Mengenal Contoh Perusahaan Manufaktur di Indonesia Berdasarkan Sektornya

oleh | Mei 17, 2023

source envato.

Mengenal Contoh Perusahaan Manufaktur di Indonesia Berdasarkan Sektornya

Saat ini, industri manufaktur di Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesar. Salah satu contoh perusahaan manufaktur terkenal yang ada di Indonesia adalah Unilever dan Indofood.

Selain mampu menyerap banyak tenaga kerja, industri manufaktur juga mempunyai peran yang besar dalam perkembangan ekonomi nasional karena mampu meningkatkan nilai ekspor dan juga nilai investasi negara Indonesia.

Namun, industri manufaktur ini tentunya memerlukan kerja sama yang besar dari berbagai elemen, seperti pemerintah sebagai pihak pembuat kebijakan, pengusaha, dan juga masyarakat.

Minat dan daya beli masyarakat yang meningkat pada beragam jenis produk berdampak besar pada meningkatnya produk barang.

Lantas, apa itu perusahaan manufaktur? Apa saja contoh perusahaan manufaktur di Indonesia yang saat ini tengah terkenal? Baca terus artikel ini untuk mendapatkan contoh perusahaan manufaktur di Indonesia pada artikel di bawah ini.

Pengertian Perusahaan Manufaktur

accurate.id gambar perusahaan manufaktur-1

Dilansir dari laman Kompas, perusahaan manufaktur adalah jenis perusahaan yang bergerak dalam sektor produksi barang dengan cara mengubah bahan mentah menjadi barang jadi melalui proses produksi yang melibatkan pengolahan, perakitan, atau pembuatan komponen-komponen.

Perusahaan manufaktur umumnya menggunakan mesin, peralatan, dan tenaga kerja untuk menciptakan produk yang dapat dijual kepada konsumen atau digunakan dalam industri lain.

Secara umum, perusahaan manufaktur memiliki beberapa ciri khas, antara lain:

  • Proses produksi: Perusahaan manufaktur memiliki proses produksi yang terstruktur dan terorganisir. Mereka mengubah bahan mentah menjadi produk jadi melalui langkah-langkah produksi yang telah ditentukan.
  • Penggunaan mesin dan peralatan: Perusahaan manufaktur menggunakan mesin, peralatan, dan teknologi yang spesifik untuk memproses bahan mentah menjadi produk jadi. Penggunaan mesin dan peralatan ini memungkinkan proses produksi yang lebih efisien dan berkualitas tinggi.
  • Skala produksi: Perusahaan manufaktur umumnya beroperasi dalam skala produksi yang besar. Mereka memproduksi barang dalam jumlah besar untuk memenuhi permintaan pasar.
  • Tenaga kerja: Perusahaan manufaktur melibatkan tenaga kerja manusia dalam berbagai tingkatan. Tenaga kerja ini terlibat dalam berbagai tahap produksi, mulai dari perencanaan, pengolahan bahan baku, perakitan, hingga pengujian kualitas produk.
  • Produk jadi: Tujuan utama perusahaan manufaktur adalah menghasilkan produk jadi yang dapat dijual kepada konsumen atau digunakan dalam industri lain. Produk-produk ini dapat berupa barang konsumsi, komponen industri, atau peralatan.

Perusahaan manufaktur dapat bergerak di berbagai sektor industri, seperti otomotif, elektronik, makanan dan minuman, tekstil, farmasi, dan sektor-sektor lainnya.

Baca juga: Bisnis Manufaktur: Pengertian, Jenis, Proses dan Contohnya

Jenis-Jenis Perusahaan Manufaktur

accurate.id gambar perusahaan manufaktur-2

Terdapat beberapa jenis perusahaan manufaktur berdasarkan karakteristik industri atau produk yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa jenis perusahaan manufaktur yang umum:

1. Manufaktur Otomotif

Perusahaan-perusahaan ini menghasilkan kendaraan bermotor seperti mobil, truk, sepeda motor, dan komponen-komponennya. Mereka terlibat dalam perakitan, pembuatan mesin, dan produksi suku cadang otomotif.

2. Manufaktur Elektronik

Jenis perusahaan ini memproduksi perangkat elektronik seperti ponsel, komputer, televisi, peralatan rumah tangga elektronik, perangkat penyimpanan data, dan komponen elektronik lainnya.

3. Manufaktur Makanan dan Minuman

Perusahaan-perusahaan ini menghasilkan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh masyarakat. Mereka dapat memproduksi makanan olahan, minuman ringan, produk susu, produk roti dan kue, dan sejenisnya.

4. Manufaktur Tekstil dan Pakaian

Perusahaan-perusahaan ini memproduksi kain, pakaian jadi, aksesori fashion, dan produk tekstil lainnya. Mereka terlibat dalam proses seperti pemintalan benang, tenunan, pencelupan, pemotongan, dan jahitan.

5. Manufaktur Kimia

Perusahaan-perusahaan ini memproduksi bahan kimia seperti obat-obatan, pupuk, bahan kimia industri, kosmetik, cat, bahan pembersih, dan sejenisnya. Mereka terlibat dalam proses pengolahan dan formulasi bahan kimia.

6. Manufaktur Logam

Jenis perusahaan ini menghasilkan produk logam seperti alat berat, peralatan industri, komponen mesin, kendaraan bermotor, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Proses produksinya meliputi pengecoran, penembangan, pengelasan, dan pemesinan logam.

7. Manufaktur Plastik

Perusahaan-perusahaan ini memproduksi produk plastik seperti botol, kemasan plastik, komponen plastik, mainan, furnitur plastik, dan produk plastik lainnya. Mereka terlibat dalam proses ekstrusi, cetakan injeksi, dan pembentukan plastik lainnya.

8. Manufaktur Farmasi

Perusahaan-perusahaan ini memproduksi produk obat-obatan, vitamin, suplemen kesehatan, dan produk farmasi lainnya. Mereka terlibat dalam penelitian, pengembangan, dan produksi obat berdasarkan standar keamanan dan kualitas yang ketat.

Selain jenis-jenis di atas, masih ada banyak lagi sektor dan industri dalam perusahaan manufaktur, seperti manufaktur produk kertas, manufaktur produk kertas, manufaktur peralatan medis, manufaktur peralatan listrik, manufaktur peralatan olahraga, dan masih banyak lagi, sesuai dengan beragamnya kebutuhan dan permintaan pasar.

Baca juga: Mengenal Perusahaan Manufaktur, Karakter, Contoh, Dan Proses Bisnisnya

Contoh Perusahaan Manufaktur di Indonesia

accurate.id gambar perusahaan manufaktur-3

Berikut adalah beberapa contoh perusahaan manufaktur di Indonesia:

  • PT Astra Honda Motor: Perusahaan ini adalah produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. Mereka memproduksi berbagai jenis sepeda motor, termasuk merek-merek populer seperti Honda.
  • PT Unilever Indonesia Tbk: Unilever adalah contoh perusahaan manufaktur yang menghasilkan berbagai produk konsumen, termasuk makanan dan minuman, perawatan pribadi, dan produk rumah tangga. Mereka memiliki merek-merek terkenal seperti Rinso, Lifebuoy, Sunsilk, Pepsodent, dan lainnya.
  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk: Perusahaan ini adalah salah satu produsen makanan terbesar di Indonesia. Mereka memproduksi berbagai jenis makanan olahan seperti mie instan, biskuit, makanan ringan, minuman, dan produk makanan lainnya.
  • PT Mayora Indah Tbk: Perusahaan ini fokus pada produksi makanan dan minuman. Mereka terkenal dengan merek-merek seperti Kopiko, Roma, Energen, Beng Beng, dan Torabika.
  • PT Adaro Energy Tbk: Perusahaan ini merupakan salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia. Mereka terlibat dalam eksplorasi, penambangan, dan produksi batu bara serta produk-produk terkait.
  • PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing: Perusahaan ini adalah produsen sepeda motor yang merupakan anak perusahaan dari Yamaha Motor Co., Ltd. Mereka memproduksi berbagai jenis sepeda motor Yamaha untuk pasar domestik dan ekspor.
  • PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia: Perusahaan ini adalah produsen mobil yang merupakan anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation. Mereka memproduksi berbagai model mobil Toyota untuk pasar domestik dan ekspor.
  • PT Gudang Garam Tbk: Perusahaan ini memproduksi rokok, termasuk merek-merek populer seperti Gudang Garam, Surya, dan GG Mild.
  • PT Semen Indonesia (Persero) Tbk: Perusahaan ini adalah produsen semen terbesar di Indonesia. Mereka memproduksi dan mendistribusikan berbagai jenis semen untuk kebutuhan konstruksi.
  • PT Kalbe Farma Tbk: Perusahaan ini adalah salah satu produsen farmasi terbesar di Indonesia. Mereka memproduksi berbagai jenis obat, suplemen kesehatan, dan produk farmasi lainnya.

Ini hanya beberapa contoh perusahaan manufaktur di Indonesia, dan masih banyak perusahaan lainnya yang bergerak di berbagai sektor industri manufaktur.

Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Kesimpulan

Kesimpulannya, perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang bergerak dalam sektor produksi barang dengan mengubah bahan mentah menjadi barang jadi melalui proses produksi yang melibatkan pengolahan, perakitan, atau pembuatan komponen-komponen.

Mereka menggunakan mesin, peralatan, dan tenaga kerja untuk menciptakan produk yang dapat dijual kepada konsumen atau digunakan dalam industri lain.

Ada berbagai jenis perusahaan manufaktur di Indonesia, termasuk perusahaan otomotif, elektronik, makanan dan minuman, tekstil, kimia, logam, plastik, farmasi, dan banyak lagi.

Contoh-contoh perusahaan manufaktur di Indonesia mencakup PT Astra Honda Motor, PT Unilever Indonesia Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan PT Adaro Energy Tbk.

Perusahaan manufaktur memiliki peran penting dalam ekonomi suatu negara dengan memberikan lapangan kerja, menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Untuk Anda yang bergerak atau menekuni bisnis manufaktur, maka tentunya mengelola bisnis dan proses manufaktur di dalamnya adalah hal yang harus Anda perhatikan dengan baik agar bisnis Anda bisa terus bertahan dan berkembang.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengelola bisnis dan proses manufaktur, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena, Accurate Online akan membantu proses manufaktur Anda berjalan secara lebih mudah dan saling terintegrasi. Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, dengan Accurate Online, Anda juga bisa lebih mudah dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

13 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait