Bagaimana Cara Mengurus HAKI untuk Pelaku UMKM? Ini 5 Cara Mudah Mengurusnya!

oleh | Mei 22, 2023

source envato.

Bagaimana Cara Mengurus HAKI untuk Pelaku UMKM? Ini 5 Cara Mudah Mengurusnya!

Mendaftarkan HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh UMKM saat menjalankan bisnis. Salah satu bentuk HAKI tersebut adalah merek.

Kenapa? Karena terdapat aturan yang dikenal dengan first to file di dalam merek, di mana orang yang melakukan pendaftaran lebih dulu dan permohonannya disetujui akan mempunyai hak atas merek yang sudah didaftarkannya.

Untuk itu, siapa yang telbih cepat dalam mendaftarkan dan mendapatkan sertifkat merek, maka dialah yang akan memperoleh perlindungan hukum.

Tapi, berdasarkan penuturan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, dari 64,1 juta pebisnis UMKM, hanya 10.632 yang sudah mendaftarkan merek dagangannya. Artinya, masih ada banyak sekali pebisnis UMKM yang belum mendapatkan perlindungan hukum atas merek bisnisnya.

Lantas, bagaimana cara mendaftarkan HAKI? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang cara mendaftarkan HAKI di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Merek

accurate.id gambar cara mengurus HAKI-1

Berdasarkan laman Wikipedia, merek adalah suatu nama, simbol, logo, tanda, desain, atau kombinasi dari elemen-elemen tersebut yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan produk atau jasa dari perusahaan atau organisasi dengan produk atau jasa pesaing.

Merek merupakan salah satu aset berharga bagi suatu perusahaan karena dapat memberikan nilai tambah dan membangun citra yang kuat di antara konsumen.

Pentingnya merek dalam dunia bisnis adalah sebagai berikut:

  • Identifikasi: Merek membantu dalam mengidentifikasi dan membedakan produk atau jasa dari perusahaan dengan produk atau jasa pesaing di pasar. Sebuah merek yang kuat dan terkenal dapat membantu konsumen mengenali dan mengingat produk dengan mudah.
  • Nilai tambah: Merek yang baik dapat memberikan nilai tambah kepada produk atau jasa. Konsumen seringkali lebih cenderung memilih produk dengan merek yang dikenal dan memiliki reputasi yang baik daripada merek yang tidak dikenal.
  • Loyalti konsumen: Merek yang kuat dapat membantu membangun loyalitas konsumen. Konsumen yang puas dengan pengalaman menggunakan produk atau jasa dari sebuah merek cenderung akan memilih merek tersebut lagi di masa depan, bahkan dalam situasi persaingan yang ketat.
  • Diferensiasi: Merek yang kuat dapat membantu membedakan produk atau jasa dari pesaing. Dalam pasar yang kompetitif, merek yang unik dan menarik dapat memberikan keunggulan kompetitif dan menarik perhatian konsumen.
  • Perlindungan hukum: Merek yang terdaftar memberikan perlindungan hukum terhadap penggunaan merek yang serupa oleh pihak lain. Hal ini membantu perusahaan untuk melindungi identitas merek mereka dari penyalahgunaan atau pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Secara keseluruhan, merek adalah suatu elemen penting dalam pemasaran yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen, loyalitas, dan kesuksesan jangka panjang suatu perusahaan.

Baca juga: Mengenal Contoh Perusahaan Manufaktur di Indonesia Berdasarkan Sektornya

Kenapa harus mendaftarkan HAKI?

accurate.id gambar cara mengurus HAKI-2

Mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), termasuk merek dagang, memiliki beberapa manfaat yang penting bagi pemiliknya. Berikut adalah alasan mengapa harus mendaftarkan HAKI, seperti merek dagang:

1. Perlindungan Hukum

Mendaftarkan merek dagang memberikan perlindungan hukum yang lebih kuat terhadap penggunaan yang tidak sah atau penyalahgunaan merek oleh pihak lain.

Jika merek Anda telah terdaftar, Anda memiliki hak eksklusif untuk menggunakan merek tersebut dalam kaitannya dengan produk atau jasa yang terdaftar, dan Anda dapat mengambil tindakan hukum terhadap pihak-pihak yang mencoba menyalahgunakan merek Anda.

2. Mencegah Penyalahgunaan dan Pelanggaran

Mendaftarkan merek dagang dapat mencegah pihak lain menggunakan merek serupa atau identik yang dapat menyesatkan konsumen atau menciptakan kebingungan. Dengan memiliki merek dagang yang terdaftar, Anda dapat membangun hak eksklusif terhadap merek tersebut dan melindungi identitas merek Anda dari pelanggaran oleh pesaing atau pihak lain.

3. Meningkatkan Nilai Bisnis

Merek dagang yang terdaftar dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis Anda. Merek yang terdaftar menunjukkan kekayaan intelektual dan aset yang bernilai, yang dapat meningkatkan nilai perusahaan dalam hal penjualan, investasi, atau penggabungan dengan perusahaan lain.

Merek yang dikenal dan dilindungi hukum juga dapat membantu membangun citra yang kuat dan kepercayaan konsumen, yang pada gilirannya dapat meningkatkan permintaan dan loyalitas konsumen.

4. Keamanan Internasional

Jika Anda berencana untuk memperluas bisnis Anda ke pasar internasional, memiliki merek dagang yang terdaftar dapat memberikan perlindungan di tingkat internasional. Melalui proses Pendaftaran Merek Internasional, Anda dapat memperoleh perlindungan merek di berbagai negara dengan lebih mudah dan efisien.

5. Keterpisahan dan Transfer Hak

Mendaftarkan merek dagang memberikan hak yang dapat dipisahkan dan ditransfer. Anda dapat menjual, menyewakan, atau memberikan lisensi penggunaan merek Anda kepada pihak lain. Hak ini memberikan fleksibilitas dalam mengelola aset merek dagang Anda dan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan.

Penting untuk dicatat bahwa persyaratan dan manfaat pendaftaran merek dagang dapat bervariasi dari satu yurisdiksi ke yurisdiksi lainnya. Konsultasikan dengan ahli hukum atau lembaga pendaftaran merek terkait untuk memahami proses dan manfaat yang berlaku di negara Anda.

Baca juga: Mengenal Beberapa Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia Berdasarkan Jenis-jenisnya

Cara Mendaftarkan HAKI

accurate.id gambar cara mengurus HAKI-3

Untuk mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), termasuk merek dagang, langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti adalah sebagai berikut:

1. Penelitian Awal

Lakukan penelitian awal untuk memastikan bahwa merek dagang yang ingin Anda daftarkan belum digunakan atau didaftarkan oleh pihak lain. Anda dapat melakukan pencarian di basis data merek dagang yang disediakan oleh lembaga pendaftaran merek di negara Anda.

2. Pilih Jenis Pendaftaran

Ada beberapa jenis pendaftaran merek dagang yang dapat dipilih, seperti pendaftaran nasional (di negara Anda), pendaftaran internasional (melalui sistem Pendaftaran Merek Internasional), atau pendaftaran di tingkat regional (misalnya, Uni Eropa).

3. Siapkan Dokumen-dokumen

Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran merek dagang. Dokumen yang umumnya dibutuhkan meliputi formulir pendaftaran, deskripsi produk atau jasa yang terkait dengan merek, salinan logo atau gambar merek, dan bukti pembayaran biaya pendaftaran.

4. Daftarkan Merek Dagang

Ajukan permohonan pendaftaran merek dagang Anda ke lembaga pendaftaran merek yang berwenang di negara Anda atau melalui sistem internasional yang relevan. Pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan melampirkan semua dokumen yang diminta.

5. Pemeriksaan dan Peninjauan

Setelah Anda mengajukan permohonan, lembaga pendaftaran merek akan melakukan pemeriksaan terhadap permohonan Anda.

Mereka akan memeriksa apakah merek Anda memenuhi persyaratan hukum dan apakah ada merek serupa atau identik yang sudah didaftarkan sebelumnya. Jika ada masalah atau pertanyaan, Anda mungkin akan diminta memberikan klarifikasi atau memperbaiki permohonan Anda.

6. Penerbitan Sertifikat

Jika permohonan Anda diterima, Anda akan menerima sertifikat pendaftaran merek dagang sebagai bukti bahwa merek Anda telah resmi didaftarkan. Sertifikat ini memberikan hak dan perlindungan hukum terhadap merek Anda.

Harap dicatat bahwa prosedur dan persyaratan pendaftaran merek dagang dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghubungi lembaga pendaftaran merek dagang yang berwenang atau mendapatkan bantuan dari ahli hukum yang berpengalaman dalam hal HKI di negara Anda untuk mendapatkan informasi yang tepat dan langkah-langkah yang diperlukan.

Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Penutup

Jadi, mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), termasuk merek dagang, memiliki manfaat yang penting bagi pemiliknya. Dengan mendaftarkan merek dagang, Anda dapat memperoleh perlindungan hukum yang kuat terhadap penggunaan yang tidak sah atau penyalahgunaan merek oleh pihak lain.

Mendaftarkan HAKI juga dapat mencegah penyalahgunaan merek dan menciptakan kebingungan di antara konsumen. Selain itu, mendaftarkan merek dagang dapat meningkatkan nilai bisnis Anda, memberikan perlindungan internasional, memberikan hak yang dapat dipisahkan dan ditransfer, serta memberikan legitimasi dan kepercayaan konsumen.

Namun, penting untuk diingat bahwa proses dan persyaratan pendaftaran HAKI dapat berbeda di setiap negara. Konsultasikan dengan lembaga pendaftaran merek dagang yang berwenang atau ahli hukum yang berpengalaman dalam HAKI di negara Anda untuk memastikan langkah-langkah yang tepat dalam mendaftarkan merek dagang Anda.

Selain mendaftarkan HAKI, hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah tentang mengelola bisnis secara menyeluruh dan melayani setiap pelanggan dengan baik. Nah, hal tersebut bisa Anda lakukan dengan lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi kasir atau software POS dari Accurate POS.

Selain mampu mempercepat pelayanan di konter kasir secara cepat dan efisien, dengan menggunakan Accurate POS Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, mengelola pelanggan dan karyawan secara mudah, mengelola persediaan barang, dan masih banyak lagi.

Masih ragu? Tenang, Anda bisa membuktikannya sendiri dengan mencoba Accurate POS selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

10 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait