Memulai Bisnis Pulsa Besar dengan Pembukuan yang Benar

Jika Anda berniat membuka usaha, ada baiknya Anda memulai usaha dengan menjual yang banyak orang butuhkan, contohnya adalah pulsa. Memulai bisnis pulsa bisa dibilang cukup mudah dan tidak memudahkan modal yang cukup besar, terlebih lagi di zaman sekarang pulsa merupakan kebutuhan primer yang hampir setiap orang menggunakannya.

Namun pada setiap usaha terdapat komponen yaang harus dikelola dengan baik untuk perkembangan bisnis yang berkelanjutan, tidak terkecuali bisnis pulsa, yaitu pembukuan bisnis. Ketika sebuah usaha menerapkan pembukuan yang benar  makan  bisnis tersebut akan terhindar dari masalah keuangan dan kebangkrutan.

Terkadang banyak mereka yang memulai bisnis tanpa memikirkan pembukuan, lazimnya pembukuan tidak dianggap penting bagi pebisnis pemula, padahal ini adalah salah besar. Jika usaha Anda memiliki pembukuan yang jelek maka usaha tersebut akan mengalami permasalahan serius tentang keuangan bahkan akan bisa terjadi kebangkrutan, termasuk Anda yang baru memulai bisnis pulsa.

Berikut adalah beberapa tips pembukuan yang bisa menjadi panduan bagi Anda yang akan memulaha usaha agen pulsa :

Pisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Usaha Anda

Hal yang sering terjadi pada pebisnis pemula adalah tidak memisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha dikarenkan jumlah keuntungan masih kecil. Hal ini adalah salah besar!

Sebelum memulai bisnis, Anda seharusnya membuat rekening yang khusus untuk transaksi bisnis. Hal ini penting untuk kemudahan pemanatauan arus keuangan bisnis pulsa yang jalankan. Jika Anda tidak memishkan rekening pribadi dengan rekening bisnis, besar kemungkinan dana untuk pengembangan bisnis Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi Anda.

Siapkan Modal Talangan

Tidak selamanya bisnis akan sesuai dengan perencanaan yang telah Anda buat, tidak terkecuali dengan modal usaha Anda. Anda harus menyiapkan “rencana B” jika sewaktu waktu saldo habis, namun terdapat pesanan yang harus dipenuhi

Catat setiap Transaksi

Pencatatan perlu dilakukan ketika kita melakukan transaksi pengisian saldo, yaitu besaran dan tanggal, bulan, tahun transaksi yang kita lakukan. Begitu juga transaksi pembelian pulsa, kita wajib mencatatnya sendiri-sendiri atau dengan cara terpisah.

Guna pencatatan tersebut untuk melihat keluar masuknya keuangan kita sehingga kita tahu keuntungan kita.

Sebisa Mungkin Hindari Hutang

Jangan sampai kita menghutangkan pulsa keorang lain, kasus seperti ini akan membuat keuangan menjadi tidak terkontrol dan kacau, kecuali Anda tahu tempo pembayaran pelanggan Anda dan pelanggan Anda benar membayar pulsa yang telah mereka beli

Ada baiknya Anda menerapkan transaksi tunai karena akan mudah untuk dimasukan dalam pembukuan manual.

Minimalkan Biaya

Dalam usaha ada 2 jenis biaya, yaitu biaya tetap dan biaya varibel. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Untuk biaya tetap adalah pengeluaran yang harus dibayarkan setiap bulannya seperti listrik dan lain-lainya. Sedangkan biaya variabel inilah yang harus kita hemat untuk menambahkan modal usaha kita agar lebih besar lagi.

Awasi Arus Kas Anda

Dalam memulai bisnis agen pulsa, arus kas adalah sangat penting. Indikator kesehatan bisnis Anda bisa dilihat dari laporan tersebut.

Dengan mengawasi dan mengkontrol arus kas dengan bisnia, jika Anda menemukan permasalahan, Anda bisa segera memperbaiki dan menghindarkan bisnis Anda dari kebangkrutan.

Melakukan Rekapitulasi Pembukuan

Merekap semua transaksi yang kita lakukan dalam 1 bulan ataupun 1 minggu sekali memang pekerjaan yang membosankan dan memakan banyak waktu.

Tetapi dengan merekap transaksi yang sudah dilakukan maka anda akan mengetahui usaha anda berjalan dengan baik atau belum. Jika hasil rekapitulasi pembukuan bisnis kurang memuaskan, Anda bisa membuat rencana-rencana kedepan untuk meningkatkan transaksi usaha anda.

Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Onlline untuk pembukuan yang lebih cepat dan lebih baik. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dan memenangkan Top Brand Award selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Anda mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :