Pengertian Model Bisnis Razor and Blade, Contoh dan 5 Fungsi Besarnya dalam Bisnis

oleh | Mei 31, 2023

source envato.

Pengertian Model Bisnis Razor and Blade, Contoh dan 5 Fungsi Besarnya dalam Bisnis

Model bisnis freemium atau model bisnis razor and blade adalah model bisnis yang saat ini sedang populer. Model binsis ini melibatkan penjualan produk dasar dengan harga yang lebih rendah atau di bawah harga produksi, sambil terus mengandalkan penjualan produk pendukung dengan harga yang lebih tinggi agar bisa menghasilkan keuntungan.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang model bisnis razor and blade? Baca terus artikel model bisnis razor and blade di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Model Bisnis Razor and Blade

accurate.id gambar Model Bisnis Razor and Blade-1

Dilansir dari laman Wikipedia, model bisnis razor and blade adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan di mana produk inti (razor) dijual dengan harga yang relatif rendah atau bahkan di bawah harga produksi, sedangkan komponen pendukung atau aksesori (blade) dijual dengan harga yang lebih tinggi untuk menghasilkan laba.

Nama model ini diambil dari industri peralatan cukur, di mana pisau cukur (blade) dijual dengan harga yang tinggi, sementara pegangan pisau (razor) dijual dengan harga yang lebih rendah.

Dalam model bisnis razor and blade, tujuan perusahaan adalah untuk menghasilkan pendapatan berkelanjutan dari penjualan aksesori, suku cadang, atau layanan terkait yang berkelanjutan setelah pelanggan membeli produk inti.

Meskipun produk inti dapat dijual dengan harga rendah atau bahkan merugi, keuntungan utama diperoleh dari penjualan produk pendukung yang berkaitan.

Contoh-contoh terkenal dari model bisnis razor and blade termasuk penjualan printer dengan harga yang relatif murah, tetapi harga tinta dan kertas yang mahal; penjualan konsol permainan video dengan harga terjangkau, tetapi harga permainan dan aksesori yang lebih tinggi; dan penjualan sistem kopi dengan harga yang rendah, tetapi harga kapsul kopi yang mahal.

Model bisnis razor and blade efektif karena menciptakan keterkaitan antara produk inti dan produk pendukung. Pelanggan yang telah berinvestasi dalam produk inti cenderung terikat pada merek dan akan terus membeli aksesori yang sesuai dari perusahaan yang sama.

Ini memberikan stabilitas pendapatan jangka panjang dan peluang untuk meningkatkan laba melalui penjualan produk pendukung yang menguntungkan.

Baca juga: Model Bisnis dan Rencana Bisnis: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Fungsi Model Bisnis Razor and Blade

accurate.id gambar Model Bisnis Razor and Blade-2

Model bisnis razor and blade memiliki beberapa fungsi yang membuatnya menarik bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari model bisnis ini:

1. Meningkatkan penjualan produk inti

Dengan menjual produk inti dengan harga yang relatif rendah atau di bawah harga produksi, perusahaan dapat menarik pelanggan untuk membeli produk tersebut. Harga yang terjangkau dapat mengurangi hambatan bagi pelanggan potensial untuk mengadopsi produk dan memperluas pangsa pasar perusahaan.

2. Menciptakan keterkaitan dan ketergantungan

Model bisnis razor and blade menciptakan keterkaitan antara produk inti dan produk pendukung. Pelanggan yang telah membeli produk inti akan cenderung terikat pada merek dan akan mencari produk pendukung yang sesuai dari perusahaan yang sama. Ini menciptakan ketergantungan dan membantu menjaga pelanggan tetap terlibat dengan perusahaan dalam jangka panjang.

3. Meningkatkan pendapatan dan laba jangka panjang

Meskipun produk inti dapat dijual dengan harga rendah atau bahkan merugi, pendapatan dan laba utama diperoleh dari penjualan produk pendukung yang memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi.

Dalam jangka panjang, perusahaan dapat menghasilkan pendapatan berkelanjutan dari penjualan produk pendukung kepada pelanggan yang telah membeli produk inti.

4. Membangun model bisnis yang berkelanjutan

Model bisnis razor and blade dapat membantu perusahaan membangun model bisnis yang berkelanjutan dan dapat menghasilkan pendapatan yang stabil dari penjualan aksesori atau suku cadang. Ini memberikan stabilitas keuangan jangka panjang dan peluang untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

5. Mengunci pelanggan dalam ekosistem perusahaan

Dengan menjual produk pendukung yang kompatibel dengan produk inti, perusahaan dapat mengunci pelanggan dalam ekosistemnya. Pelanggan mungkin perlu terus membeli produk pendukung yang khusus dirancang untuk bekerja dengan produk inti, yang mendorong mereka untuk tetap terhubung dengan merek dan produk perusahaan.

