Apa yang Dimaksud Lisensi Bisnis? Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

Lisensi tentu bukan suatu kata yang asing lagi untuk para pebisnis. Namun, untuk Anda yang baru mau mendirikan atau memulai bisnis, pasti Anda masih awam dengan istilah yang satu ini. Lantas, apa yang dimaksud lisensi bisnis?

Tenang, kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang apa yang dimaksud dengan lisensi, lengkap dengan jenis dan manfaatnya untuk Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Lisensi Bisnis?

Pada dasarnya, seperti yang dijelaskan dalam laman Forbes, apa yang dimaksud lisensi bisnis adalah suatu pemberian izin dalam melakukan kegiatan produksi, baik itu dalam bentuk produk atau jasa tertentu, yang mana produk atau jasa tersebut sebelumnya sudah dipatenkan terlebih dahulu oleh yang pertama kali membuatnya.

Lisensi bisnis seringkali diartikan sebagai salah satu bentuk pemberian izin agar bisa memanfaatkannya pertama kali.

Selain itu, lisensi bisnis juga adalah salah satu bentuk pemberian izin agar bisa menggunakan hak atas adanya kekayaan intelektual, yang mana bisa diberikan oleh lisensi bisnis pada penerima lisensi agar penerima lisensi bisa melakukan kegiatan bisnis atau membuat produk tertentu dengan memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual yang sudah dilisensikan tersebut.

Didalamnya juga terdapat perjanjian lisensi bisnis, yang mana perjanjian lisensi bisnis tersebut merupakan bentuk perjanjian antara kedua belah pihak atau lebih, yang mana satu pihak akan bertindak untuk bisa memberikan lisensi bisnis sebagai pemilik ataupun pemegang lisensi bisnis pada pihak yang bertindak sebagai penerima lisensi.

Sehingga, pihak yang mendapatkan lisensi bisnis bisa secara sah untuk membuat dan juga memasarkan produk atau jasa tersebut.

Pihak yang memberikan lisensi disebut dengan licensor, sedangkan pihak yang menerima lisensi dikenal dengan license.

Dengan secara tidak langsung, istilah lisensi ini sudah mengarah pada kegiatan penjualan ataupun izin untuk memanfaatkan hak paten dan juga hak untuk menggunakan merek dagang.

Pihak license yang sudah diberikan izin oleh pihak licensor nantinya harus membuat produk dengan menggunakan bahan yang benar-benar sama, kecuali untuk variasi produk agar produk yang dibuat bisa sesuai dengan selera masyarakat.

Baca juga: Apa yang Dimaksud KPBU? Ini Pengertian Lengkapnya!

Jenis-Jenis Lisensi

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan lisensi bisnis, maka selanjutnya Anda harus mengetahui berbagai jenis lisensi, yaitu:

1. Lisensi Bisnis HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Salah satu contoh jenis lisensi bisnis ini adalah aplikasi komputer. Pemberian lisensi jenis ini akan memberikan hak pada pengguna untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Lisensi bisnis hak kekayaan intelektual ini umumnya mempunyai peraturan, seperti syarat dan juga ketentuan wilayah penggunaan, pembaruan, serta syarat lainnya yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pemilik resmi lisensi tersebut.

2. Lisensi Bisnis Massal

Umumnya, lisensi masal ini bisa ditemukan dengan mudah pada aplikasi komputer, yang mana lisensi tersebut diberikan pada perorangan agar bisa menggunakan aplikasi tersebut. Lisensi ini seringkali tertulis di dalam End User License Agreement atau EULA di dalam aplikasi komputer.

3. Lisensi Bisnis Merek Barang atau Jasa

Pemilik resmi lisensi ini bisa memberikan izin lisensi bisnisnya pada pihak perorangan atau perusahaan agar bisa menjual produk atau jasa dibawah izin pemilik lisensi tersebut.

Dengan kehadiran jenis lisensi ini, maka pengguna lisensi pun bisa menggunakan merek atau jasa dari pemilik lisensi tanpa harus mengkhawatirkan masalah hukum.

4. Lisensi bisnis Hasil Karya Seni dan Karakter

Pemilik dari lisensi bisnis ini bisa memberikan hak izin pada perusahaan atau perorangan yang membuat pihak tersebut bisa menyalin ataupun menjual hak cipta yang ada di dalam material seni dan karakter.

5. Lisensi Bisnis Bidang Pendidikan

Umumnya, lisensi yang terdapat di dalam sebuah bidang pendidikan adalah dalam bentuk gelar akademis.

Sebuah universitas atau perguruan tinggi bertindak sebagai pemilik bisnis yang bisa memberikan gelar pada seseorang untuk bisa menggunakan gelar akademiknya setelah menuntut ilmu dalam kurun waktu tertentu di universitas atau perguruan tinggi tersebut, atau bisa juga gelar akademis yang diberikan pada seseorang dalam bentuk penghargaan.

Baca juga: Aplikasi Toko: Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah

Lantas, Apa Manfaat Lisensi Bisnis?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan lisensi bisnis dan berbagai jenisnya, beberapa dari Anda pasti sudah ada yang bisa menyimpulkan manfaat dari lisensi bisnis.

Pada dasarnya, manfaat lisensi bisnis adalah agar pihak penerima lisensi bisa menggunakan merek dagang secara aman dan resmi. Sehingga, pihak penerima lisensi bisa menjalankan bisnisnya secara lancar dan tenang.

Terlebih lagi bila merek yang digunakan tersebut sudah sangat terkenal dan mempunyai reputasi yang bagus di mata pelanggan, hal tersebut akan memberikan banyak keuntungan pada penerima lisensi untuk menjalankan bisnisnya.

Dari sisi pemberi lisensi, mereka bisa mendapatkan royalti, yang mana nominalnya telah disepakati antar kedua belah pihak.

Baca juga: Apa saja Jenis-jenis Gudang? Ini Penjelasan dan Fungsinya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang apa yang dimaksud dengan lisensi, lengkap dengan jenis dan manfaatnya untuk bisnis.

Nah, di zaman yang sudah serba canggih dan digital seperti saat ini, menggunakan lisensi saja tidak cukup. Anda harus bisa mengelola bisnis dengan menggunakan bantuan teknologi agar bisnis Anda bisa terus eksis di pasar.

Tapi tenang saja, dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online, Anda bisa menerapkan digitalisasi pada bisnis Anda secara menyeluruh. Aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini akan membantu Anda dalam mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis yang akan membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial Accurate Online selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.