan dapat melakukan hobi yang dibayar. Beberapa contoh pekerjaan freelance yaitu penulis lepas, editor lepas, jasa desain grafis, jasa arsitek, fotografer freelance, dan kursus online.

Untuk bisnis apapun, pembukan sangat dibutuhkan untuk bisnis yang lebih baik, tidak terkecuali bagi freelance. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan pada bisnis secara terperinci, jika kesulitan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk pembukuan yang mudah dan efisien. Tidak percaya?

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini:

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.