Bingung Dagang Apa yang Cepat Laku? Pertimbangkan 5 Ide Bisnis Ini!

Dewasa ini, tidak semua orang ingin menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Melainkan, ada juga yang ingin menekuni bisnis dan usaha miliknya sendiri. Dimana dalam memulainya akan muncul pertanyaan seperti ‘bisnis dagang apa yang cepat laku’, ya?

Sejatinya, pertanyaan ini sangat wajar muncul ketika ingin memulai sebuah usaha. Pasalnya, tujuan dari berbisnis tentu saja untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.

Untuk itu, Anda bisa coba pertimbangkan lima ide bisnis ini jika masih bingung menentukan usaha dagang apa yang cepat laku. Sebagai pelengkap, akan diuraikan pula tiga faktor penting yang perlu diperhatikan dalam kegiatan berbisnis.

Tutorial Video

Ingin mencari tahu lebih lanjut dengan cara yang lebih mudah? silahkan tonton video kami di bawah ini melalui audiovisual yang menarik:

5 Dagangan yang Cepet Laku

  1. Bisnis Kuliner

Dalam memikirkan usaha dagang apa yang cepat laku, bisnis kuliner adalah salah satu yang paling perlu dipertimbangkan. Pasalnya, bisnis ini sangat menjanjikan dan tidak akan ada matinya sebab sudah jelas merupakan kebutuhan pokok dan akan selalu dibutuhkan oleh manusia.

Kebanyakan pengusaha kuliner yang sukses merupakan pelaku usaha yang telah lama berjualan dan telah memiliki pelanggan tetap. Karena itu, kualitas dan cita rasa adalah kunci utama untuk mendapatkan hati pelanggan jika berbisnis di bidang kuliner.

Tak lain halnya dengan inovasi dan kreativitas yang juga penting dalam menciptakan sebuah bisnis kuliner yang menarik. Meski bisnis kuliner umum, seperti membuka warung makan atau menjual fried chicken dengan aneka ragam saus, sudah cukup untuk menarik banyak pelanggan, namun dengan menciptakan sesuatu yang berbeda dan masih minim yang menjualnya tentu akan menjadi poin plus dibanding kompetitor.

  1. Bisnis Fashion

Bidang usaha kedua yang patut dipertimbangkan ialah industri fashion. Bidang usaha ini pun tidak akan pernah sepi peminat karena merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Terlebih, industri fashion di tanah air juga terus berkembang dan telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat untuk tampil sesuai dengan gaya berpakaian masing-masing.

Namun, karena ketatnya persaingan bisnis antara kompetitor sejenis, Anda perlu mencari celah untuk membidik konsumen atau pasar yang lebih tertarget sehingga lebih mudah dalam memasarkan produk yang dijual. Dalam hal ini, Anda bisa mulai dengan memanfaatkan momen tertentu, seperti menjual busana muslim sebagai bisnis sampingan di bulan ramadhan.

Baca juga: 7 Ide Jualan yang Laris di Masa Pandemi Secara Online

  1. Bisnis Sembako atau Bahan Pokok

Pelaku bisnis yang menjual sembako pastinya akan dicari oleh pelanggan setiap harinya, entah apapun bentuk usahanya, baik toko kelontong, minimarket, maupun swalayan. Dimana barang-barang yang ditawarkannya merupakan bahan penunjang hidup sehari-hari, mulai dari beras, minyak goreng, hingga peralatan mandi.

Adapun kunci kesuksesan dalam berbisnis sembako ialah pelayanan yang baik, harga yang bersaing, dan lokasi yang strategis serta padat penduduk. Anda juga bisa mulai memasarkan produk Anda secara online, baik melalui media sosial Anda ataupun melalui e-commerce.

Ide lainnya yang bisa Anda pertimbangkan yaitu dengan mengadakan layanan pesan antar untuk pemesanan di sekitar lokasi bisnis Anda. Hal ini jelas akan menjadi poin plus bagi mereka yang sibuk di rumah dan tidak sempat untuk berbelanja keluar.

  1. Bisnis Gadget dan Pulsa

Masih bingung memikirkan usaha dagang apa yang cepat laku? Anda bisa mencoba bisnis gadget dan pulsa yang sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat di tengah era kemajuan digital ini.

Faktanya, hampir setiap orang membutuhkan ponsel dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Begitu pun pulsa atau paket data internet yang tidak terlepas dari penggunaan ponsel itu sendiri.

Terkait pulsa dan paket data, rasanya berapa pun harga yang ditawarkan, masyarakat tetap akan membelinya, sebab tidak ada pilihan lain. Dimana sekalipun menggunakan wifi untuk memenuhi kebutuhan internetnya, mereka tetap butuh untuk membeli pulsa untuk memperpanjang masa aktif kartunya, bukan?

  1. Bisnis Layanan atau Jasa

Tingkat kesibukan masyarakat yang semakin padat, menjadikan lini bisnis layanan atau jasa semakin dibutuhkan. Dimana banyak dari aktivitas pribadi yang dulunya bisa dikerjakan sendiri, kini membutuhkan pekerja untuk melakukannya.

Beberapa bisnis layanan yang kian bertumbuh pesat saat ini diantaranya adalah jasa laundry, jasa cuci kendaraan, hingga jasa bimbingan belajar atau kursus.

Baca juga: Kerajinan Tangan: Ini Peluang Bisnis dan Cara Memulainya

Faktor Penting dalam Berdagang

Setelah mengetahui beberapa ide usaha dagang apa yang cepat laku, kini dijabarkan beberapa faktor penting dalam berdagang yang penting untuk diperhatikan demi keberlangsungan bisnis yang terus bertumbuh dan berkembang.

  • Tetap Menyadari Adanya Persaingan dan Kompetisi Bisnis

Jangan pernah menganggap bahwa hanya Anda yang menekuni usaha tersebut sehingga menurunkan kewaspadaan Anda terhadap persaingan dengan kompetitor.

Sejatinya, hal ini merupakan sesuatu yang wajar dalam dunia bisnis dan telah menjadi resiko bagi semua pengusaha. Yang terpenting adalah Anda tetap meningkatkan kemampuan bisnis Anda secara keseluruhan sehingga konsumen bisa menilai apakah bisnis Anda tetap layak untuk terus dipilih.

  • Memberi Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Salah satu penunjang kesuksesan usaha adalah konsumen. Karena itu, Anda harus senantiasa memberikan pelayanan terbaik, terlepas dari jenis usaha apa yang dilakukan.

Disaat persaingan hadir dan berlangsung cukup ketat, mungkin harga dan mutu produk Anda dengan kompetitor bisa sama. Tapi, kualitas akan pelayanan adalah hal berbeda yang bisa terus Anda maksimalkan guna memenangkan hati pelanggan.

  • Memastikan Kualitas akan Barang atau Jasa yang Dijual

Apabila Anda telah mampu menyikapi persaingan dan memberikan pelayanan terbaik, maka langkah selanjutnya yaitu menjaga kualitas barang atau jasa agar tidak mengecewakan pelanggan. Apapun alasannya, konsumen akan berpaling meninggalkan Anda jika mereka kecewa terhadap kualitas barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Seperti diketahui, mempertahankan kualitas dagangan merupakan langkah yang berat, terlebih jika bukan Anda sendiri yang memproduksinya.

Baca juga: Bisnis Ide Makanan Unik dan Kreatif Tahun 2022

Penutup

Demikianlah beberapa ide bisnis yang bisa Anda pertimbangkan jika bingung memikirkan usaha dagang apa yang cepat laku. Anda bisa menyesuaikan dengan minat ataupun kebutuhan pasar di sekitar Anda.

Di samping menentukan dagang apa yang cepat laku, Anda juga perlu memperhatikan kualitas, pelayanan, serta persaingan yang ada guna keberlangsungan bisnis Anda. Keberlangsungan bisnis ini pun tentu tidak terlepas dari pengelolaan keuangan yang baik. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersemat di dalamnya untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan keuangan secara akurat, cepat, dan otomatis.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.