Model bisnis razor and blade telah terbukti sukses dalam berbagai industri, dan banyak perusahaan menggunakannya untuk mengoptimalkan pendapatan dan laba jangka panjang mereka.

Baca juga: 4 Model Bisnis Ecommerce yang Harus Anda Pahami

Contoh Model Bisnis Razor and blade

accurate.id gambar Model Bisnis Razor and Blade-3

Berikut ini adalah beberapa contoh terkenal dari model bisnis razor and blade:

1. Printer dan tinta

Banyak produsen printer menjual printer dengan harga yang terjangkau atau bahkan di bawah biaya produksi. Namun, mereka menghasilkan keuntungan yang signifikan dari penjualan tinta yang mahal.

Pelanggan perlu secara teratur membeli tinta khusus yang kompatibel dengan printer mereka, yang menciptakan ketergantungan jangka panjang pada merek printer tersebut.

2. Konsol permainan video dan permainan

Produsen konsol permainan video seperti Sony (PlayStation) dan Microsoft (Xbox) sering menjual konsol dengan harga yang terjangkau atau bahkan merugi.

Namun, mereka mendapatkan laba dari penjualan permainan dan aksesori yang terkait. Pelanggan yang memiliki konsol akan terus membeli permainan dan aksesori yang dirancang khusus untuk konsol tersebut.

3. Sistem kopi dan kapsul kopi

Beberapa merek sistem kopi, seperti Nespresso, menjual mesin kopi dengan harga yang relatif rendah, tetapi mendapatkan keuntungan yang signifikan dari penjualan kapsul kopi yang mahal. Pelanggan perlu terus membeli kapsul kopi dari merek yang sama agar dapat menggunakan mesin kopi tersebut.

4. Penjual ponsel pintar dan aksesori

Banyak penjual ponsel pintar, seperti Apple atau Samsung, menjual ponsel dengan harga yang terjangkau atau bahkan merugi. Namun, mereka mendapatkan laba dari penjualan aksesori seperti pelindung layar, casing, atau earphone yang khusus dirancang untuk ponsel mereka.

5. Cetakan tinta dan tinta

Produsen cetakan tinta sering menjual cetakan tinta dengan harga yang rendah, tetapi memperoleh keuntungan dari penjualan tinta yang mahal. Pelanggan perlu terus membeli tinta yang sesuai dengan cetakan tinta mereka agar dapat mencetak dokumen.

Contoh-contoh ini menunjukkan bagaimana perusahaan menggunakan model bisnis razor and blade untuk menjual produk inti dengan harga rendah atau bahkan merugi, sambil menghasilkan pendapatan yang signifikan dari penjualan produk pendukung yang berkaitan.

Baca juga: Pengertian Produk: Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya

Penutup

Model bisnis razor and blade adalah strategi yang efektif dalam menciptakan pendapatan berkelanjutan bagi perusahaan. Dengan menjual produk inti dengan harga yang terjangkau atau bahkan merugi, perusahaan dapat menarik pelanggan dan membangun keterkaitan dengan brand mereka.

Keuntungan utama diperoleh dari penjualan produk pendukung yang memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi.

Beberapa contoh terkenal dari model bisnis razor and blade termasuk penjualan printer dan tinta, konsol permainan video dan permainan, sistem kopi dan kapsul kopi, penjual ponsel pintar dan aksesorisnya, serta cetakan tinta dan tinta.

Dalam semua contoh ini, pelanggan perlu secara teratur membeli produk pendukung yang spesifik untuk produk inti yang mereka miliki.

Dengan menerapkan model bisnis razor and blade, perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk inti, menciptakan keterkaitan dan ketergantungan, meningkatkan pendapatan dan laba jangka panjang, membangun model bisnis yang berkelanjutan, serta mengunci pelanggan dalam ekosistem perusahaan.

Kesimpulannya, model bisnis razor and blade adalah strategi yang sukses digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengoptimalkan pendapatan mereka dengan menjual produk inti dengan harga rendah atau bahkan merugi, sambil memperoleh laba dari penjualan produk pendukung yang berkaitan.

Namun, untuk memastikan pendapatan tersebut, tentunya setiap pemasukan yang didapat harus dicatat dengan baik. Nah, Accurate Online hadir untuk Anda yang kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencatat hal tersebut.

Dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis ini, semua pemasukkan dan pengeluaran Anda akan tercatat secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akes secara real-time di mana saja dan akapan saja Anda perlukan.

Klik tautan gambar di bawah ini sekarang juga untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis.

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait