Apa itu Pabrik Garment? Ini Pengertian dan 4 Bedanya dengan Pabrik Tekstil

oleh | Jun 14, 2023

source envato.

Apa itu Pabrik Garment? Ini Pengertian dan 4 Bedanya dengan Pabrik Tekstil

Pada dasarnya, pabrik garment adalah pabrik yang membuat kain menjadi suatu pakaian jadi. Tujuannya adalah agar bisa melindungi tubuh manusia atau sebagai dekorasi maupun kecantikan dari manusia.

Nah, beberapa produk hasil pabrik garment yang tentunya sudah pernah Anda jumpai di pasar adalah celana, kemeja, kaos, rok, jaket, dan masih banyak lagi.

Ingin mengtahui lebih dalam tentang pabrik garment? Baca terus artikel tentang pabrik garment di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Pabrik Garment

accurate.id gambar Pabrik Garment-1

Berdasrkan laman Wikipedia, pabrik garment adalah fasilitas atau tempat di mana produksi pakaian atau tekstil dilakukan secara massal. Pabrik ini biasanya dilengkapi dengan berbagai mesin dan peralatan khusus untuk memotong, menjahit, dan menghasilkan produk pakaian jadi dalam jumlah besar.

Proses produksi di pabrik garment melibatkan beberapa tahap, termasuk desain produk, pemotongan pola, pemotongan kain, penjahitan, penyelesaian produk, dan kemasan.

Setiap tahap ini melibatkan pekerja yang terampil dalam bidangnya masing-masing. Pabrik ini umumnya mampu memproduksi berbagai jenis pakaian, seperti pakaian jadi, pakaian olahraga, pakaian anak-anak, atau produk tekstil lainnya.

Pabrik garment seringkali menerapkan sistem produksi yang efisien, seperti produksi berkelanjutan atau produksi massal, untuk meningkatkan efisiensi dan menghasilkan jumlah produk yang lebih besar dalam waktu yang lebih singkat.

Pabrik-pabrik ini juga biasanya berkolaborasi dengan brand atau perusahaan pakaian yang memesan produk mereka untuk diproduksi dalam jumlah besar.

Pabrik ini juga bisa berada di berbagai lokasi, mulai dari negara maju hingga negara berkembang, tergantung pada faktor seperti biaya tenaga kerja, ketersediaan sumber daya, dan regulasi industri.

Negara-negara seperti Tiongkok, Bangladesh, India, dan Vietnam dikenal memiliki sejumlah besar pabrik garment yang memproduksi pakaian untuk pasar global.

Baca juga: Apa itu Industrialisasi? Ini pengertian, Faktor dan Dampaknya bagi Perekonomian

Proses Produksi di Pabrik Garment

accurate.id gambar Pabrik Garment-2

Proses produksi di pabrik garment melibatkan beberapa tahap, yang secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Desain dan Perencanaan

Tahap ini melibatkan perancangan dan perencanaan produk pakaian. Tim desain mengembangkan pola, menggambarkan sketsa, dan memilih bahan yang akan digunakan.

2. Pemotongan Pola dan Pemotongan Kain

Setelah desain selesai, pola pakaian diproduksi dan digunakan sebagai panduan untuk memotong kain. Pola tersebut ditempatkan di atas lapisan kain yang telah dilipat secara akurat, lalu dipotong menggunakan mesin potong kain atau pisau tangan.

3. Penjahitan

Tahap ini melibatkan pemasangan dan penjahitan berbagai bagian pakaian. Biasanya, mesin jahit digunakan untuk menjahit bagian-bagian seperti kerah, lengan, pinggang, dan sebagainya. Tenaga kerja terampil melakukan penjahitan ini dengan presisi dan menggunakan teknik jahit yang sesuai.

4. Penyelesaian Produk

Setelah bagian-bagian pakaian dijahit, tahap penyelesaian dilakukan. Ini mencakup penambahan aksesoris seperti kancing, resleting, dan label merek. Selain itu, penyelesaian juga melibatkan langkah-langkah seperti pengepresan, pembersihan, dan pemeriksaan kualitas.

5. Inspeksi Kualitas

Setelah pakaian jadi, tahap inspeksi kualitas dilakukan untuk memastikan bahwa produk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan ketepatan ukuran, kualitas jahitan, kekencangan jahitan, dan kualitas umum produk.

6. Pengemasan dan Pengiriman

Setelah melewati inspeksi kualitas, pakaian dikemas sesuai dengan persyaratan. Ini melibatkan proses melipat, membungkus, dan menambahkan label atau tanda lainnya. Setelah dikemas, produk siap untuk dikirim ke pelanggan, distributor, atau toko-toko pengecer.

Penting untuk diingat bahwa proses produksi di pabrik ini dapat bervariasi tergantung pada skala produksi, jenis pakaian, dan kebutuhan khusus dari merek atau perusahaan yang memesan produk. Beberapa pabrik mungkin juga memiliki tahapan tambahan, seperti tahap pemilihan kain, pencelupan, atau bordir, tergantung pada kebutuhan produksi.

Baca juga: Pengertian Model Bisnis Razor and Blade, Contoh dan 5 Fungsi Besarnya dalam Bisnis

Perbedaan Pabrik Garment dan Pabrik Tekstil

accurate.id gambar Pabrik Garment-3

Meskipun pabrik garment dan pabrik tekstil terkait erat dalam industri pakaian dan tekstil, ada perbedaan penting antara keduanya dalam hal fokus produksi dan jenis proses yang dilakukan. Berikut adalah perbedaan utama antara pabrik garment dan pabrik tekstil:

1. Fokus Produksi

Pabrik garment fokus pada produksi pakaian jadi. Mereka menerima pola dan bahan mentah, seperti kain, dan melakukan pemotongan, penjahitan, dan penyelesaian produk pakaian siap pakai.

Sedankan pabrik tekstil lebih fokus pada produksi kain atau bahan tekstil. Mereka menghasilkan kain mentah dalam berbagai jenis, seperti katun, sutra, wol, atau serat sintetis. Proses yang dilakukan di pabrik tekstil meliputi pemintalan serat, pengolahan benang, pembuatan kain, dan pemrosesan lanjutan seperti pencelupan atau pencetakan.

2. Tahapan Produksi

Pabrik garment melibatkan tahapan produksi yang lebih spesifik, termasuk pemotongan pola, penjahitan, penyelesaian produk, dan inspeksi kualitas.

Di sisi lain, pabrik tekstil melibatkan tahapan produksi yang berfokus pada proses pemintalan serat menjadi benang, pembuatan kain melalui mesin tenun atau rajut, serta tahapan pemrosesan lanjutan seperti pencelupan, pencetakan, atau penyelesaian kain.

3. Peralatan dan Mesin

Pabrik garment dilengkapi dengan mesin potong kain, mesin jahit, mesin pengepresan, dan peralatan lain yang diperlukan untuk proses pemotongan dan penjahitan pakaian.

Sedangkan pabrik tekstil dilengkapi dengan mesin pemintal serat, mesin tenun atau rajut, mesin pencelupan, mesin pencetakan, dan peralatan lain yang diperlukan untuk memproduksi kain dan bahan tekstil.

4. Skala Produksi

Pabrik garment umumnya menghasilkan produk dalam jumlah besar dan biasanya berfokus pada produksi pakaian sesuai pesanan dari merek atau perusahaan tertentu.

Pabrik tekstil dapat menghasilkan kain dalam jumlah besar untuk dijual ke berbagai merek atau perusahaan pakaian. Mereka juga dapat memproduksi kain dalam jumlah besar untuk dijual ke pabrik garment atau di pasar kain.

Meskipun ada perbedaan, pabrik garment dan pabrik tekstil seringkali bekerja secara terintegrasi dalam rantai pasokan industri pakaian. Pabrik tekstil menyediakan kain dan bahan baku kepada pabrik garment, yang kemudian memprosesnya menjadi pakaian jadi.

Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Penutup

Dalam industri pakaian dan tekstil, pabrik garment dan pabrik tekstil memiliki peran yang saling melengkapi. Pabrik garment bertanggung jawab untuk mengambil kain dan bahan mentah dari pabrik tekstil dan mengubahnya menjadi pakaian jadi, sementara pabrik tekstil menyediakan kain dan bahan tekstil yang diperlukan oleh pabrik garment.

Keduanya memiliki peran penting dalam menciptakan produk pakaian yang berkualitas dan memenuhi permintaan pasar. Dengan adanya pabrik garment, desain dan konsep produk dapat diwujudkan dalam bentuk pakaian yang siap digunakan oleh konsumen.

Sedangkan pabrik tekstil memainkan peran penting dalam memproduksi kain dan bahan tekstil yang menjadi bahan dasar pakaian.

Kerjasama antara pabrik garment dan pabrik tekstil penting dalam menciptakan rantai pasokan yang efisien dan memastikan kualitas produk yang dihasilkan.

Kualitas kain yang diberikan oleh pabrik tekstil akan mempengaruhi kualitas akhir produk pakaian yang dihasilkan oleh pabrik garment. Oleh karena itu, kerjasama yang baik antara kedua jenis pabrik ini sangat penting dalam mencapai keberhasilan dalam industri pakaian dan tekstil.

Dengan demikian, pabrik garment dan pabrik tekstil merupakan bagian integral dari industri pakaian dan tekstil. Kedua pabrik ini saling mendukung dan berkontribusi dalam menghasilkan pakaian berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia.

Namun, terlepas dari pabrik garment maupun tekstil, keduanya tetap memerlukan catatan keuangan yang akurat dan jelas. Nah, bila Anda keslutian untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda secara otomatis dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses secara real-time kapanpun Anda butuhkan.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencobanya selama 30 hari, Gratis!

bisnisukmbanner
sidebarPromo
Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait