Berapa Modal Usaha Toko Olahraga? Ini Jawabannya!

Hingga saat ini, peluang bisnis toko olahraga masih memiliki potensi mendatangkan pundi keuntungan. Terlebih lagi, bisnis ini bukanlah bisnis musiman, sehingga akan dibutuhkan kapanpun itu. Namun, masih ada yang ragu dan bertanya-tanya tentang berapa modal usaha toko olahraga?

Nah untuk Anda yang penasaran dan berminat untuk membuka usaha toko olahraga, berikut ini kami akan memberikan tips cara memulai bisnis toko olahraga, lengkap dengan analisa modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha toko olahraga.

Cara Memulai Bisnis Toko Olahraga

1. Pilihlah Jenis yang akan Dijual

Alat olahraga dan berbagai perangkat olahraga lainnya tentu saja sangat beragam. Contohnya adalah peralatan pada jenis olahraga ataupun brand tertentu. Anda harus bisa memilih salah satu jenis yang akan menjadi fokus utama bisnis Anda dengan tidak mengindahkan berbagai kelengkapan produk lain yang Anda jual.

Oleh karena itu, pilihlah peralatan olahraga yang paling banyak diperlukan oleh banyak orang.

2. Ikuti Tren

Tren di dalam dunia olahraga akan selalu berubah-ubah di setiap tahunnya. Sebagai seorang pebisnis dalam bidang olahraga, maka Anda harus mengikuti berbagai perkembangan yang ada.

Cobalah untuk meningkatkan persediaan Anda agar bisa mengikuti tren pasar. Sehingga, toko olahraga Anda akan selalu menyediakan persediaan peralatan yang lebih fresh dan dibutuhkan oleh orang-orang di sepanjang waktu.

3. Tentukan Lokasi

Dalam memulai usaha di bidang toko olahraga, maka Anda harus membuka toko secara offline. Cobalah untuk mencari lokasi yang strategis dan mampu mendekati target pasar.

Contoh sederhananya adalah dengan membuka toko olahraga yang dekat dengan pusat kegiatan olahraga, seperti tempat latihan, sekolah, atau tempat lainnya.

Selain strategis, lokasi toko olahraga Anda juga harus mempunyai akses jalan dan juga akses parkir yang mudah.

4. Pilihlah Nama Unik

Anda harus menamai toko Anda seunik mungkin. Dengan menggunakan nama yang unik, maka toko Anda pun akan terus terdengar di telinga pasar dan bisa memicu rasa penasaran yang tinggi.

Untuk bisa memperoleh nama yang unik tersebut, maka Anda juga harus melakukan survei pasar. Sehingga, Anda bisa mengetahui nama yang umum dari suatu toko olahraga. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan informasi dalam membuat nama toko yang belum digunakan.

5. Desain Toko

Selain nama yang unik, Anda juga memerlukan desain toko yang menarik agar banyak orang tertarik. Anda bisa menata dan juga mendesain toko seunik mungkin dengan menggunakan tema-tema tertentu. Salah satu tema untuk mendesain toko yang bisa Anda coba lakukan adalah bertemakan olahraga. Anda bisa menambahkan berbagai poster dari atlet favorit atau yang saat itu sedang bersinar.

6. Promosi 

Agar bisa memperoleh omset yang besar, Anda tidak cukup dengan hanya membuka toko offline pada lokasi yang strategis saja. Anda juga harus membuat branding dan promosi melalui media sosial. Oleh karena itu, buatlah seluruh akun media sosial untuk toko olahraga Anda.

Ada baiknya juga untuk membuka lapak di situs e-commerce. Berilah potongan dan berbagai promo yang menarik, lalu informasikanlah melalui media sosial.

7. Merekrut Karyawan

Untuk bisa mengembangkan bisnis, dibutuhkan karyawan yang loyal dan memiliki profesionalitas tinggi. Anda harus bisa merekrut karyawan yang setia dengan toko Anda. Selain itu, pastikanlah karyawan yang ingin Anda rekrut ahli dalam bidangnya.

Baca juga: Berbagai Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi

Lalu, Berapa Modal Usaha Toko Olahraga?

Hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam membangun usaha toko olahraga adalah modal. Lantas, berapa modal usaha toko olahraga? Modal tersebut terbagi menjadi tiga, yakni modal utama, modal operasional, dan modal variabel.

Untuk modal utama, Anda memerlukan modal sekitar 17,5 juta rupiah. Dengan modal tersebut, Anda sudah bisa memperoleh berbagai rak sepatu dan biaya sewa toko.

Sedangkan untuk modal biaya operasional, setidaknya Anda memerlukan modal sebesar 4 juta rupiah untuk biaya listrik, gaji karyawan, dan biaya yang tidak terduga.

Lalu untuk biaya variabel, Anda memerlukan modal sekitar 20 juta rupiah. Sehingga, Anda sudah bisa menyuplai peralatan olahraga, sepatu, peralatan gym dan matras.

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis Rice bowl Rumahan? Ini Tipsnya!

Tips Sukses Bisnis Toko Olahraga

Bila Anda baru mulai serius menggeluti bidang bisnis ini, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda tidak kalah dengan mereka yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis ini.

Pertama, fokuslah pada produk olahraga yang sedang populer saat ini. Oleh karenanya, Anda harus lebih peka menangkap tren dan peluang, produk mana yang sedang tren dan juga diminati oleh banyak orang.

Lalu, desain toko memiliki dampak pada kenyamanan pelanggan Anda. Semakin nyaman pelanggan berada di toko Anda, maka mereka pun akan betah berlama-lama, hingga pada akhirnya berminat untuk membeli. Selain itu, lokasi pun memiliki peran yang penting, yang mana lokasi strategis umumnya lebih ramai pembeli.

Selain berjualan secara offline, Anda pun harus melakukan penjualan secara online. Anda bisa menjualnya di media sosial dan lapak marketplace. Berikanlah berbagai promo yang menarik agar banyak orang memilih toko Anda. Anda bisa memberikan promosi dalam bentuk diskon, cashback, atau voucher belanja.

Baca juga: Ingin Jualan Bunga? Ini Tips Memaksimalkannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang usaha toko olahraga, lengkap dengan jawaban tentang berapa modal usaha toko olahraga.

Jangan lupa juga untuk menghadirkan sistem pencatatan transaksi yang tepat. Hal tersebut hanya bisa Anda dapatkan bila Anda menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini akan mencatat berbagai transaksi dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara instan.

Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan mempermudah Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? Ayo daftarkan bisnis Anda dan nikmati free trial 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.