Apa itu Baseline? Ini Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya!

Pada dasarnya, baseline adalah suatu titik pijakan yang menjadi acuan dalam proses menganalisa. Dalam dunia bisnis, keberhasilan dalam suatu produk atau proyek kerap kali diukur dengan menggunakan angka dasar untuk penjualan, biaya, atau variabel lainnya. Suatu proyek akan kemungkinan akan bisa melebihi angka dasar atau gagal dalam memenuhinya.

Lalu, apa itu baseline? Apa saja kelebihannya? Ada berapa jenis dari baseline tersebut? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang baseline di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Baseline?

Pengertian tentang baseline itu sendiri sebenarnya tergantung dari sudut pandang Anda melihatnya. Dalam dunia bisnis, berdasarkan laman Investopedia, baseline adalah suatu dasar atau pondasi dalam membangun bisnis. Sedangkan dalam teknologi informasi, baseline adalah informasi dasar yang dikumpulkan sebelum memulai suatu program.

Metode ini bisa mempunyai bentuk apapun yang berguna sebagai bahan referensi dalam kegiatan pelacakan, pengukuran, pengevaluasian, atau membandingkan satu hal dengan hal lainnya.

Baca juga: Mengenal Letter of Intent dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Jenis-Jenis Baseline

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, metode ini bisa digunakan dalam berbagai bidang. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis baseline berdasarkan fungsi dan ruang lingkupnya.

1. Berdasarkan Data

Baseline berdasarkan data adalah suatu indikator yang bisa digunakan untuk melihat performa suatu organisasi pada masa sekarang, guna keperluan evaluasi performa di masa depan. Dasar data ini mencakup informasi terkait berbagai variabel yang berkaitan dengan lingkungan organisasi, yang mampu membantu organisasi dalam melakukan pemantauan dan juga pengevaluasian performa.

Hasil data baseline yang didapat dari studi baseline akan menggambarkan kondisi dan situasi saat ini, yang nantinya bisa dijadikan sebagai tolak ukur perubahan dan dampaknya pada masa depan.

2. Berdasarkan Dunia Bisnis

Saat Anda memutuskan terjun ke dunia bisnis, Anda harus memahami metode ini. Pasalnya, metode ini banyak digunakan untuk melihat perkembangan bisnis. Keberhasilan suatu bisnis seringkali dinilai berdasarkan baseline. Contohnya dengan menggunakan total unit yang terjual pada tahun pertama sebagai baseline agar bisa melakukan evaluasi keberhasilan penjualan produk.

3. Berdasarkan Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan atau yang dikenal dengan analisis horizontal akan membandingkan berbagai data keuangan dalam kurun waktu tertentu. Periode baseline adalah suatu sistem pendanaan dalam periode pertama pelaporan dan persentase baseline untuk periode laporan yang selanjutnya.

Jadi, periode yang memiliki pendapatan sama besar dengan baseline maka persentase pendapatannya adalah 100%.

Analisis horizontal juga bisa dilakukan dengan menggunakan baseline guna melihat area pertumbuhan, area penurunan, dan juga tren yang terjadi. Hasilnya nanti akan memudahkan penilaian kinerja keuangan secara keseluruhan.

Rasio margin keuntungan bisa diperbandingkan dengan menggunakan tahun dasar yang mampu membantu dalam mendapatkan kesimpulan yang baik terkait kelanjutan bisnis.

4. Berdasarkan Ruang Lingkup Penganggaran

Dalam ruang lingkup penganggaran, baseline adalah anggaran biaya yang telah memperoleh persetujuan. Biasanya akan lebih diperjelas lagi berdasarkan klasifikasi biaya dan juga periode biaya.

Contohnya seperti saat ada perusahaan yang ingin membuka gudang baru. Biaya yang disetujui untuk membangun proyek baru ini adalah 100 juta rupiah per bulan untuk waktu 10 bulan. Bila di tengah jalan pengerjaan nanti biayanya lebih dari 100 juta rupiah, maka bisa dijadikan sinyal bahaya pada analisis anggaran.

5. Berdasarkan Pengelolaan Teknologi

Dalam dunia teknologi, metode ini akan sangat berbeda dari yang lain. Terdapat tiga variabel yang digunakan dalam pengelolaan teknologi, yaitu jadwal, biaya dan ruang lingkupnya. Para manajer proyek umumnya akan menggunakan suatu aplikasi khusus untuk memelihara dan melacak ketiga variabel di atas.

Baca juga: Mengenal Payment Term dan Jenis-jenis di Dalamnya

Kelebihan Menggunakannya

Selain memberikan banyak kemudahan, penggunaan metode ini mempunyai kelebihan tersendiri. Nah, beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan gambaran yang jelas terkait jadwal proyek, sehingga bisa menjaga performa kerja tim agar tetap sesuai rencana.
  2. Setiap perkembangan bisa dilaporkan secara akurat.
  3. Memungkinkan perusahaan untuk membandingkan kinerjanya saat ini dengan berdasarkan rekam jejak performa mereka.
  4. Bisa dijadikan sebagai indikator dalam membandingkan performa suatu perusahaan dengan perusahaan lain.
  5. Memudahkan pengelolaan dan secara lebih tepat dan menghindari adanya kebocoran serta kecurangan keuangan.

Baca juga: Mengenal Pasar Konsumen dan Faktor yang Mempengaruhinya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tenang baseline. Metode ini sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak pihak, baik itu pemerintahan ataupun swasta. Pada intinya, baseline adalah suatu titik referensi yang digunakan untuk melakukan analisis atau membandingkannya pada ruang lingkup yang beragam.

Bagaimana, tertarik menggunakan metode ini dalam bisnis Anda? Jika iya, maka Anda akan memerlukan laporan keuangan yang tepat untuk mendukung proses baseline. Nah, laporan keuangan yang tepat hanya bisa Anda dapatkan bila Anda menggunakan aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Karena? Aplikasi ini mampu menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat, akurat, dan tentunya #lebihbaik.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa lainnya yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan serta pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, menyederhanakan proses manufaktur, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, maka seluruh kegiatan yang berkaitan dengan mengelola bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Bagaimana, tertarik menggunakan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.